by

Ketua DPR Dijabat Puan Maharani Mulai Malam Ini

Ketua DPR Dijabat Puan Maharani Mulai Malam Ini – Setelah resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada 30 September lalu, Puan Maharani akan dilantik sebagai Ketua DPR mulai malam ini pukul 19:00 WIB.

Pengunduran dirinya ini dilakukan untuk mengikuti aturan undang-undang yang melarang pejabat negara untuk memiliki jabatan rangkap.Puan yang mendapatkan posisi sebagai Ketua DPR setelah mendapatkan perolehan suara terbanyak dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, politikus lainnya dari partai berlambang Banteng yang maju sebagai anggota DPR adalah Yasonna Laoly. Ia mendapatkan suara untuk Dapil Sumatera Utara I. Karena itu, Yasonna juga mengundurkan diri dari posisi sebelumnya sebagai Menkumham.

Tjahjo mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk menjalankan tugas yang telah dimandatkan Presiden Jokowi. Pengangkatan Tjahjo didasarkan pada KepPres Nomor 99/P/Tahun 2019 tertanggal 30 September 2019.

Presiden Jokowi telah mengumumkan pengganti Yasonna Laoly, yaitu Tjahjo Kumolo, sebagai Pelaksana Tugas Menkumham. Tjahja Kumolo sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Sedangkan jabatan Puan Maharani sebagai Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan diserahkan pada Darmin Nasution.

Selain menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menko PMK, Darmin juga memegang tanggungjawab sebagai Menteri Perekonomian. Darmin akan menjabat posisi ini hingga masa jabatan Kabinet Kerja 2014-2019 berakhir.

Puan Maharani akan dilantik malam ini beserta empat pimpinan DPR lainnya malam ini, pukul 19:00 WIB. Keempat pimpinan DPR tersebut antara lain, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rahmat Gobel dari Partai Nasdem, dan Aziz Syamsudin dari Partai Golkar. Sementara itu, kursi tersisa yang didapatkan oleh PKB. Namun PKB masih belum menunjuk perwakilannya untuk posisi tersebut.

DPR RI resmi melantik anggota barunya yang berjumlah 575 orang untuk menjabat posisi Dewan periode 2019-2024. Dari keseluruhan anggota DPR yang dilantik hari ini, 56% masih didominasi oleh anggota DPR periode sebelumnya.

Setelah acara pelantikan selesai, para nggota DPR ini akan melanjutkan PR yang sempat tertunda, yaitu menyelesaikan RUU yang masih menjadi polemik saat ini. Pengalihan tugas untuk membahas RUU ini dapat dilakukan setelah disahkannya revisi Undang-Undang Peraturan Pembentuk Perundang-Undangan pada 24 September 2019.

Baca juga berita lainnya

Comment

News Feed