by

11 Fakta Manchester United Yang “Mungkin” Belum Kamu Ketahui

11 Fakta Manchester UnitedRentetan.com – Manchester United adalah salah tim jempolan dari liga ternama yaitu Liga Inggris yang memiliki berbagai fakta menarik untuk dibahas.

Baca Juga Artikel: Jadwal Live Bola Barcelona v Sevilla: Unggulnya Tim Kandang

Tim yang sudah lama berdiri ini menjadi salah satu tim yang paling banyak memiliki supporter. Seperti dilansir dari BBC, bahwa pada tahun 2013 yang lalu Manchester United memiliki 659 juta supporter yang tersebar di seluruh dunia.

Jumlah ini tentunya tidak sedikit mengingat tidak banyak orang yang mampu “loyal” terhadap tim yang dimilikinya. Sobat Rentetan sport, kali ini kita akan membahas 11 fakta hot dari Manchester United yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

11 Fakta Manchester United

1. Newton Heath F.C

Siapa yang tidak kenal dengan tim Manchester United? Bagi pecinta sepakbola tentunya nama Manchester United sudah tidak asing di telinga, tapi siapa sangka jika MU memiliki nama yang dimiliki sebelum menjadi tim besar seperti sekarang ini.

Ya, Newton Heath F.C adalah nama dari persatuan sepak bola yang dikenal dengan nama MU (Manchester United) sekarang ini. Semua anggota tim dan pemain bekerja pada sebuah perusahaan pembuatan jalur kereta api bernama Lancashire & Yorkshire Railway yang berada di kantor cabang Newton Heath.

Awal mula tim ini berdiri pada tahun 1878 yang kemudian pada tahun 1902 barulah nama Manchester United dibuat oleh seorang bernama John Henry Davies.

2. Rekor Ditangani Pelatih Terlama

Pada tahun 1986, pelatih legendaris didatangkan ke Manchester United? Siapakah itu? Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu kan? Ya, Sir Alex Ferguson. MU sangat lama berada di bawah kepemimpinan pelatih berdarah Inggris ini.

Dari mulai tahun 1986 ferguson memutuskan untuk gantung masa kepelatihannya pada tahun Oktober 2013 yang lalu. Di masa Sir Alex Ferguson ini, Manchester United sempat mendapatkan masa keemas an dengan mendapatkan treble winner pada tahun 1999 dengan mendapatkan gelar liga inggris, liga champion, dan piala FA.

3. Fakta Manchester United, Tim Pertama Dari Inggris Yang Memenangi UEFA Champions League

Memang MU bukan pemegang title juara champions terbanyak dari liga Inggris, tapi ternyata MU adalah tim pertama dari Inggris yang memenangi UEFA Champions League ini. Liga ini adalah liga terbaik di tanah Eropa yang mempertemukan tim paling kuat se benua Eropa.

Pada tahun 1968 inilah MU berhasil mendapatkan title juara liga champion dan membawa pulang tropi kemenangan liga champions pertama untuk negara inggris.

4. Sempat Tidak Memiliki Stadion Untuk Pertandingan Kandang

Fakta yang terjadi adalah MU atau Mancester United ini sempat bermain di stadion yang dimiliki oleh Manchester City selama 4 musim liga inggris bergulir. Bukan hanya stadion melainkan kantor administrasi MU juga dipindahkan ke Manchester City.

Hal ini adalah dampak dari perang dunia ke 2 dimana kejadian ini merupakan akibat dari stadion Old Trafford terkena bom saat peperangan.

5. Fakta Manchester United Dan Tragedi Munich 1958

Bagi yang belum mengetahuinya terdapat sebuah tragedi mengerikan yang terjadi terkait dengan Manchester United. Pada laga liga champions yang digelar di kandang Bayern Munich yang berjalan sempurna ini ada satu kejadian naas yang sangat menyedihkan.

Pesawat yang membawa rombongan tim dan manajemen Manchester United terjatuh dan dipastikan semua korban meninggal dunia. Hal ini menjadi fakta yang mungkin tidak diketahui banyak orang sekarang ini. Bahkan tidak ada pemain bintang yang tersisa saat itu.

6. Tim Pertama Yang Mencetak Sebanyak 1000 Goal Di Liga Inggris

 MU menjadi tim pertama yang mencetak 1000 goal di ajang Premiere League atau liga Inggris yang bergengsi ini. Pada tahun 2016 yang lalu tepatnya pada pertandingan piala FA, Anthony Martial mencetak goal satu – satunya di sarang gawang Everton yang menjadikan goal ke 1000 dari MU.

Uniknya setengah dari jumlah goal tersebut dicetak di babak kedua. Kemudian Wayne Rooney juga menyumbang sebanyak 99 goal.

7. Menjadi Satu Satunya Tim Penerima Gelar Treble Winner

MU menjadi satu – satunya pemegang title Treble winner untuk Liga Inggris. Hingga sekarang belum ada tim yang mampu merebut title yang di dapat pada tahun 1999 ini. Di bawah kepelatihan dari Sir Alex Ferguson memang MU dikenal sebagai tim yang sangat menakutkan.

8. Julukan The Red Devils

Penggemar Manchester United harusnya tahu bahwa julukan dari MU tidak lain dan tidak bukan adalah The Red Devils, tapi apakah ada yang tahu asal usul dari nama ini?

Usut punya usut ternyata julukan ini terinspirasi dari pemain Rugby Manchester United. Pada masa itu tim Rugby yang mendominasi dijuluki dengan nama The Red Devils.

9. Fakta Manchester United Dan Fred The Red

Ada satu mascot yang sering muncul pada pertandingan kandang yang dijalani oleh Manchester United. Mascot ini memanglah menarik dengan paras yang lucu dan imut. Siapa sih nama mascot ini? Hmm, ya benar namanya adalah Fred.

Maskot ini adalah mascot ke enam setelah mascot sebelumnya yang bernama Jack Irons digantikan dengan Fred. Mascot yang satu ini berwarna merah yang merupakan warna kebanggaan MU.

10. Wayne Rooney Pencetak Goal Terbayak MU

Wayne Rooney adalah salah satu pemain paling sukses dengan menghasilkan goal sebanyak 193 gol saat berada di MU. Menjadi pemegang goal terbanyak kedua di liga Inggris dia sudah menjalani 418 pertandingan dengan 193 goal. Sementara itu ada 25 goal yang sebelumnya dia buat di Everton.

11. Hanya Dua Pelatih Yang Berasal Dari Luar Inggris

Uniknya pelatih Manchester United ini kebanyakan adalah berkewarganegaraan inggris. Tepatnya hanya ada dua pelatih Louis Van Gaal, dan Jose Mourinho yang merupakan pelatih berkwarganegaraan selain inggris yang pernah melatih MU, selain dua pelatih tersebut tidak ada lagi pelatih yang berasal dari luar negara inggris.

Nah, jadi itu dia 11 fakta Manchester United yang harus diketahui mengenai tim Manchester United. Semoga fakta ini menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai berita bola seputar liga inggris ya? Terimakasih dan jangan lupa share artikel ini juga dirasa bermanfaat. Sampai jumpa lagi di!

Comment

News Feed