by

Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri yang menyerang saluran kemih. Bakteri ini dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan saluran kemih. Ini dia ciri-ciri infeksi saluran kemih dan cara mengobatinya.

Penyebab infeksi saluran kemih

Sebagian besar infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri Escherichia coli ( E. coli ), biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan. Bakteri klamidia dan mikoplasma dapat menginfeksi uretra tetapi tidak pada kandung kemih.

ISK diberi nama yang berbeda tergantung di mana mereka muncul. Sebagai contoh:

  • Infeksi kandung kemih disebut sistitis.
  • Infeksi uretra disebut uretritis.
  • Sebuah infeksi ginjal disebut pielonefritis.

Ureter sangat jarang menjadi tempat infeksi.

Gejala dan ciri ciri infeksi saluran kemih

Gejala-gejala ISK dapat bergantung pada usia, jenis kelamin, letak kateter, dan bagian saluran kemih mana yang telah terinfeksi.

  • Gejala dan ciri ciri infeksi saluran kemih ISK umumnya meliputi:
  • keinginan kuat dan sering buang air kecil
  • urin keruh, berdarah, atau berbau kuat
  • sensasi terbakar atau rasa sakit saat kencing
  • mual dan muntah
  • sakit otot dan sakit perut

Orang dengan kateter mungkin hanya mengalami gejala demam saja sehingga proses diagnosa ISK lebih sulit dilakukan.

Pielonefritis akut

Pielonefritis akut adalah infeksi ginjal yang tiba-tiba dan parah. Jika seseorang berpotensi mengidap kondisi ini, mereka juga bisa mengalami sakit punggung bagian atas dan samping, demam tinggi, gemetar, kedinginan, kelelahan , dan perubahan mental. Kondisi ini dianggap darurat dan harus segera ditangani oleh dokter.

Sistitis

Jika seseorang memiliki infeksi kandung kemih jenis sistitis, si pengidap juga bisa mengalami demam rendah, dan tekanan dan kram di perut dan punggung bagian bawah.

Komplikasi

Sebagian besar kasus ISK tidak perlu dikhawatirkan, tetapi dalam beberapa kasus, ISK dapat menyebabkan masalah serius, khususnya bagi mereka yang mengidap ISK atas.

Infeksi ginjal yang berulang atau berlangsung lama dapat menyebabkan kerusakan permanen, dan beberapa infeksi ginjal yang tiba-tiba dapat mengancam jiwa, terutama jika bakteri memasuki aliran darah dalam kondisi yang dikenal sebagai septikemia.

ISK juga dapat meningkatkan risiko bagi wanita untuk melahirkan bayi yang prematur atau melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

cara mengobati infeksi saluran kemih

Karena ISK biasanya disebabkan oleh bakteri, pengidap penyakit ini biasanya diobati dengan antibiotik atau antimikroba. Jenis obat dan lamanya pengobatan akan tergantung pada gejala dan riwayat medis individu.

Sesi perawatan ISK harus dijalani hingga selesai untuk memastikan bakteri penyebab ISK telha hilang dan infeksi sudah sembuh total. Hal ini juga dilakukan dan untuk mengurangi risiko bakteri ISK mendapatkan resistensi antibiotik. Perlu diketahui bahwa ciri ciri penyakit infeksi saluran kemih dapat hilang sebelum infeksi benar-benar sembuh.

Minum banyak cairan dan sering buang air kecil selalu dianjurkan untuk orang yang menderita ISK karena hal ini membantu menghilangkan bakteri. Berbagai obat penghilang rasa sakit dapat diberikan dokter untuk mengurangi rasa sakit. Menggunakan bantal pemanas di bagian belakang atau perut juga bisa membantu mengurangi efek yang timbul dari penyakit ini.

ISK yang tidak menunjukkan gejala apapun dapat pula terjadi pada orang yang sehat dengan saluran kemih yang normal. Infeksi seperti ini biasanya dapat disembuhkan dengan 2 sampai 3 hari perawatan. Kondisi ISK yang parah dapat terjadi pada orang yang mengidap masalah kesehatan lainnya, seperti kehamilan atau transplantasi jantung. Komplikasi ISK ini cenderung membutuhkan perawatan yang lebih lama, biasanya antara 7 hingga 14 hari.

Itulah ciri-ciri infeksi saluran kemih dan cara mengobatinya. Baca juga artikel lainnya.

Comment

News Feed