by

Info CPNS Terbaru Yang Wajib Kamu Tahu

Pihak BKN (Badan Kepegawaian Nasional) telah mengumumkan info CPNS terbaru. Salah satunya adalah website CPNS yang sedang dipersiapkan untuk memudahkan para pelamar melakukan registrasi CPNS secara daring.

Mohammad Ridwan, sebagai Kepala Biro Humas dari BKN mengungkapkan bahwa pihak lembaga tengah mempersiapkan dua infrastruktur yang akan digunakan dalam penerimaan CPNS kali ini. Yang pertama adalah sistem registrasi CPNS online dan yang kedua adalah website CPNS.

Portal website CPNS kali ini diberi nama SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara). Kamu bisa mengaksesnya melalui sscasn.bkn.go.id. Para calon pelamar bisa mendaftarkan diri melalui portal ini.

Pemerintah menyampaikan info CPNS terbaru ini akan dibuka pada minggu ke-4 bulan Oktober ini. Sedangkan pendaftarannya akan dimulai pada November tahun ini. Formasi yang ditawarkan pun diperkirakan akan mencapai angka 197,111 lowongan. Lowongan tersebut akan terbagi untuk Kementerian/Lembaga sebanyak 37,854 formasi. Sedangkan sisanya, 159,257 formasi dikhususkan untuk kebutuhan daerah.

Rincian mengenai info CPNS terbaru, khususnya posisi yang dibutuhkan belum dapat diumumkan hingga saat ini. Penyebabnya antara lain karena pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 baru saja usai, sehingga formasi dari setiap lembaga Kementerian harus disesuaikan dengan susunan kabinet yang baru.

Selain itu, proses seleksi CPNS kali ini telah ditetapkan. Jadi waktu yang diperlukan tidak dapat dipersingkat. Ridwan mengungkapkan bahwa pengumuman info CPNS terbaru dilakukan selama 15 hari, registrasi CPNS akan dilakukan selama 10 hari secara daring. Perihal lainnya akan disesuaikan dengan Peraturan pemerintah No.11 Tahun 2017.

Kendala lainnya yang menghambat info CPNS terbaru ini adalah penyaluran dana Kementerian, Lembaga, dan Daerah telah dialokasikan untuk kegiatan lain yang laporannya harus selesai pada pertengahan Desember 2019. Untuk persiapan pembukaan CPNS kali ini, 541 lembaga kementerian harus menjalani proses pelatihan dan input data formasi yang dibutuhkan ke dalam sistem daring terbaru.

Yang terakhir, beberapa wilayah di Indonesia Timur akan mendapatkan libur lebih lama pada akhir tahun ini. Wilayah-wilayah seperti Maluku, Papua, dan NTT akan mendapatkan jatah libur Natal lebih lama. Karenanya, proses rekrutmen CPNS tidak dapat dipercepat.

Agar masyarakat mendapatkan info CPNS terbaru dari sumber yang terpercaya, Ridwan menghimbau agar terus memeriksanya langsung melalui laman bkn.go.id. Jangan mudah percaya dengan berbagai informasi yang beredar seputar pembukaan CPNS. Nantikan terus informasi CPNS terbaru dari rentetan.com.

Comment

News Feed