by

8 Cara Mudah Untuk Mendapatkan jajanan Sehat Kaki Lima

Membeli makanan di jalan mungkin bisa beresiko menimbulkan penyakit. Penyakit yang kamu alami mungkin tidak akan langsung terasa. Jadi cobalah untuk memilih jajanan sehat yang tidak akan membuat kamu sakit. Di bawah ini kamu akan menemukan 8 cara mudah untuk mendapatkan jajanan sehat dari pedagang kaki lima.

Makanan kaki lima biasanya diolah berulang kali sehingga dapat berisiko pada kesehatan kamu. Tapi jika diolah dengan benar, kamu bisa menikmati jajanan sehat Diana pun kamu berada. Misalnya, makanan yang dimasak hingga 70 derajat Celcius dan dikonsumsi dalam keadaan panas memiliki sedikit atau tidak ada risiko terkontaminasi mikroorganisme patogen.

Risiko potensial makanan jalanan, menurut laporan Keamanan Pangan Internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Juni, 2010, meliputi yang berikut:

  • Kandungan tinggi bahan kimia beracun, residu pestisida, logam berat dan bahan tambahan makanan yang berbahaya seperti pewarna tekstil
  • Bakteri patogen seperti Salmonella, Staphylococcus aureas, Clostridium perfringens, dan Vibrio cholera
  • Kontaminan juga dapat berasal dari debu dan dari kendaraan yang lalu lalang

Artikel lainnya:

8 cara mudah untuk mendapatkan jajanan sehat kaki lima

Sebelum kamu membeli jajanan kaki lima, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Jangan memaksakan diri untuk membeli makanan yang tidak sesuai dengan kamu. Hal ini terutama berlaku jika kamu tidak terbiasa dengan makanan pedas.
  2. Ikuti kebiasaan masyarakat sekitar. Jika penduduk setempat menghindari penjual tertentu, kamu juga harus melakukannya. Setiap tempat yang ramai dan populer adalah pilihan yang aman jika kamu tidak tahu kebiasaan para pedagang makanan.
  3. Luangkan sedikit waktu untuk memperhatikan pedagang kaki lima yang membuat kamu untuk membeli dagangannya. Perhatikan kebiasaan mereka membersihkan peralatan atau kebiasaan menjaga makanan tetap tertutup, dan lainnya.
  4. Periksa warna minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan. Jika minyak keruh, atau memiliki serpihan-serpihan di dalamnya, itu adalah tanda-tanda bahwa minyak sudah digunakan berulang-ulang.
  5. Perhatikan apakah gerobak kotor, apakah ada sisa makanan yang menempel di permukaan gerobak atau peralatan.
  6. Hindari membeli apa pun yang disimpan dalam wadah(seperti jus buah) kecuali kamu yakin dengan kebersihan penjual saat mencuci wadah tersebut.
  7. Jika kamu membeli makanan dari penjual waralaba, kemungkinan besar penjualannya akan dikelola oleh pedang yang sudah dilatih tentang tata cara untuk menjaga kebersihan tempat berdagang.
  8. Hindari makanan apa pun yang tidak dimasak dengan matang karena bisa mengandung berbagai jenis parasit yang diketahui dapat merusak sistem pencernaan manusia.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan jajanan sehat dan pastinya bisa membuat kamu kenyang.

Comment

News Feed