by

Cara Bayar Pakai OVO Dan Top Up Untuk Transaksi Dan Belanja Online/Offline

Cara Bayar Pakai OVO Dan Top Up Untuk Transaksi Dan Belanja Online/Offline

Rentetan.com – Belanja online dan transaksi online sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Dengan adanya teknlogi yang mempermudah transaksi non-tunai menggunakan fasilitas teknologi online tentunya akan mempermudah kita dalam melakukan pembelian dan pembayaran secara cepat dan juga aman.

Salah satu cara pembayaran yang ada di Indonesia adalah menggunakan OVO. Bagi anda yang sedang mencari cara bayar pakai OVO, artikel ini adalah artikel yang tepat karena di sini akan diberikan berbagai informasi terlengkap mulai dari pengertian OVO secara umum, cara top up OVO, hingga cara bayar OVO di berbagai transaksi online bahkan offline.

Bagi anda yang sedang mencari cara bayar pakai OVO, artikel ini adalah artikel yang tepat karena di sini akan diberikan berbagai informasi terlengkap mulai dari pengertian OVO secara umum, cara top up OVO, hingga cara bayar OVO di berbagai transaksi online bahkan offline.

Baik langsung saja kita bahas pembayaran menggunakan layanan OVO secara detail.

Baca Juga Artikel: Instagram Dark Mode Android, Biar Nggak Bosen Cobain Cara mengaktifkan dark mode Instagram

Pengertian OVO

OVO adalah sebuah layanan yang memberikan kemudahan dalam pembayaran ke berbagai transaksi yang tergabung di Merchant OVO. Dengan kata lain,kita bisa melakukan pembayaran non-tunai hanya menggunakan OVO ke toko online maupun offline yang masuk ke dalam daftar merchant OVO atau yang bekerja sama dengan OVO.

Pembayaran OVO sendiri sudah sangat banyak menyediakan merchant kok, mulai dari Grab, Tokopedia, dan pembelian offline seperti di alfamart, Indomaret bahkan beberapa toko dan warung makan pribadi sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan dari OVO ini.

Bagaimana sih cara top up OVO ini? Dan juga cara bayar pakai OVO ini seperti apa? Mungkin anda sedang penasaran akan hal ini bukan? Baiklah selanjutnya kita akan membahas mengenai hal ini.

Baca Artikel Lainnya: Cara Membuat Akun Google Baru Di Hp Android

Cara Top up OVO

Untuk bisa transaksi menggunakan OVO tentunya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu, cara pembuatan akun ini cukup mudah kok. Persyaratan pertama adalah dengan menggunakan nomor telepon aktif dan tentunya smartphone android ataupun IOS.

Pertama anda bisa download OVO di Google Play Store ataupun Apple App Store terlebih dahulu, kemudian daftarkan menggunakan nomor telepon anda tapi pastikan gunakan nomor telepon aktif untuk proses verifikasi otp dan juga pembayaran nantinya.

Untuk top up OVO ini terbilang cukup mudah dan juga tidak ribet. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan top up OVO. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Top Up dengan Mobile Banking:

  • Saat berada di halaman utama aplikasi OVO anda akan mendapatkan sebuah tombol Top Up yang berada di sebelah kanan jumlah saldo OVO kita, silakan klik tombol tersebut.
  • Setelah itu anda akan masuk ke halaman dimana ada beberapa pilihan cara untuk melakukan Top Up, silakan pilih “Internet/Mobile Banking”.
  • Pilih Bank yang anda miliki kemudian, transaksi bisa dilakukan dengan cara transfer ke virtual account m-banking masing – masing bank.
  • Sebagai conton ke Bank BCA, kamu bisa akses m-banking kemudian masuk ke menu transfer > Virtual Account > dan massukan nomornya > dalam hal ini adalah “3935808xxxxx”, dimana anda harus menginputkan nomor pribadi kamu di sana.
  • Dan anda sudah berhasil melakukan top up menggunakan Mobile Banking.

Top Up OVO Dengan via ATM:

  • Sama seperti menggunakan m-banking intinya di sini adalah transfer ke rekening Virtual Account yang dimiliki OVO.
  • Jadi masuk ke ATM (sebagai contoh adalah BCA), kemudian masukkan ATM dan Input PIN.
  • Setelah itu pilih menu Transaksi Lainnya > Transfer > Virtual Account.
  • Dan masukkan nomor 39358 + “nomor telepon yang ada di OVO anda”.
  • Setelah itu masukkan jumlah yang ingin anda top up.
  • Terkahir anda berhasil top up saldo OVO dengan aman.

Top Up OVO via Alfamart:

  • Datang ke Alfamart terdekat dan tanya kepada kasir anda ingin top up saldo OVO.
  • Kemudian silakan berikan nomor hp yang anda registrasikan di aplikasi OVO, bila kasir tidak menginput silakan input sendiri.
  • Berikan nominal yang tertera, kemudian anda akan mendapatkan notifikasi top up berhasil.

Cara Bayar Pakai OVO Di Berbagai Transaksi

Pembayaran menggunakan layanan OVO ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Yang diperlukan hanya saldo OVO yang seharusnya cukup untuk bertransaksi dan juga merchant OVO, hal ini penting karena tidak setiap toko terlebih toko offline menggunakan layanan OVO sebagai salah satu metode pembayaran mereka.

Bayar OVO di Alfamart:

  • Silakan tanya terlebih dahulu kepada kasir atau pegawai yang ada apakah melayani pembayaran menggunakan OVO.
  • Jika melayani, langsung saja belanja sesuai dengan kebutuhan anda, dan ketika akan melakukan pembayaran di kasir sampaikan bahwa anda ingin melakukan pembayaran menggunakan OVO.
  • Kasir akan melayani dengan menginputkan nomor anda di mesin EDC yang ada, atau anda bisa menginputkan sendiri.
  • Setelah menekan “OK” saldo akan otomatis berkurang. Biasanya untuk transaksi di bawah 50 ribu tidak perlu otentifikasi, tapi untuk transaksi di atas 50 ribu membutuhkan otentikasi PIN.

Bayar Online Dengan OVO:

  • Untuk Pembayaran transaksi online dengan menggunakan OVO malahan lebih mudah lagi karena di sini sudah ada menu – menu yang sangat mudah untuk dilihat.
  • Sebagai contoh anda ingin belanja online, di setiap kali anda chek out dan akan masuk ke pembayaran aka nada pilihan “cara pembayaran”.
  • Pilih bayar dengan OVO dan anda akan langsung bisa tekoneksi di OVO dan saldo anda akan otomatis berkurang.

Cara bayar pakai OVO ini juga mendukung beberapa aplikasi besar seperti Grab dan Tokopedia dimana anda bisa dengan mudah untuk melakukan pembayaran yang otomatis akan terhubung di akun OVO anda. Kedua perusahaan ini memang bekerja sama dengan OVO sehingga layanan OVO sangat melekat di brand mereka.

Kelebihan Transaksi Online

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan pembayaran menggunakan OVO ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan:

  • Transaksi praktis dan juga cepat, anda tidak perlu menggunakan uang tunai melainkan hanya menggunakan saldo OVO untuk melakukan pembayaran.
  • Sudah support beberapa pembayaran seperti listrik, telepon, pulsa, makanan, BPJS, dan lain – lain.
  • Bisa digunakan dengan cara yang sangat mudah, jika masih kurang jelas silakan dibaca lagi petunjuk yang diberikan di atas.

Jadi itu dia pembahasan mengenai cara bayar pakai OVO, cara top up OVO, dan juga pengertian dari ovo yang harus anda perhatikan. Menggunakan OVO memang mempercepat proses transaksi, tapi kekurangannya adalah kita juga sering tidak mengetahui toko mana yang support pembayaran online yang satu ini, khususnya untuk pembayaran transaksi offline.

Jadi bagaimana apakah kamu sudah mencoba menggunakan pembayaran online di Indonesia yang satu ini?

Comment

News Feed