by

Batik Kalimantan Tengah Resmi Jadi Seragam ASN dan Pelajar

Batik Kalimantan Tengah Resmi Jadi Seragam ASN dan Pelajar – Batik Kalimantan Tengah terkenal dengan motif benang bintiknya. Ciri khas dari batik ini akhirnya diresmikan menjadi seragam resmi Aparatur Sipil Negara dan pelajar di Kalimantan Tengah sejak hari ini untuk mnyambut Hari Batik Nasional esok.

Kain batik khas Bumi Tambun Bungai ini memiliki motif yang bervariasi. Kamu bisa menemukan batik dengan motif mandau, rumah bentang, pohon batang garing, hingga gambar pohon kehidupan. Batik Kalimantan Tengah ini bisa kamu temukan di toko-toko yang menjual buah tangan khas daerah ini. Kamu juga bisa berburu kain batik ini di toko kerajinan khas Kalteng.

Salah satu pengrajin batik ini adalah Paramitha dan Anang, Warga Jalan Badak Lurus, Palangkaraya ini sudah menekuni usaha kerajinan batik ini dengan metode cetak. Motif yang digunakan dalam batik Kalimantan Tengah ini memiliki makna yang sangat dalam. Batik dengan motif rumah bentang memiliki makna kebersamaan dan hidup rukun dengan sesama.

Beberapa waktu lalu, penggunaan Benang Bintik masih terbatas pada kegiatan formal seperti seragam sekolah dan kantor. Alhasil, kesan Batik Benang Bintik kemudian lebih dikenal sebagai busana dan pakaian formal untuk upacara atau acara-acara seremonial seperti pernikahan. Sekarang, Batik Benang Bintik semakin dikenal, ragam pakaian dari Benang Bintik sering digunakan dalam kegiatan seperti festival, kegiatan budaya dan kegiatan seni lainnya.

Batik Benang Bintik adalah linen batik yang unik di Kalimantan Tengah. Keunikannya terletak pada motif batik yang mencerminkan budaya suku Dayak, penduduk asli daerah tersebut. Motif yang diuraikan dalam linen batik yang diambil dari lukisan atau ukiran yang digunakan oleh orang Dayak dalam ritual atau upacara kuno.

Batik Benang Bintik adalah salah satu aset budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Batik ini tidak hanya mengandung nilai seni yang tinggi, tetapi juga memiliki karakter yang sangat khas yang menjadi identitas Kalimantan Tengah, terutama suku Dayak. Karakter motif batik ini terlihat pada etnik khas yang juga menjadi ciri pembeda dari batik lainnya. Selain itu, kerajinan Dayak juga memiliki banyak pilihan pola dan model yang relevan dengan kebutuhan zaman. Jika pada awalnya batik hanya dipakai pada upacara atau pernikahan, Batik Benang Bintik sekarang sering digunakan dalam berbagai acara penting seperti festival seni dan acara budaya.

Baca juga artikel menarik lainnya

Comment

News Feed