by

11 Stadion Sepakbola Populer Di Dunia, No.9 Paling Unik

11 Stadion Sepakbola Populer Di Dunia, No.9 Paling Unik- Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di dunia. Untuk mendukung penggemar olahraga yang terus bertambah, stadion sepakbola dibangun menjadi lebih besar dan lebih baik. Bahkan beberapa stadion ini mendapatkan julukan dari mulai stadion terbaik di dunia hingga terunik di dunia. Berikut Rentetan mempersembahkan 11 stadion yang terkenal di dunia.

1. Camp Nou (Nou camp)

Stadion Camp Nou merupakan markas dari klub sepak bola Barcelona dan menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Camp Nou menjadi stadion terbesar di dunia karena daya tampungnya yang mencapai 99,354 penonton. Bahkan sebelum area penonton yang berdiri dipindahkan, stadion ini mampu menampung hingga 122,000 penggemar

Kini Camp Nou sedang menjalani proses rekonstruksi tahap pertama. Tingkat teratas akan segera diperluas ke seluruh stadion. Atap akan ditambahkan untuk menutupi semua kursi. Semua fasilitas stadion sepak bola akan direnovasi. Kapasitasnya akan sedikit meningkat dengan perkiraan daya tampung 105.000 kursi. Proses rekonstruksi ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2021 nanti.

2. Signal Iduna Park (Westfalenstadion)

Stadion terbesar di dunia lainnya adalah Signal Iduna Park yang memiliki kapasitas 81.360 penonton (berdiri dan duduk). Stadion yang terletak di Dortmund, Rhine-Westphalia Utara, Jerman ini merupakan markas dari klub Borussia Dortmund. Bagian terbesar dari stadion ini adalah di bagian selatan yang dapat menampung hingga 24,454 penggemar.

3. Stadion San Siro

Kamu semua pasti tahu klub yang menjadi penunggu stadion ini bukan. Stadion San Siro ini merupakan Stadion Ac Milan. Berlokasi di Italia, stadion ini dapat menampung hingga 80,018 penonton.

San Siro merupakan stadion yang mengesankan dari segi ukuran dan desain arsitekturnya. Menara silindris yang ditambahkan pada tahun 90-an membuat San Siro terlihat seperti semacam pesawat ruang angkasa.

4. Anfield

Stadion dari klub Liverpool ini berlokasi di Anfield, Liverpool, Inggris dan memiliki kapasitas 54,074 kursi. Stadion sepak bola Anfield terkenal dengan suasananya yang mengagumkan dan tempatnya para penggemar berat Liverpool. Rekor tak terkalahkan terlama Liverpool di stadion Anfield adalah 85 pertandingan yang bertahan dari Januari 1978 hingga Januari 1981. Selama periode itu, Liverpool mencetak 212 gol dan kebobolan 35. Kekalahan terburuk beruntun Liverpool di Anfield adalah tiga pertandingan.

5. Santiago Bernabeu

Dengan kapasitas 81.044 kursi, Stadion sepakbola Santiago Bernabeu merupakan stadion terbesar ke-4 di Eropa (berdasarkan kapasitas) dan stadion pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah Kejuaraan Eropa UEFA dan final Piala Dunia FIFA. Tdak aneh jika klub Real Madrid betah bermain disini.

6. The Allianz Arena

Markas Bayern Munich ini adalah stadion pertama di dunia dengan eksterior penuh warna dan terkesan modern. Panel warna ini dapat berubah-ubah, menyala merah untuk pertandingan Bayern Munich, biru untuk pertandingan TSV Buchbach, dan putih untuk pertandingan tim sepak bola nasional Jerman. Stadion ini juga dapat menampilkan warna lain. Sayangnya, tampilan warna-warna ini mengganggu pengemudi dan menyebabkan kecelakaan di jalur Autobahn A9 di dekatnya. Oleh karena itu, Polisi Munich menegaskan agar stadion ini hanya menggunakan pencahayaan satu warna saja.

Allianz Arena menggunakan berbagai teknologi terbaru untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Bagian tribun dilengkapi pemanas dan pendingin udara, dan ada fasilitas pendukung untuk penonton yang memiliki disabilitas. Allianz Arena memiliki kapasitas hingga 75,000 penonton. Namun, kapasitasnya bertambah 9,000 kursi sejak 2005.

7. Stadion San Mamés

Stadion sepakbola yang menjadi rumah untuk tim Atletic Bilboa ini memiliki kapasitas 53,000 kursi. Keunikan yang dimilikinya mirip dengan Allianz Arena di Munich, Jerman. Saat sebuah gol tercipta, lampu stadion akan menyala kelap-kelip.

8. Arena AufSchalke (Veltins-Arena)

Stadion ini dapat menampung 62,271 (berdiri dan duduk) untuk pertandingan liga dan 54.740 (hanya duduk) untuk pertandingan internasional. Bertempat di Gelsenkirchen, Rhine-Westphalia Utara, Jerman, stadion ini menjadi rumah untuk tim sepakbola. Uniknya, dibawah stadion ini terdapat terowongan tambang yang berada di kedalaman 800 meter loh.

The Veltins-Arena juga memiliki lapangan slide yang dapat dipindahkan masuk dan keluar dari stadion dalam waktu 4 jam. Jadi rumput dapat tumbuh normal dan tidak mengalami kerusakan saat stadion digunakan untuk acara lain seperti konser.

9. Ottmar Hitzfield Gspon Arena – Zermatt Swiss

Stadion Ottmar Hitzfeld dibangun tepat di tengah-tengah Pegunungan Alpen, tepatnya di tepi pegunungan dekat kota Zermatt Swiss. Lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan hanya bisa dicapai dengan kereta gantung. Unik ya!

10. Igralište Batarija Football Stadium – Trogir, Croatia

Stadion sepak bola Igraliste Batarija terletak di antara dua situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Kastil Kamerlengo dan menara St. Marco.

11. Municipal Stadium of Braga

Terakhir dari 11 Stadion Sepakbola adalah Stadion Municipal Braga yang dibangun di sisi tambang tempat granit untuk membangun stadion berasal. Gagasan hebat ini datang dari arsitek Eduardo Souto de Moura. Berkat kreasinya ini, ia memenangkan hadiah Pritzker untuk arsitektur pada 2011. Meskipun hanya memiliki dua sisi untuk penonton, stadion ini dapat menampung 30.154 pengunjung.

Itulah 11 stadion sepakbola yang unik, modern, hingga yang mendapat julukan stadion terbaik di dunia. Stadion mana yang ingin kamu kunjungi?

Comment

News Feed