by

Mempercepat Koneksi Wifi Lemot Parah Dengan Cara Ini!

Mempercepat Koneksi Wifi Lemot Parah Dengan Cara Ini! – Koneksi wifi sudah pasti menjadi sesuatu yang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari – hari.

Dengan menggunakan koneksi wifi kita bisa terhubung ke akses internet yang bisa kita gunakan untuk berbagai hal, mulai dari mencari informasi, chatting, akses media sosial, dan juga berbagai hal yang sungguh tidak ada batasnya.

Permasalahannya jika koneksi wifi lemot mungkin akan menjadi sebuah problem dan masalah buruk. Koneksi wifi buruk ini memiliki beberapa penyebab yang sangat beragam. Kita tidak bisa langsung bisa mengatasinya begitu saja.

Baca Juga Artikel:

Cara Kompres Video Online Dengan Mudah

Oppo Reno 2F: Spesifikasi Lengkap, Kelebihan Dan kekurangan, Serta Harga Pasaran

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa koneksi wifi lemot bisa terjadi. Tapi di kesemapatan kali ini kita akan coba mengulik mengenai cara – cara efektif untuk mempercepat koneksi wifi lemot sehingga permasalahan yang cukup membuat kita bete ini bisa teratasi.

Mempercepat Koneksi Wifi dan Mengatasi Agar Wifi Tidak Lemot

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Koneksi Wifi lambat atau yang sering disebut dengan “Lemot” ini ada banyak faktor yang menyebabkannya. Untuk bisa mengatasinya kita seharusnya mengetahui beberapa penyebab terjadinya koneksi lambat ini.

Tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mengatasinya sendiri bukan? Nah, ada beberapa cara nih, bagi kamu yang ingin mencoba mengatasi masalah lambatnya koneksi wifi sehingga bisa mempercepat koneksi wifi untuk akses internet bebas dan luas.

1. Optimalkan Letak Router Wifi

Seringkali kita tidak sadar bahwa letak Router Wifi juga bisa menentukan kecepatan wifi dan internet. Dengan meletakkan router dengan tepat, kita akan mendapatkan sinyal yang lebih kuat sehingga akses ke internet menjadi lebih maksimal.

Jika internet kamu terasa lemot, coba deh cek sinyal yang ada di bagian wifi kamu penuh atau tidak? Jika tidak coba geser posisi router sampai kamu mendapatkan sinyal terbaik. Dengan melakukan hal ini kamu akan lebih bisa mendapatkan sinyal secara maksimal.

2. Sebisa Mungkin Hindarkan Dari Halangan

Sebisa mungkin untuk bisa menghindarkan dari halangan seperti tembok, yang bisa menghalangi sinyal. Wifi harus menyalurkan sinyal untuk bisa digunakan untuk mengakses internet, jadi gangguan dari penghalang seperti tembok, dan penghalang lainnya cukup berpengaruh terhadap kecepatan koneksi.

Jadi paling tidak tempatkan di posisi tempat terbuka yang bebas dari penghalang yang ada untuk mempercepat koneksi wifi kamu

3. Tambah Kecepatan Melalui Provider Layanan Internet

Harus diakui walaupun memang dibilang tidak adil, tapi cara ini adalah cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Perlu diingat paket kecepatan internet setiap ISP (Internet Servide Provider) berbeda – beda, tentunya bila kita menggunkan paket 10 Mbps dan mengharapkan kecepatan 30 Mbps tidak logis bukan?

Nah, dengan meningkatkan kecepatan internet dari penyedia layanan internet kamu bisa mempercepat koneksi wifi kamu.

4. Reset Router Wifi

Perangkat router juga memiliki sistem kerja mirip dengan komputer dengan menyimpan data – data yang diperlukan. Saat kinerja router terlalu berat, perangkat yang satu ini membutuhkan restart agar lebih optimal. Jadi pastikan kamu melakukan reset router secara berkala misalnya setiap 2 minggu sekali atau sebulan sekali sesuai dengan keinginan kamu.

5. Ganti Password Secara Berkala

Untuk lebih mengoptimalkan kerja perangkat tentunya akan lebih baik jika kamu melakukan pergantian password SSID secara berkala. Terkadang kita share password kita dimana akan bisa digunakan oleh orang lain yang mungkin mengakses internet kamu. Dengan coba ganti password ini tentunya akan mengurangi beban bandwidth dari wifi.

6. Menjauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik yang menghasilkan sinyal elektromagnetik akan mengganggu kinerja sinyal wifi. Dengan menjauhkan router dari berbagai perangkat elektronik mungkin akan lebih mempercepat koneksi wifi.

7. Cek Software Router

Salah satu cara yang bisa dilakukan terakhir adalah cek software yang dimiliki oleh router. Cara ini memang cukup sulit dilakukan karena biasanya dilakukan oleh teknisi. Cara terbaik adalah mengubungi teknisi ISP yang kamu miliki untuk mengetahui penyebab kenapa wifi lemot agar bisa segera diperbaiki.

Demikian cara mempercepat koneksi wifi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wifi yang lemot. Dengan cara ini diharapkan bisa untuk mengatasi permasalahan internet yang lambat.

Karena ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini tentunya paling baik adalah dengan mengubungi layanan ISP agar bisa mengetahui lebih lanjut permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Comment

News Feed