by

Bu Susi Tak Lagi Jadi Menteri, Tak Ada Kapal Ditenggelamkan

Hari resmi diumumkan  2019-2026. Namun sosok Bu Susi tak muncul dalam acara pelantikan tersebut. Walau banyak yang mengungkapkan bahwa sosok Susi Pudjiastuti akan menjadi kandidat terkuat yang akan mempertahankan jabatannya, kenyataannya jabatan Menteri Perikanan beralih ke salah satu politisi Partai Gerindra, Edhi Prabowo.

Dalam masa jabatan sebelumnya, Bu Susi kerap mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang unik. Tapi hasilnya, Indonesia dpat menikmati hasil lautnya dengan maksimal.Mantan menteri “nyentrik” ini juga dikenal tegas dalam setiap pengambilan keputusan. Sehingga tidak aneh jika masyarakat merasa puas dengan kinerjanya.

Sebuah lembaga survey, Alcara Research Center, mengungkapkan bahwa Bu Susi mendapatkan kepuasan public atas kinerjanya sebesar 91.95%. Angka ini merupakan angka tertinggi yang didapatkan oleh seorang menteri.

Artikel menarik lainnya:

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk menjalankan kembali tugas sebagai Menteri Perikanan. Tapi jika pemilik Susi Air ini tidak terpilih dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, ia mengaku akan mencari pekerjaan lain.

Susi Pudjiastuti juga sempat meluncurkan bukunya yang berjudul “Transformasi Kelautan dan Perikanan”, yang berisi pencapaian yang dibuatnya selama masa jabatan pertama Presiden Joko Widodo.

Menteri yang gmar minum kopi ini mengatakan bahwa kementeriannya berhasil meningkatkan produk domestik bruto (PDB) perikanan hingga 50 persen dibandingkan periode sebelumnya. Peningkatan ini diraih hanya dalam waktu 4.5 tahun saja.

Data terakhir Kementerian mengungkapkan bahwa pertumbuhan PDB perikanan telah tumbuh menjadi 6,25 persen, yang berarti 29,39 persen lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang melihat PDB perikanan tumbuh 4,83 persen. Pertumbuhan ini melihat peningkatan PDB kuartal kedua 2019 menjadi Rp 62,24 triliun.

Susi Pudjiastuti juga menyebutkan bahwa nilai perdagangan nelayan terus tumbuh dari 106,41 persen pada 2015 menjadi 114,24 persen pada Agustus 2019. Hal yang sama berlaku untuk volume ekspor yang meningkat dari 4,45 persen menjadi 7,44 persen.

Setelah posisinya digantikan, apakah Edhy Prabowo bisa melanjutkan program-program yang telah dibuat oleh Susi Pudjiastuti? Kita hanya bisa berharap, kekayaan laut Indonesia masih dapat dinikmati oleh rakyat Indonesia selama negeri ini masih kokoh berdiri.

Comment

News Feed