by

Tes Kesehatan Mental: Hati-Hati Jika Kamu Seperti Ini

Penyakit mental, juga disebut gangguan kesehatan mental, merujuk pada berbagai kondisi kesehatan mental – gangguan yang mempengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku kamu. Tes kesehatan mental online merupakan salah satu cara untuk mengetahui penyakit yang diidap seseorang seperti depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan dan perilaku adiktif.

Banyak orang memiliki masalah kesehatan mental tanpa disadarinya. Pada awalnya, masalah kesehatan mental ini tidak akan terlalu mempengaruhi kehidupan seseorang. Tetapi masalah kesehatan mental dapat berubah menjadi penyakit mental ketika tanda dan gejala yang sedang berlangsung sering menyebabkan stres dan memengaruhi kemampuan kamu untuk melakukan sesuatu.

Penyakit mental dapat membuat Kamu sengsara dan dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari Kamu, seperti di sekolah atau di tempat kerja atau dalam hubungan. Dalam berbagai kasus, gejala dapat dikelola dengan kombinasi obat dan terapi bicara (psikoterapi).

Gejala

Tanda dan gejala penyakit mental dapat bervariasi, tergantung pada gangguan, keadaan dan faktor lainnya. Gejalanya dapat mempengaruhi emosi, pikiran, dan perilaku.

Contoh tanda dan gejala terganggunya kesehatan mental termasuk:

  • Merasa sedih atau frustasi
  • Sulit berfikir atau berkurangnya kemampuan berkonsentrasi
  • Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan, atau perasaan bersalah yang ekstrem
  • Perubahan suasana hati yang ekstrim
  • Keinginan untuk menjauh dari teman dan kegiatan yang biasa dilakukan
  • Kelelahan yang berlebihan, tidak semangat atau mengalami masalah tidur
  • Delusional, paranoid atau berhalusinasi
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah sehari-hari atau stres
  • Kesulitan memahami dan berhubungan dengan orang lain dan situasi tertentu
  • Bermasalah dengan alkohol atau penggunaan narkoba
  • Perubahan kebiasaan makan yang signifikan
  • Berubahnya dorongan seksual
  • Kemarahan, permusuhan, atau kekerasan yang berlebihan
  • Keinginan untuk bunuh diri

Kadang-kadang gejala gangguan kesehatan mental muncul sebagai masalah fisik, seperti sakit perut, sakit punggung, sakit kepala, atau sakit dan nyeri lainnya yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Kapan harus ke dokter

Jika Kamu memiliki tanda atau gejala penyakit mental, kamu bisa mencoba menjalani sebuah tes kesehatan mental online atau menemui dokter untuk mendiskusikan masalah yang kamu hadapi. Sebagian besar penyakit mental tidak membaik dengan sendirinya, dan jika tidak diobati, penyakit ini dapat memburuk seiring waktu dan menyebabkan masalah serius.

Jika Kamu memiliki keinginan kuat untuk bunuh diri

Pada umumnya, gejala mental illness adalah dorongan untuk melakukan bunuh diri. Jika Kamu merasa ingin melukai diri sendiri atau mencoba bunuh diri, segera minta bantuan:

  • Dokter ahli
  • Hubungi teman dekat atau anggota keluarga kamu.
  • Berkonsultasi dengan pemuka agama atau orang yang dapat memberikan bantuan kerohanian.

Keinginan untuk bunuh diri tidak akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Carilah pertolongan secepatnya.

Penyebab

Beberapa penyebab mental illness adalah faktor genetik dan lingkungan:

  • Sifat bawaan. Penyakit mental lebih sering terjadi pada orang yang anggota keluarganya juga memiliki penyakit mental. Gen-gen tertentu dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit mental.
  • Kondisi lingkungan yang terjadi saat berada dalam proses melahirkan.  Lingkungan yang dapat memicu stres, kondisi peradangan, racun, alkohol atau obat-obatan yang dapat mempengaruhi janin terkadang dapat menjadi pemicu penyakit kejiwaan.
  • Kimia otak. Neurotransmitter adalah zat kimia otak yang terjadi secara alami yang membawa sinyal ke bagian lain dari otak dan tubuh Anda. Ketika jaringan saraf yang berhubungan dengan kimia tubuh ini terganggu, fungsi reseptor saraf dan sistem saraf berubah, sehingga mengarah pada depresi dan gangguan emosional lainnya.

Pencegahan

Tidak ada cara pasti untuk mencegah penyakit jiwa. Namun, jika kamu memiliki penyakit mental, dengan mengendalikan stres dan meningkatkan kepercayaan diri yang rendah dapat membantu mengendalikan gejala penyakit mental yang kamu alami. Kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Perhatikan gejala yang muncul. Konsultasi dengan dokter atau terapis kamu untuk mengetahui apa yang mungkin memicu gejala penyakit mental kamu. Buat rencana agar kamu tahu apa yang harus dilakukan jika gejalanya muncul kembali. Hubungi dokter atau terapis kamu jika kamu merasakan perubahan gejala atau apa yang kamu rasakan. Cobalah untuk melibatkan anggota keluarga atau teman untuk mengawasi tanda-tanda penyakit mental yang mungkin terjadi kapan saja.
  • Dapatkan perawatan medis secara rutin. Jangan hindari jadwal konsultasi kamu dengan konsultan kesehatan kamu, apalagi jika kamu merasa tidak baik-baik saja.
  • Dapatkan bantuan tepat saat kamu membutuhkannya. Kondisi kesehatan mental bisa lebih sulit diobati jika kamu menunggu sampai gejalanya memburuk. Perawatan jangka panjang juga dapat membantu mencegah gejala penyakit mental kamu kambuh.
  • Rawat diri sendiri dengan baik. Tidur yang cukup, makan sehat, dan aktivitas fisik yang teratur sangatlah penting. Cobalah untuk memiliki jadwal yang teratur. Bicarakan dengan konsultan kesehatan jika kamu kesulitan tidur atau jika kamu memiliki pertanyaan tentang diet dan aktivitas fisik yang kamu jalani.

Mental illness adalah suatu penyakit yang sulit untuk dikenali. Teskesehatan mental yang kamu lakukan mungkin tidak memberikan informasi detail mengenai penyakit yang kamu idap. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berkonsultasi dengan ahlinya langsung. Kamu tidak perlu malu dengan kondisi mental yang kamu miliki. Lalukan diagnosa yang tepat melalui tes kesehatan mental online atau yang diberikan konsultan kesehatan dan jalani prosedur perawatan dengan teratur.

Jangan sampai ketinggalan informasi menarik lainnya dari rentetan.com.

Comment

News Feed