by

Cara Melacak HP Android Agar Anti Maling Dan Aman Dengan Teknik Ini

Cara Melacak HP Android Dengan Google My DeviceSmartphone android sekarang ini dibekali dengan perlengkapan yang sangat canggih dimana kamu bisa melakukan semua hal dengan sangat mudah.

Setiap tahun Google sebagai pemegang brand Android melakukan update versi android dengan memberikan fitur android baru. Salah satu fitur Android tersebut pastinya berkaitan dengan keamanan.

Google tentunya berpikir sebagai raksasa teknologi yang ada di dunia, bahwa setiap pengguna android harus dilindungi dari resiko kehilangan smartphone misalnya. Nah, Goole khusus memberikan sebuah fitur dimana kita bisa mencari dan melacak HP android dengan cara yang mudah.

Salah satu layanan Google yang berguna dalam hal ini bernama Find My Device by Google. Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa sih pengertian dari Find My Device, cara menggunakan aplikasi ini seperti apa sih, dan bagaimana Find My Device bekerja.  

Apa Find My Device? Dan Bagaimana Cara Melacak HP Android?

Find My Device adalah sebuah layanan dan fitur kemanan yang dibuat oleh Google untuk mengetahui posisi dan lokasi smartphone kita. Bukan hanya melacak HP android sebenarnya, dengan menggunakan Find My Device kamu bisa melakukan lock dan juga erase data, alias mengunci dan juga menghapus data yang ada di smartphone kamu dari jarak jauh.

Find My Device sendiri termasuk ke dalam layanan Google yang bernama Google Play Protect, dimana layanan ini merupakan fitur yang berguna melindungi smartphone dari berbagai hal yang bisa mengancam keamanan smartphone, mulai dari konten, dan juga sampai pencurian smartphone yang bisa saja terjadi.

Perlu diketahui bahwa analogi dari Find My Device ini miri dengan beberapa pepatah yang sering kita dengar yaitu “sedia payung sebelum hujan”, dimana kita harus mempersiapkan terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan ini. Jadi apa saja yang harus dipersiapkan sih? Dan bagaimana cara melacak HP Android dengan menggunakan Find My Device?

Tenang kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya apa saja yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini.

Baca Juga Artikel: Cara Membuat akun Google Baru Di HP Android

Cara Kerja Dari Find My Device

Sebenarnya cara kerja dari sistem dan fitur yang diberikan ini cukup mudah, tentunya anda hanya membutuhkan akun Google saja, karena bahkan aplikasi ini juga tersedia untuk smartphone dengan OS IOS dan bukan hanya untuk sistem operasi dari Android saja.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipastikan agar kamu bisa menggunakan layanan Find My Device sehingga bisa mendapatkan cara melacak hp android dengan mudah:

  • Smartphone Android kamu harus dalam keadaan nyala.
  • Harus login dengan menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Smartphone juga harus terkoneksi ke layanan internet baik melalui mobile data maupun wifi.
  • Menggunakan layanan Google Play.
  • Layanan lokasi GPS harus menyala.

Dalam hal ini tentunya kita harus menggunakan layanan Find My Device ini jauh – jauh hari, dengan rencana adalah berjaga – jaga jika di suatu keadaan kita kehilangan smartphone kita. Jadi pertama tentunya kamu harus melakukan instalasi aplikasi ini.

Bagaimana caranya? Berikut kita akan mengetahui cara installnya untuk melacak hp android yang kamu miliki.

Cara Install Aplikasi Google Satu Ini

Cara instalasi find my device ini sangat mudah kamu hanya perlu untuk login dengan akun Google utama milik kamu. Hal ini sangat penting, karena jika memiliki banyak akun terkadang kita menjadi kebingungan untuk mencari akun mana yang digunakan. Jadi pastikan untuk menggunakan akun Google utama ya?

Setelah itu akses Google Play Store kemudian cari di kolom pencarian “Find My Device”.

Kemudian silakan install Google Find My Device dan tunggu proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai silakan untuk buka aplikasi tersebut.

Login dengan akun Google utama kamu, ingat untuk selalu menggunakan akun utama karena ini juga berpengaruh dalam pencarian smartphone jika sewaktu – waktu dibutuhkan. Kemudian ijinkan Google My Device untuk mengakses lokasi.

Dan selesai kamu sudah berhasil mempersiapkan cara untuk melacak HP android yang kamu miliki dengan menggunakan layanan keren dari Google.

Layanan ini juga akan menyertakan informasi smartphone mulai dari merk, IMEI, tanggal resgistrasi dan kapan terakhir kali online alias bisa dilihat oleh Find My Device. Selain itu kamu juga bisa kok menggunakan layanan ini dengan beberapa smartphone atau lebih dari satu dengan melakukan proses yang sama seperti yang ditunjukkan di atas.

Cara Melacak HP Android

Selanjutnya kita masuk ke cara melacak HP Android dengan layanan Find My Device jika smartphone kamu dirasa hilang, atau mungkin tertinggal di suatu tempat. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Dengan menggunakan laptop atau PC yang terhubung dengan internet bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Buka browser di PC atau Laptop dan pertama akses link ini.
  • Login dengan menggunakan akun Google utama yang sudah di daftarkan ke Find My Device di atas ya?
  • Dan otomatis kamu akan menemukan dimana lokasi smartphone, HP, ponsel kamu yang kemungkinan hilang, tertinggal, atau misal dicuri.

Jika memang keadaan tidak memungkinkan kamu bisa melakukan hapus data dan juga mengunci smartphone secara remote melalui PC dan Laptop yang kamu gunakan untuk mengakses Find My Device tersebut.

Baca Juga Artikel: Cara Menghapus Akung Google

Bukankah cukup keren fitur yang dimiliki oleh Google yang satu ini? Tidak ada salahnya juga kan kita berjaga – jaga untuk mencegah hal buruk terjadi, apalagi jika kamu menyimpan file penting di smartphone kamu.

Sekian informasi terkait cara melacak HP menggunakan Find My Device, semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam kegiatan sehari – hari. Jangan lupa share informasi ini agar teman kalian mendapatkan informasi ini juga ya?

Comment

News Feed