by

Erick Thohir, Miliarder Yang Sukses Menjadi Menteri BUMN

Pagi tadi, Presiden jokowi resmi melantik jajaran menteri-menterinya untuk periode 2019-2024. Nama Erick Thohir muncul sebagai salah satu diantara jajaran menteri baru tersebut. Kini pengusaha tajir ini memang tanggung jawab sebagai Menteri BUMN.

Sebelumnya, pria kelahiran 1970 ini berperan sebagai tim sukses untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun, anak ketiga dari Mochammad Tedy Thohir ini memang memiliki bakat luar biasa dalam berbsnis. Sang kakak, Garibaldi Thohir, juga bergulat dalam dunia bisnis dan menjadi Dirut PT Adaro Energy Tbk.

Erick Thohir mulanya dikenal sebagai pengisaha di bidang media dan hiburan. Setelah mendirikan Mahaka Group, Erick mulai menorehkan namanya dalam industri penyiaran, penerbitan, periklanan, dan juga stasiun TV.

Langkahnya tidak berhenti disitu saja. pengusaha ini juga sangat tertarik dengan dunia olahraga. Di tahun 2013, Erick membeli sebagian saham dari klub sepakbola terkenal di dunia, Inter Milan. Ia memperoleh 70% saham Inter Mian yang dibelinya langsung dari tangan Massimo Moratti. Momen ini tentunya menjadi heboh. Terlebih setelah diketahui bahwa pembeli mayoritas saham tersebut adalah orang Indonesia.

Ini dia artikel menarik lainnya:

Apakah Erick puas setelah menguasai klub Inter Milan? Tentu saja tidak. Setelah menjual sebagian saham Inter Milan ke sebuah perusahaan Cina. Tapi Erick kembali membuat heboh setelah menjadi orang Indonesia pertama yang membeli sebuah tim NBA, Philadelphia 76ers.

Pengusaha ini juga merupakan pemegang saham mayoritas di tim MLS, DC United, dan merupakan pemilik bersama AirAsia Asean Basketball League, yang ia dirikan untuk mempromosikan olahraga di seluruh kawasan Asia. Ia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Bola Basket Indonesia, Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara dan Rekan pemilik tim bola basket lokal, Satria Muda dan Pejuang Indonesia.

Hingga saat ini, belum ditemukan informasi pasti mengenai jumlah seluruh kekayaan yang dimiliki Erick Thohir. Namun kemungkinan besar kekayaannya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan Boy Thohir yang pernah dinobatkan sebagai orang kaya urutan 37 di Indonesia versi majalah Forbes pada 2014 lalu.

Comment

News Feed