by

Hari Santri, Sejarah Semangat “Jihad” Hingga Aplikasi Islami KESAN Untuk Para Santri

Hari Santri, Sejarah Semangat “Jihad” Hingga Aplikasi Islami Untuk Para SantriRentetan.com – Hari ini (Selasa, 22/10/2019) dikenal sebagai sebuah hari Santri seperti yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 yang lalu.

Seorang pahlawan Indonesia KH. Hasyim Asy’ari yang juga dikenal sebagai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) menyerukan kepada seluruh umat islam di tahun 22 Oktober 1945 untuk berperang melawan sekutu yang ingin menjajah kembali Indonesia.

Semangat ini menggugah sekaligus membakar semangat perjuangan rakyat Indonesia dimana pada saat itu baru merdeka di usia yang cukup muda. Sebenarnya ini merupakan sebuah langkah positif dari Jokowi karena membuka lembaran baru dimana sebelumnya di masa Orde Baru bahkan tidak pernah menyebutkan mengenai perjuangan ulama dan juga kaum santri sebelumnya.

Hari Santri Dan Pertempuran 10 November

Perjuangan Santri yang pada waktu itu ingin turut serta dalam perjuangan mempertahankan sejarah sangat lekat dengan peristiwa pertempuran yang terjadi di Surabaya dimana Bung Tomo menjadi orator yang membakar semangat rakyat pada waktu itu.

Pada tanggal 15 September 1945 tentara Inggris yang mendarat di Jakarta dengan memiliki dalih untuk membebaskan semua tahanan perang dari Jepang dan ingin melucuti senjata para tantara Jepang. Ternyata pasukan Belanda (NICA) ikut membonceng bersama rombongan dan berusaha merebut kembali Indonesia sebagai jajahan mereka.

Kemudian di tanggal 22 Oktober 1945 dimana sekarang dijadikan sebagai Hari Santri Nasional ini KH. Hasyim Asy’ari menyerukan kepada seluruh masyarakat umat untuk ikut berperang “berjihad” melawan sekutu yang tentunya disambut positif oleh umat dengan membantu pemerintah Indonesia.

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan setelah kondisi tegang dimana sebelumnya terjadi insiden Hotel Yamato dimana terjadi dan dikenal sebagai perobekan bendera belanda menjadi bendera merah putih.

Bahkan santri membantu dalam peperangan yang dalam sebuah film diperankan bahwa Jendral Mallaby ditembak dan dihabisi oleh seorang santri. Penyebab gugurnya Jendral Mallaby inilah yang memicu perang besar – besaran yang terjadi pada 10 November 1945, dimana tantara Indonesia dengan bantuan sukarela dari masyarakat dan juga santri memperjuangkan Indonesia dengan semboyan “Merdeka Atau Mati

Dengan adanya sejarah ini Presiden Jokowi di tahun 2015, juga mengesahkan bahwa pada setiap 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Indonesia. Sejarah Hari Santri dimulai dari perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan dimulai dari seruan kepada masyarakat Indonesia untuk membantu ikut berjuang berperang melawan sekutu.

Rangkaian Acara Dan Juga Peringatan Yang Meriah

Di masa sekarang peringatan untuk memperingati Hari Santri menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh para santri. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada hari santri. Beberapa ada yang menggunakannya untuk mengadakan pengajian akbar. Kemudian ada juga beberapa acara pertunjukan seni islami.

Kemudian NU yang bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengadakan sebuah tournament yang bernama Liga Santri Nusantara, dimana diikuti oleh para santri di seluruh Indonesia. Diharapkan dari adanya tournament seperti ini akan mampu mengeluarkan bibit – bibit unggul untuk lebih memperkuat sepak bola Indonesia.

Sementara itu dilansir dari tribun, beberapa santri yang ada di Jombang juga mengadakan sebuah acara yang bertajuk kemah bersama. Semua ini bisa terjadi karena Hari Santri yang diawali dengan perjuangan pahlawan terdahulu yang coba bertarung dan berjihad melawan penjajah.

Apresiasi yang cukup besar dari pemerintah Indonesia kepada seluruh santri yang ada di Indonesia tepatnya pada 22 Oktober menjadi peringatan Hari Santri Nasional.

Aplikasi Islami Santri (KESAN) Di Era Modern

Selain itu di Hari Santri Nasional ini terdapat berita yang cukup menarik untuk dilihat juga, salah satunya adalah meluncurnya sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendukung pembelajaran para Santri di Era modern ini.

Aplikasi Islami Santri ini diberi nama dengan KESAN yang merupakan singkatan dari Kedaulatan Santri. Menurut Hamdan Hamedan yang merupakan CEO dari KESAN, Selain adanya Alquran, terdapat beberapa fitur lain seperti Jadwal Salat, dan Arah Kiblat, Kitab Kuning, Hadist Harian, dan Shalawat.

Selain itu menurut CEO juga, bahwa KESAN yang merupakan Aplikasi Islami Santri ini juga tidak menampilkan iklan yang biasanya ada di beberapa aplikasi Android gratisan lainnya dengan tujuan untuk menambah dan menjaga kekhusyukan para pengguna.

Aplikai ini sebenarnya sudah diluncurkan pada bulan Mei 2019 yang lalu, dimana pertama kali aplikasi ini ditujukan untuk pengguna sistem operasi Android.

Sejak pertama kali dirilis hingga sekarang KESAN sudah didownload dan diunduh sebanyak 25ribu kali yang mana sangat banyak pengguna yang tertarik menggunakan aplikasi islami santri yang satu ini.

Di Hari Santri Nasional ini juga Aplikasi ini turut menghadirkan versi IOS yang dulunya belum pernah ada. Sekarang pengguna smartphone Android dan IOS bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah.

Dilansir dari detik.com, pengasuh Ponpes Darul Hijroh Buntet Pesantren, Nemi Mu’tasim Billah menyambut dengan positif dari aplikasi yang satu ini. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan sangat membantu kehidupan Santri di pondok bahkan untuk alumni.

Nemi juga menambahkan bahwa ada baiknya jika fitur – fitur aplikasi ini bisa ditambah lagi untuk fasilitas pembelajaran yang lebih lengkap. Fitur yang perlu ditambah seperti kitab kuning sehingga akan lebih maksimal.

Selain itu Nemi juga mengingatkan bahwa aplikasi ini adalah pengingat dan kalau masalah untuk pembelajaran tentunya akan lebih baik jika dilakukan di pondok.

Cara Download Dan Install Aplikasi KESAN

Bagi anda yang ingin download aplikasi KESAN atau instalasi aplikasi KESAN ada dua cara pertama melalui Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Iphone, kemudian langsung donwload di website KESAN.

Untuk Pengguna Android:

  • Masuk ke Google Play kemudian ketik di kolom pencarian “KESAN”.
  • Setelah itu akan keluar aplikasi dengan nama Kedaulatan Santri – KESAN.
  • Pilih Install dan tunggu proses download dan instalasi selesai.
  • Setelah selesai anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan menikmati semua fitur yang disediakan.

Untuk Pengguna Iphone:

  • Sama halnya dengan pengguna Android silakan buka App Store, dan cari di kolom pencarian “KESAN”.
  • Akan keluar aplikasi dengan nama Kedaulatan Santri – KESAN.
  • Pilih “Dapatkan” kemudian klik “Install” kemudian tunggu beberapa saat sampai proses donwload dan instalasi selesai.
  • Setelah proses selesai anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan semua fitur yang ada.

Nah, itu dia artikel menarik yang pantas dibaca mengenai Hari Santri mulai dari sejarah perjuangan Santri hingga sekarang dengan teknologi yang diberikan untuk para Santri untuk belajar dan juga berkembang dengan lebih baik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed