by

Jelang Pelantikan Presiden 2019: Foto Resmi, Antisipasi Dan Antiklimaks Demo, Hingga Sumpah Yang Akan Diucapkan

Jelang Pelantikan Presiden 2019Rentetan – Tanggal 20 Oktober 2019 mendatang adalah sebuah momen yang cukup penting bagi negara Indonesia.

Presiden dan wakil presiden yang terpilih melalui pemilihan langsung 2019 yang lalu akan dilantik secara resmi pada hari Minggu (20/10/2019), di gedung DPR/MPR, Jakarta.

Beberapa berita terkait pelantikan Presiden ini pun mencuat dengan berbagai kabar mengenai foto resmi presiden yang sudah dirilis oleh setneg, kemudian antiklimaks demo dan juga antisipasi demo, dan rencana jalannya rangkaian acara pelantikan presiden mendatang.

Foto Resmi Presiden Jokowi Ma’ruf

Pihak instana resmi memperkenalkan dan mengeluarkan foto resmi capres dan cawapres Indonesia terpilih periode 2019 – 2024. Seperti dapat dilihat di website resmi setneg, foto tersebut memperlihatkan capres dan cawapres yang akan dilantik pada hari minggu (20 Oktober 2019) mendatang.

Di website Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia termpampang halaman yang menunjukkan surat edaran sosialisasi foto resmi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019 – 2024.

Terdapat berbagai pilihan ukuran foto yang bisa dipilih mulai dari A3, sampai ukuran A2. Kementrian Sekretariat Negara juga menyampaikan masyarakat luas bisa mendapatkan file resmi berupa file cetak dengan menghubungi langsung melalui email, telepon, dan juga kontak lainnya.

Antisipasi dan Antiklimaks Demo Saat, Jelang Pelantikan Presiden

Sebelum pelantikan Presiden ini digelar terdapat beberapa pernyataan dari Kepolisian terkait dengan antisipasi Demo.

Seperti dilansir dari CNN (17/09/2019), Kapolri menyampaikan bahwa pihakya menerima info dari Intelejen bahwa Demo berpotensi Anarki.

Kapolri Jendral Tito Karnavian menyampaikan “Kami akan lihat ini akan potensinya tidak aman, kami tidak akan terbitkan, sehingga bila tetap dilakukan kami akan bubarkan dulu sebelum dia berubah dari crowd menjadi anarki”

Baca Juga: Dibalik 98: Perjuangan Mahasiswa

Dari pernyataan Tito, surat izin demo tidak akan keluar sehingga massa yang berkumpul jelang pelantikan presiden 2019 akan segera dibubarkan dengan alasan bisa berubah menjadi anarki. Dengan begitu nama baik Indonesia juga akan terjaga. Tito juga menilai kerusuhan yang terjadi malah akan mencoreng nama baik Indonesia di mata internasional dan dunia.

Selain itu Tito juga menyampaikan jelang pelantikan presiden 2019 bahwa mendapatkan informasi dari Intelejen bahwa demo akan berakhir dengan kerusuhan. Seperti kejadian di akhir bulan September dimana demo diseputaran gedung DPR berakhir rusuh, dengan berkaca dari kejadian itu pihak kepolisian tidak mau mengambil resiko yang lebih.

Sementara itu gelombang demo dan protes mahasiswa memang dikabarkan turun drastis di beberapa waktu jelang Pelantikan Presiden 2019 ini. Menurut CNN, antiklimaks demo yang terjadi disebabkan karena berbagai aksi represif pihak keamanan dan juga larangan serta sanksi yang diberikan oleh beberapa kampus. Hal ini dianggap oleh mahasiswa sebagai sebuah serangan psikologis bagi gerakan protes mahasiswa.

Rangkaian Acara Pelantikan Presiden 2019

Pelantikan Presiden 2019 akan dimulai pukul 14.30 WIB pada hari Minggu (20/10/2019) di gedung MPR RI, Jakarta. Diperkirakan rangkaian Acara pelantikan akan digelar dengan 4 tahap utama, yang diatur di pasal 162 ayat (1) UU Nomor 42 Tahun 2003. Dimana akan meliputi sumpah berdasarkan agamanya dihadapan sidand paripurna MPR, pengucapan janji/sumpah sesuai dengan undang – undang.

Kemudian aka nada acara pidato sebagai presiden terpilih 2019 – 2024, dan sebelum pidato berlangsung akan ada pertukaran tempat duduk wakil presiden dimana Ma’aruf Amin akan menggantikan wakil presiden sebelumnya Jusuf Kalla.

Kemungkinan seluruh rangkaian acara Pelantikan Presiden 2019 akan disiarkan secara langsung pada hari minggu mendatang.

Comment

News Feed