by

Gempa Ambon Berkekuatan 6.5 Memakan Korban Jiwa

Gempa Ambon Berkekuatan 6.5 Memakan Korban Jiwa – Empat orang tewas setelah gempa Ambon terjadi pada Kamis pagi (26/9/2019), menghancurkan rumah-rumah dan memicu tanah longsor yang mengubur setidaknya satu korban jiwa. Orang-orang yang ketakutan berlari ke jalan-jalan ketika bangunan-bangunan berjatuhan di sekitar mereka setelah gempa berkekuatan 6,5 melanda sekitar pukul 8.45 pagi waktu setempat.

Dua orang tertimpa dari puing-puing bangunan yang runtuh. Korban lainnya meninggal setelah terkubur dalam tanah longsor sementara seorang kehilangan nyawanya setelah jatuh dari motornya ketika melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi. Informasi ini didapatkan langsung dari badan mitigasi bencana nasional Indonesia dan pihak Basarnas.

Kondisi di kota berpenduduk sekitar 400.000 orang ini terlihat mulai stabil. Masyarakat Ambon membantu warga yang terluka. Banyak bangunan dengan kondisi dinding yang runtuh, dan puing-puing yang berserakan di tanah. Namun tingkat kerusakan yang terjadi masih belum dapat dipastikan.

Beberapa pasien melarikan diri dari rumah sakit setempat ketika gempa terjadi, mendorong para pejabat untuk membuat tempat penampungan darurat di luar gedung, kata seorang pejabat. “Dampaknya terasa di seluruh kota Ambon dan sekitarnya,” kata Rahmat Triyono, kepala divisi gempa dan tsunami di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Indonesia (BMKG).

Pihak BMKG mengungkapkan bahwa gempa Ambon dengan kekuatan 6.5 skala Richter tersebut berpusat 42 km di sebelah Timur Laut Ambon, dengan kjedalaman 10 km.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu melanda sekitar 37 km timur laut Ambon di provinsi Maluku pada kedalaman 29 km. Wilayah itu dilanda sedikitnya dua lusin gempa susulan termasuk satu yang berkekuatan 5,6, kata Triyono.

Laporan awal badan mitigasi bencana nasional Indonesia mengatakan bahwa gempa tersebut terjadi di lepas pantai, tetapi kemudian analisis menemukan bahwa gempa melanda daratan, sehingga meningkatkan potensi kerusakan. Gempa di Indonesia

Comment

News Feed