by

Urutan Versi Android Terupdate Dan Terbaru

Urutan Versi Android Terupdate Dan Terbaru – Android sudah tidak diragukan lagi menjadi sebuah sistem operasi perangkat mobile yang sudah banyak digunakan.

Menurut data dari Statcounter, di Indonesia ada sekitar 98.85 % smartphone menggunakan sistem operasi Android sampai dengan bulan Agustus 2019.

Berarti di Indonesia perangkat mobile dengan os android merupakan perangkat yang sangat digemari dan digunakan sehari hari.

Sejarah Singkat Sistem Operasi Android

Sejarah panjang sistem operasi Android dimulai pada tahun 2003, tepatnya pada bulan Oktober.

Android dikembangkan oleh empat sekawan yaitu Rich Miner, Nick Sears, Chris White, dan Andy Rubin. Empat sekawan ini membuat sebuah sistem operasi mobile beberapa tahun sebelum kata “smartphone” muncul.

Dari sejarah panjang tersebut tentunya ada beberapa urutan versi Android yang layak kamu perhatikan sampai sekarang.

Nah, penasaran bukan mengenai apa saja sih versi android yang ada? Berikut ini kita lihat urutan versi android dari versi pertama hingga versi terbaru.

Cupcake (Android versi 1.5)

Pada awal rilis, tidak ada penamaan special yang diberikan kepada sistem operasi yang satu ini. Penamaan barulah ada di sekitar tahun 2009 tepatnya pada versi 1.5 yaitu Cupcake.

Google selaku pemilik Android juga berpendapat pada waktu itu bahwa penamaan OS Android dengan nama desert atau makanan penutup dengan tujuan membuat manis hidup para pengguna android.

Donut

Pada tahun yang sama dengan dirilisnya versi Cupcake, Google membuat update baru versi android bernama Donut di versi 1.6. Dengan fitur yang mampu mendukung jaringan CDMA, membuat perangkat android mampu dijual ke seluruh dunia.

Éclair (Android versi 2.0 – 2.1)

Sebuah pabrikan smartphone bernama Motorola Droid menjadi ponsel yang pertama kali menginstall Android Éclair. Smartphone yang menggunakan keyboard qwerty ini cukup laris di pasaran ponsel pada tahun 2009, terutama di pasar Amerika Serikat.

Froyo Atau Frozen Yoghurt (Android versi 2.2)

Mungkin beberapa dari kamu sudah mengetahui smartphone dengan versi Froyo atau android versi 2.2 ini. Di versi inilah android mulai dikenal oleh masyarakat dunia, karena Google mulai bekerja sama dengan produsen smartphone HTC, untuk mengembangkan sistem operasi full Android.

Di versi ini didapatkan beberapa fitur seperti wi-fi mobile hotspot, kemudian flash support, dan lain – lain.

Gingerbread (Android versi 2.3)

Gingerbread merupakan salah satu versi android yang sampai tahun 2017 lalu masih sempat mendapatkan update karena masih ada sekitar 0.6% yang menggunakan versi Gingerbread di perangkat mobile mereka.

Fitur NFC pada Android mulai disematkan di versi Android ini, Near Field Communication merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita berinsteraksi dengan media seperti e-money, atau media lainnya. Gingerbread dan NFC ini pertama kali dimiliki oleh perangkat Nexus S.

Honeycomb (Android 3.0)

Ditujukan khusus untuk perangkat tablet Honeycomb diluncurkan oleh Google di tahun 2011 pada bulan Februari. Pertama kali disematkan di perangkat Motorola yaitu, Motorola Xoom Tablet. Beberapa fitunya dikhususkan untuk tampilan layar lebar yang dimiliki oleh tablet pada jaman itu.

Ice Cream Sandwich a.k.a ICS (Android versi 4.0)

Sama halnya seperti Honeycomb, ICS merupakan sistem operasi yang disempurnakan untuk digunakan di perangkat tablet. Ice Cream Sandwich ini memiliki berbagai kelebihan dimana menggabungkan fitur yang dimiliki oleh Gingerbread dan juga Honeycomb secara bersamaan.

Jelly Bean (Android versi 4.1 – 4.3)

Jelly Bean merupakan sistem operasi yang dikembangkan pada than 2012 sampai dengan 2013, tepatnya pada bulan juli 2012 dan kemudian rilis lagi di akhir tahun 2013. Di sini mulai ada fitur yang bisa support dengan fasilitas eksternal display, Miracast yang kemudian sampai sekarang masih dipakai. Eksternal display ini biasanya digunakan sebagai mirroring tampilan layar smartphone ke layar lain.

KitKat

Ya, memang Kit Kat adalah sebuah produk makanan ringan yang cukup terkenal. Google mengajak Nestle selaku pemilik Kitkat untuk bekerja sama dengan menamai versi Android 4.4 dengan nama Kitkat, yang kemudian akhirnya disetujui oleh Nestle.

Memang tidak ada fitur tambahan yang mencolok pada versi Kitkat dibandingkan dengan versi Jelly Bean, yang jelas Google menegaskan bahwa Kitkat di desain untuk penggunaan dengan memori yang kecil.

Lollipop (Android versi 5.0)

Lollipop inilah yang menjadi titik balik Google meraih kesuksesan di sistem operasi Android. Dengan tampilan yang sangat beda, lebih simpel, sederhana, dan juga mudah digunakan. Dikenal dengan nama Material design, Lollipop memberikan warna tersendiri untuk para pengguna perangkat dengan sistem operasi Android.

Fitur keamanan di versi ini juga sangat baik dengan sistem yang disebut dengan Device Protection, yang memungkinkan smartphone tidak bisa diakses jika kita kehilangan perangkat kita. Lollipop pertama kali dirilis pada tahun 2014, dan sampai sekarang masih mendapatkan update rutin dari Google.

Marshmallow (Android versi 6.0)

Pada tahun 2015 yang lalu Google mengeluarkan sistem operasi baru yang bertajuk Marshmallow yang masuk di versi 6.0. Ada banyak fitur yang dikenalkan di Marsmallow seperti, support dengan USB Type-C, kemudian Android Pay, dan lain sebagainya.

Nougat (Android versi 7.0)

Noutgat merupakan Android dengan versi 7.0 yang diperkenalkan Google pada tahun 2016 yang lalu. Di sini kita akan bisa melihat fitur multitasking yang memungkinkan untuk melakukan split screen dan switch apps dengan sangat mudah.

Oreo (Android versi 8.0)

Setelah Kitkat, Android juga memiliki nama yang berhubungan dengan merek makanan kecil lain yaitu Oreo. Pada tahun 2017 Google mengumumkan bahwa memang nama official dari versi Android 8.0 adalah Oreo.

Fitur yang diberikan adalah beberapa fitur visual yang menghadirkan settingan baru seperti mode gelap, settingan notifikasi, dan masih ada berbagai fitur keren lainnya.

Pie (Android versi 9.0)

Dengan teknologi AI google ingin menghadirkan beberapa fitu AI di sistem operasi yang mereka kembangkan, dan hadirlah Pie. Dengan beberapa fitur canggih seperti memprediksi penggunaan aplikasi menjadikan Pie memiliki nuansa yang baru. Masih banyak fitur canggih lainnya yang bisa kamu nikmati dengan mudah.

Android 10 (Android versi 10)

Google mengumumkan bahwa pada Android versi 10 tidak akan diberikan nama dessert atau makanan penutup. Hal ini dikarenakan karena Google menganggap bahwa nama android dengan menggunakan dessert tidak akan menarik lagi di versi 10 ini.

Pada awalnya Google memberikan nama Android Q yang kemudian menjadi Android 10 yang merupakan panggilan terakhir yang diberikan oleh Google. Fitur yang diunggulkan adalah privacy dan juga customasi yang bisa didapatkan oleh pengguna.

Android Masa Depan

Nah, ini dia yang urutan versi android yang bisa kamu ketahui. Tentunya di masa depan akan ada update yang diberikan lagi oleh Google, sehingga daftar ini akan terus bertambah ya? Jadi jangan khawatir untuk terus update berita teknologi di sini.

Comment

News Feed