by

Tips Cara Menghemat Baterai HP Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Cara Menghemat Baterai HP Agar Awet Dan Tahan Lama – Penggunaan smartphone sering terganggu dengan permasalahan baterai yang sering drop dan cepat habis.

Baca Juga Artikel: Penyakit Mental Joker: Ini Dia Penjelasannya

Belakangan ini produsen smartphone mengeluarkan produk – produk dengan daya tahan baterai yang sangat besar sehingga memungkinkan kita untuk beraktifitas seharian dengan menggunakan smartphone.

Tapi walaupun kapasitas baterai yang sangat besar pun tentunya akan percuma jika baterai yang kita gunakan rusak jika kita tidak tahu menahu cara merawat baterai yang benar. Bagaimana sih cara kita menghemat baterai smartphone agar dapat digunakan secara awet dan tahan lama.

Kita akan membahas mengenai baterai smartphone secara lengkap. Di sini juga akan dibahas beberapa mitos dan fakta terkait baterai hp, sehingga di akhir artikel kamu akan mengetahui tips cara menghemat baterai hp agar lebih awet dan tahan lama.

Tips Cara Menghemat Baterai HP Agar Awet Dan Tahan Lama

1. Menggunakan Charger Asli Atau Original

Permasalahan pertama yang harus diperhatikan terutama untuk pengguna smartphone yang baru membeli smartphone baru, sebisa mungkin rawat kelengkapan charger kamu dengan baik. Tidak semua kelengkapan charger dibuat dengan cara yang sama, terlebih untuk charger – charger yang dijual terpisah dan tidak original.

Jika memang terpaksa harus membeli charger baru dikarenakan charger rusak atau hilang misalnya, usahakan untuk membeli charger baru yang original. Jangan sampai membeli produk bajakan karena hal tersebut akan mengurangi usia baterai yang kamu miliki karena hal ini merupakan salah satu cara kita merawat baterai.

2. Hindarkan Penggunaan Berlebihan

Tips cara menghemat baterai selanjutnya adalah tidak menggunakan smartphone secara berlebihan.

Beberapa pepatah mengatakan bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sama halnya dengan menggunakan smartphone, menggunakannya secara berlebihan juga merupakan hal yang tidak sehat untuk kesehatan diri ataupun untuk kesehatan baterai.

Hal ini dikarenakan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan akan menyebabkan smartphone menjadi lebih panas. Dan smartphone yang panas akan lebih mudah merusak perangkat keras yang ada di dalamnya. Walaupun teknologi sekarang sudah bisa mengatasi hal ini, namun untuk berjaga – jaga ada baiknya jika kita untuk tetap wajar menggunakan smartphone agar tidak berlebihan dalam menggunakan smartphone.

3. Jangan Sering Biarkan Smartphone Sampai Mati Kehabisan Baterai

Beberapa mitos masa lalu yang sering terdengar adalah bahwa kita harus mengosongkan baterai terlebih dahulu untuk bisa menjaga baterai tetap awet dan lebih menghemat penggunaan baterai. Nah, faktanya sekarang teknologi baterai memungkinkan untuk kita charge di antara 20% sampai dengan 80%.

4. Gunakan Salah Satu Koneksi Internet

Mungkin cara ini bisa lebih menghemat penggunaan dan konsumsi baterai smartphone. Misalnya saat menggunakan koneksi wifi silakan untuk matikan koneksi internet dari provider data mobile, begitupun sebaliknya.

Dengan menggunakan cara ini tentunya proses pencarian jaringan yang membutuhkan tenaga lebih akan berkurang dimana kita akan bisa lebih menghemat baterai.

5. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Tips cara menghemat baterai dengan cara mentup aplikasi yang tidak gunakan juga cukup penting. Jika kamu mau melakukan percobaan bisa lakukan hal ini. Sangat pertama kali kamu membeli smartphone selama satu minggu coba jangan install aplikasi apapun terlebih dahulu, atau install aplikasi paling penting terlebih dahulu. Nah, setelah penggunaan selama seminggu barulah tambahkan aplikasi seperti facebook, Instagram, dan lain – lain.

Kemudian bandingkan seberapa cepat kali ini baterai kamu akan habis. Hal ini terjadi karena aplikasi melakukan “tugas” di background sistem operasi, hal ini menyebabkan baterai lebih cepat terkuras karena “tugas” ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya baterai memiliki usia dimana memang harus ganti. Memang hal ini masih menjadi perdebatan di dunia sekarang ini, tapi beberepa orang menyebutkan bahwa usia rata – rata baterai sebelum harus diganti adalah 3 hingga 5 tahun.

Setelah melewati masa tersebut kemungkinan kapasitas penyimpananya akan turun yang tadinya dari 100% menjadi 80% atau 70%. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk merawat baterai kita.

Demikian informasi mengenai tips cara menghemat baterai HP agar lebih awet dan tahan lama yang bisa dipraktekan secara langsung. Semoga bermanfaat untuk lebih menghemat penggunaan baterai dan memperpanjang masa hidup baterai smartphone yang kamu miliki.

Comment

News Feed