by

7 Pemain Sepak Bola Tertua di Dunia Yang Pernah Ada

Sepak bola mungkin merupakan olahraga tim paling populer di dunia dan para pemain sepak bola biasanya mengembangkan penggemar yang luas. Karier pemain sepakbola profesional bisa sangat menguntungkan, tetapi cenderung hanya bertahan selama sekitar delapan tahun, dengan  usia pensiun rata-rata adalah 35 tahun.

Semua pemain dalam daftar ini jauh melebihi panjang karir rata-rata pemain lainnya dan terus bermain dengan baik hingga mencapai usia 40-an. Pemain tertua di daftar ini saat ini masih aktif dan mungkin akan memegang rekor sebagai pemain sepak bola tertua selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. John Burridge

John Burridge adalah salah satu pemain sepak bola tertua di Inggris dan  memegang rekor bermain di 15 tim di Liga Sepakbola Inggris. Selama karirnya yang sejak 1969 – 1997, Burridge bermain di 771 pertandingan liga di liga Inggris dan Skotlandia.

Dari 1993 – 1997, Burridge terus bermain sebagai penjaga gawang untuk tim mana pun yang meminta jasanya, meski berusia 40-an. Selama ini, ia biasanya hanya bermain satu atau dua pertandingan dengan klub-klub sepakbola ini sebagai penjaga gawang darurat.

Ketika Burridge bermain untuk Manchester City pada tahun 1994, ia menjadi pemain tertua yang muncul di Liga Premier pada usia 43 tahun. Sejak pensiun sebagai pemain, Burridge telah bekerja sebagai pelatih untuk berbagai klub dan dianggap berjasa karena menemukan kiper internasional berbakat dari Oman, Ali Al -Habsi saat dia berusia 16 tahun.

2. Faryd Mondragón

Faryd Mondragón terkenal karena menjadi  pemain sepak bola profesional tertua yang tampil dalam pertandingan Piala Dunia FIFA  – ia bermain di Piala Dunia FIFA 2014 pada usia 43, dan akhirnya pensiun setelah Kolombia tersingkir di perempat final. Sebelum pensiun, Mondragón adalah anggota aktif terakhir dari generasi emas 1990-an sepakbola Kolombia, selain Mario Yepes.

Dia berkompetisi sebagai anggota tim nasional Kolombia di Olimpiade Musim Panas 1992 serta Piala Dunia FIFA 1994 dan 1998. Pada 2010, ia bergabung kembali dengan tim nasional Kolombia dan merupakan satu-satunya pemain Kolombia yang berpartisipasi dalam lima kampanye kualifikasi Piala Dunia FIFA. 

3. Marco Ballotta

Marco Ballotta adalah pemain Italia tertua kedua yang kariernya membentang hingga lebih dari 25 tahun. Dia juga  pemain tertua yang muncul di Serie A (Italia) dan Liga Champions . Ballotta muncul di 138 pertandingan Serie A dan sebagian besar bermain untuk klub sepak bola, Lazio.

Pada tahun 2007, pada usia 43, Ballotta menjadi pemain sepak bola tertua yang bermain dalam turnamen Liga Champions. Rekornya ini melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Alessandro Costacurta yang berusia 40 tahun. Ballotta pensiun dari karir profesionalnya pada 2008 setelah kontraknya dengan Lazio berakhir, meskipun ia masih berminat untuk terus bermain. 

Artikel lainnya:

4. Aleksandar Duric

Aleksandar Duric adalah mantan pemain profesional kelahiran Yugoslavia, yang terkenal karena menjadi striker yang hebat dan bermain untuk berbagai klub sepak bola di Singapura. Dia juga salah satu pemain sepak bola tertua yang pernah pensiun pada usia 44 tahun. Competuric berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 1992 dalam acara kano C-1 500 m dan setelah Olimpiade, dia kembali berkarir di sepakbola yang telah dimulai awal tahun tersebut di Hungaria.

Dia pertama kali menandatangani kontrak dengan S.League (Singapura) pada tahun 1999 dan akhirnya menjadi  top skorer sepanjang masa liga. Dia bermain untuk berbagai tim di S.League hingga akhir karirnya sebagai pemain pada 2014 – Duric mengatakan bahwa dia akan terus terlibat dengan sepak bola Singapura sebagai pelatih. 

5. Andrea Pierobon

Andrea Pierobon  memegang rekor sebagai pemain sepak bola Italia tertua. Dia memiliki karir sebagai kiper yang membentang hampir 30 tahun. Tim terakhir yang dimainkan Pierobon adalah Cittadella, yang juga merupakan tim pertama yang mengontraknya ketika ia memulai karir profesionalnya.

Saat bermain untuk Cittadella sebelum pensiun pada 2015, rekan satu tim Pierobon menjulukinya “Nonno”, bahasa Italia untuk kakek. Dalam salah satu wawancara terakhirnya sebagai pemain aktif, Pierobon mengatakan bahwa ia memiliki rencana untuk menggunakan pengalamannya selama bertahun-tahun untuk membimbing para pemain muda dan menjadi pelatih. 

6. Stanley Matthews  

Stanley Matthews dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik Inggris dan hingga Kazuyoshi Miura memecahkan rekornya pada tahun 2017. Matthews adalah pemain sepakbola profesional tertua yang pernah bermain olahraga dan berhasil mencetak gol.

Ia memainkan pertandingan terakhirnya pada tahun 1965. Di tahun yang sama, ia menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang pernah dianugerahi gelar bangsawan (untuk pelayanannya pada dunia sepakbola).

Setelah ia pensiun sebagai pemain, Matthews mencoba menjadi pelatih dan hal yang paling menonjol yang ia lakukan saat menjadi pelatih adalah membentuk timnya dari pemain sepakbola berkulit hitam di Soweto, Afrika Selatan pada 1975. 

7. Kazuyoshi Miura    

Kazuyoshi Miura saat ini adalah pemain sepakbola tertua pada usia 50 dan sepertinya ia akan memecahkan rekor ini lagi tahun depan karena ia telah  menandatangani perpanjangan satu tahun pada kontraknya dengan timnya saat ini, Yokohama FC .

Miura, yang akrab disapa Kazu, memulai karir sepakbolanya pada tahun 1986 dan mulai terkenal pada awal 1990-an, menjadikannya superstar sepak bola pertama Jepang. Dia adalah pemain Jepang pertama yang menerima penghargaan Pemain Terbaik Asia tahun 1993, yang dipersembahkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia.

Pada awal Maret 2017,  Kazu menjadi pemain sepak bola profesional tertua yang mencetak gol kompetitif, mencetak satu-satunya dan mencetak gol kemenangan dalam pertandingan Yokohama FC melawan Thespakusatsu Gunma.

Comment

News Feed