by

Penyakit Autoimun yang Diidap Ashanty, Ini Penjelasannya

Kabar buruk datang dari salah satu selebritis Indonesia, Ashanty, yang divonis mengidap penyakit autoimun. Kini Ashanty tengah menjalani pengobatan sebelum dilakukan proses terapi selanjutnya. seperti apa penyakit ini dan bagaimana ciri-ciri penyakit autoimun ini? Berikut penjelasannya.

Penyakit autoimun adalah kondisi yang terjadi ketika sistem pertahanan alami tubuh tidak dapat membedakan sel-sel Anda sendiri dan sel-sel asing, menyebabkan tubuh secara keliru menyerang sel-sel normal. Ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang memengaruhi berbagai bagian tubuh.

Gejala penyakit ini berbeda-beda pada setiap orang yang berpotensi mengidapnya. Ciri-ciri penyakit autoimun berhubungan dengan banyak faktor yang meliputi genetika, lingkungan dan kesehatan pribadi.

Meskipun ada berbagai jenis penyakit ini, sebagian besar memiliki gejala yang sama. Gejala dan ciri-ciri penyakit autoimun meliputi:

  • Kelelahan
  • Nyeri sendi dan pembengkakan
  • Masalah kulit
  • Nyeri perut atau masalah pencernaan
  • Demam berulang
  • Kelenjar bengkak

Penyebab penyakit ini hingga saat ini masih belum dapat dipastikan, tetapi beberapa teori menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dapat menyerang tubuh setelah infeksi atau cedera. Namun ada faktor-faktor risiko tertentu yang dapat meningkatkan kemungkinan gangguan autoimun, seperti:

  • Genetika : Gangguan tertentu seperti lupus dan  multiple sclerosis  (MS) cenderung menurun dalam keluarga.
  • Berat badan : Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis atau radang sendi psoriatik. Ini bisa jadi karena berat badan yang lebih banyak memberi tekanan lebih besar pada persendian atau karena jaringan lemak membentuk zat yang dapat memicu peradangan.
  • Merokok : Penelitian telah mengaitkan merokok dengan sejumlah penyakit autoimun termasuk lupus, rheumatoid arthritis, hipertiroidisme, dan MS.
  • Obat-obatan tertentu : Obat-obatan tekanan darah atau antibiotik tertentu dapat memicu lupus yang diinduksi oleh obat, yang seringkali merupakan bentuk lupus yang lebih jinak. Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk menurunkan kolesterol juga dapat memicu miopati yang diinduksi statin. Miopati adalah penyakit langka yang menyebabkan kelemahan otot.

Jika kamu mengalami gejala yang mirip dengan ciri-ciri penyakit Ashanty diatas, jangan langsung menyimpulkan bahwa kamu mengidap penyakit tersebut. Konsultasikan keluhan kesehatan kamu pada ahlinya.

Dengan menjalankan pola hidp yang sehat dan seimbang juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit ini. Jadi mulai perbaiki gaya hidup kamu dan mulailah menjalani pola hidp yang lebih sehat.

Comment

News Feed