Begini Cara Cek IMEI Smartphone Terlengkap Dan Terbaru (Semua Brand)

cara cek imei terbaru
cara cek imei terbaru

Cara Cek IMEI Smartphone – Sebagai seorang pengguna smartphone tentunya kita wajib tahu mengenai IMEI.

Mungkin kamu pernah mendengar kata IMEI ini secara sekilas dan juga cukup sering, tapi masih belum mengetahui apa sebenarnya pengertian dari IMEI ini. Wajar sih, karena beberapa waktu yang lalu pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan terkait dengan IMEI.

Dilansir dari Kompas, bahwa pemerintah Indonesia melalui tiga kementrian yaitu Kementrian Industri, Perdagangan dan Kominfo mengeluarkan sebuah peraturan pemblokiran ponsel yang masuk dengan jalur illegal. Dengan begitu ponsel BM atau Black Market nantinya tidak akan bisa digunakan.

Peraturan ini akan dimulai diberlakukan pada tahun depan atau tepatnya pada bulan Februari 2020. Dengan adanya peraturan ini kedepannya ponsel Black Market tidak akan bisa menggunakan semua jaringan yang ada di Indonesia.

Salah satu kategorinya adalah dengan nomor IMEI. Jika memliki nomor IMEI resmi maka tentunya smartphone kamu akan aman, lalu apa sih sebenarnya IMEI itu? Dan cara cek IMEI yang benar itu seperti apa sih? Mari kita bahas lebih detail dan mendalam.

Pengertian Nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan angka unik yang ditetapkan dalam sebuah smartphone atau perangkat mobile. Angka ini unik karena setiap perangkat mobile memiliki susunan angka yang berbeda. Ada ribuan perangkat yang diproduksi setiap harinya dan semua angka IMEI ini berbeda satu dari perangkat yang lainnya.

Beberapa orang sering ngobrol mengenai masalah IMEI, bahkan beberapa orang juga mengatakan bahwa kamu hendaknya mencatat nomor IMEI yang ada di perangkat smartphone kamu. Tentunya tujuan dari pencatatan nomor yang ada di smartphone ini untuk tujuan yang baik.

contoh-imei-perangkat-mobile
Contoh Nomor IMEI

Untuk masalah standarisasi, biasanya nomor IMEI memiliki 14 digit angka dan huruf, tapi ada juga beberapa yang menggunakan standar 16 digit angka dan huruf untuk menentukan IMEI mereka. Angka ini memiliki perbedaan yang mungkin ditentunkan oleh produsen, merk, tipe, wilayah pemasaran, dan juga kategori lainnya.

Baca Juga Artikel:

Instagram Dark Mode Android, Biar Nggak Bosen Cobain Cara mengaktifkan dark mode Instagram

Tips Setting Sensitivitas COD Mobile Ala Pro Player

Cara Download Simontok apk Terbaru Dan Terlengkap Full (Semua Versi)

Cara Cek Imei Di Smartphone Untuk Segala Brand

Setelah mengetahui apa pengertian dari angka – angka IMEI tentunya kamu mungkin penasaran, terus bagaimana cara cek IMEI di smartphone? Oke, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk melakukan pengecekan nomor IMEI. Cara – cara ini sangatlah mudah kok.

Cara Pertama:

  • Dengan melihat Box Smartphone yang kamu miliki.

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk kamu lakukan karena dengan mengecek melalui box kamu akan lebih pas mengetahui angka dengan tepat. Di bagian belakang box biasanya terdapat sebuah label putih yang terdapat beberapa angka IMEI, barcode, nah silakan cek keterangan IMEI yang ada di belakan box smartphone kamu.

Tapi mungkin kita beli smartphone batang atau tanpa box? Nah ad acara kedua yang bisa kamu ikuti.

Cara Kedua:

  • Cara ini berfungsi untuk hampir semua perangkat android yang ada di Indonesia bahkan dunia.
  • Caranya adalah masuk ke telepon kemudian ketikkan *#06*.
  • Akan muncul informasi IMEI yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Perlu diperhatikan bahwa dengan mengecek nomor ini kamu belum bisa memastikan apakah smartphone yang kamu miliki resmi di Indonesia. Jadi ada beberapa cara tambahan yang harus kamu lakukan.

Cara Cek IMEI Untuk Mengetahui Smartphone Resmi Atau Tidak

Cara cek IMEI untuk memastikan smartphone kamu resmi bisa dilakukan dengan menggunakan browser yang kamu miliki dengan menggunakan cara berikut ini.

  • Akses website berikut ini (https://imei.kemenperin.go.id/).
  • Setelah itu masukan nomor IMEI yang sudah kamu ketahui pada langkah yang diberikan di atas.
cara-cek-imei-rentetan.com
  • Kemudian tekan tombol dengan logo pencarian.
  • Setelah beberapa saat kamu akan mendapatkan keterangan apakah smartphone kamu terdaftar sebagai smartphone resmi atau tidak.
cara-cek-imei-2-rentetan.com

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk bisa kamu lakukan untuk mengecek smartphone kamu resmi atau tidak. Cara cek IMEI smartphone ini disediakan secara langsung oleh kemenperin sehingga merupakan cara yang resmi digunakan oleh pemerintah Indonesia.

Demikian informasi cara cek IMEI terlengkap yang bisa diberikan melalui artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan juga memberikan informasi yang berguna untuk kamu ya? Jangan lupa share artikel ini agar kamu bisa menyebarkannya ke teman – teman terdekat kamu.

Comment