by

Pengertian NFC Di Smartphone Lengkap Dengan Fungsi Dan Contohnya

Pengertian NFC Di Smartphone Lengkap Dengan Fungsi Dan Contohnya – Smartphone jaman sekarang memiliki berbagai fitur tambahan yang sebelumnya belum pernah ada.

Salah satunya adalah NFC. Fitur tambahan ini memang jarang dibicarakan oleh orang dan juga sangat jarang untuk diketahui karena mungkin di Indonesia penggunaannya belum terlalu banyak dan masih sangat jarang.

Tapi bagi kamu yang penasaran dengan pengertian NFC dan juga fungsi serta contoh penggunaan, tenang kamu akan mendapatkan informasinya secara lengkap di artikel kali ini.

Pengeritan NFC Pada Smartphone Android

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah teknologi yang menggunakan wireless atau nirkabel dengan jarak tertentu yang cukup dekat, dan biasanya jaraknya sekitar 4 cm. Teknologi ini memungkinkan pengiriman atau pertukaran data set dalam jumlah kecil yang tentunya data ini di enkripsi dengan aman.

NFC android mendukung 3 mode operasi, yaitu:

  • Reader/writer mode,
  • P2P mode,
  • Card Emulation mode

Nah, secara sederhana teknologi ini memungkinkan smartphone untuk membaca perangkat lain dan melakukan pertukaran dengan perangkat lain seperti kartu e-money misalnya, sehingga bisa membaca sensor NFC yang dimiliki.

Baca Juga Artikel:

Download GBWhatsapp MOD Whatsapp apk Terbaru Dan Terbaik

Internet Positif, Pengertian, Dan Cara Akses Internet Positif (Work 100%!)

Fungsi Dan Contoh Penggunaan NFC

Berbicara mengenai Pengertian NFC Di Smartphone tidak bisa dilepaskan dengan transaksi online baik itu pembelian online atau dengan menggunakan kartu – kartu elektronik yang bisa melakukan transaksi seperti untuk pembayaran tol, KRL, dan sebagainya.

Kartu – kartu ini adalah sebuah conton perangkat NFC yang bersifat passive yang hanya bisa menerima data. Sedangkan untuk NFC aktif adalah perangkat seperti smartphone android, Iphone, kemudian pembaca kartu di dalam tol, ataupun KRL karena bisa menerima data dan memprosesnya lebih lanjut.

Teknologi yang satu ini di adapatasi dari teknologi RFID, yang menggunakan gelombang electromagnet untuk membuat kedua perangkat bisa saling terhubung. Jika perangkat smartphone kamu mendukung teknologi NFC kamu bisa mengisi saldo e-money dengan hanya menggunakan smartphone dengan mudah.

Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan cara menempelkan kartu e-money dengan smartphone yang kamu miliki dan kamu saldo e-money kamu akan segera terisi sesuai dengan ketentuan. Hal ini juga merupakan sebuah teknologi yang dipakai untuk berbagai layanan seperti Samsung pay, Google Pay, Apple Pay, dan metode pembayaran lainnya.

Sebenarnya masih ada lagi contoh penggunaan NFC yang lainnya tapi, kemungkinan contoh di atas sudah mewakili beberapa hal yang cukup memperjelas pengertian NFC.

Demkian pembahasan mengenai pengertian NFC di Smartphone Android. Jadi apakah kamu Sudah mengetahui pengertian dari NFC android ini? Silakan komentar deh dengan berbagai yang layak dibahas mengenai NFC lebih lanjut.


Comment

News Feed