by

Musim Hujan Mundur Hingga Januari Tahun Ini

Saat ini wilayah Indonesia masih belum mendapatkan hujan yang merata di seluruh area. BMKG cuaca menunjukkan bahwa musim hujan kemungkinan akan tertunda untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Kabar BMKG cuaca sendiri memperkirakan bahwa musim penghujan akan terjadi di 342 Zona Musim (ZOM). Di bulan Oktober diperkirakan ada 69 area yang mulai hujan. 47.1%, atau sebanyak 161 ZOM kemungkinan baru memasuki musim penghujan pada bulan November. Sejumlah wilayah di Indonesia kemungkinan baru memasuki musim penghujan pada Januari hingga Maret. Sedangkan di bulan Desember, ada 79 ZOM yang baru mendapatkan hujan. Puncak musim hujan di Indonesia kemungkinan akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari.

Baca juga:

Cara Memainkan Headquiz Filter Instagram Karya Anak Bangsa Yang Unik

Cara Melacak HP Android Agar Anti Maling Dan Aman Dengan Teknik Ini

Difteri Pada Anak: Gejala dan Cara Penanganan Yang Tepat

Datangnya musim hujan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dari hasil pengamatan BMKG menunjukkan bahwa El Nino yang biasanya membawa uap air ke wilayah nusantara ini berada dalam kondisi lemah. Namun efek dari El Nino lemah ini cenderung bervariasi  di berbagai wilayah.

Namun datangnya awan hujan dari Samudera Hindia sepertinya berada dalam kondisi normal. Kondisi awan Monsoon Asia-Australia juga menjadi salah satu alasan mundurnya awal musim hujan tahun ini. Kondisi Monsun Asia yang lemah dibandingkan Monsun Australia menyebabkan awan  hujan sulit terbentuk. Namun, kemungkinan kondisi Monsun dapat menguat pada November hingga Desember.

Di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa, awal musim hujan terjadi pada November. Sedangkan beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan sudah memasuki musim penghujan di bulan Oktober ini.

Sebelum memasuki musim hujan, sebaiknya  kamu mulai mempersiapkan beberapa hal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mulai dengan membersihkan saluran air dan gorong-gorong. Sampah yang menumpuk dapat beresiko menyebabkan banjir saat musim hujan.

Selain itu, kamu juga bisa menyngkirkan barang-barang yang bisa menampung air. Hal ini untuk menghindari mewabahnya demam berdarah yang seringkali terjadi di musim penghujan. Periksa juga kondisi rumah dari kebocoran. Tetesan air hujan bisa menyebabkan konsleting yang dapat memicu kebakaran. Jadi pastikan kamu sudah mempersiapan semuanya sebelum musim mulai berganti.

Comment

News Feed