by

HFIS BPJS Permudah Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Sistem Informasi Fasilitas Kesehatan (HFIS BPJS) adalah platform yang dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial untuk meningkatkan akuntabilitas kontrak dan efisiensi sistem rujukan. HFIS BJS kesehatan dibuat agar setiap penyedia layanan kesehatan dan memberikan bantuan dengan efisien bagi para pengguna layanan BPJS kesehatan.

Sebelum HFIS, mekanisme kontrak dilakukan dan dipantau secara manual yang tidak hanya memakan waktu tetapi juga memicu ketidakpuasan dari penyedia. Rujukan dari satu fasilitas kesehatan ke fasilitas lain juga tidak didasarkan pada informasi yang cukup tentang ketersediaan spesialis medis atau fasilitas di rumah sakit rujukan.

Hal ini sering menyebabkan penolakan atau rujukan lebih lanjut karena rumah sakit rujukan sebelumnya tidak memiliki fasilitas atau kompetensi untuk merawat pasien yang dirujuk. HFIS BPJS kesehatan memungkinkan fasilitas kesehatan untuk mengajukan rujukan secara digital dan memantau respons dari penyedia layanan kesehatan yang dirujuk.

HFIS telah meningkatkan indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang dikaitkan dengan proses kontrak dan akses anggota ke informasi tentang ketersediaan ruang rawat inap. HFIS juga secara signifikan berkontribusi pada penguatan sistem rujukan. Selain itu, HFIS merupakan terobosan dalam hal penyediaan database tunggal lisensi praktik dokter dan fasilitas medis di 99 persen rumah sakit mitra.

Artikel menarik lainnya:

Untuk bisa menggunakan layanan HFIS BPJS kesehatan ini , kamu harus mempersiapkan beberapa hal. Yang pertama adalah koneksi internet dan peramban untuk mengakses situs BPJS Kesehatan karena HFIS merupakan aplikasi berbasis website.  Selanjutnya kamu melakukan pendaftaran dengan alur yang tersedia berikut ini:

  1. Melakukan pendaftaran – pendaftaran ini dilakukan oleh petugas BPJS di kantor cabang terdekat di wilayah kamu. Kemudian kamu akan memperoleh nama pengguna dan kata sandi yang dikirimkan melalui surel.
  2. Lakukan aktivasi akun kamu melalui tautan yang telah disediakan dalam surel yang kamu terima. Kemudian gunakan nama pengguna dan kata sandi diatas untuk mengakses HFIS BPJS dan mengisi informasi yang dibutuhkan.
  3. Data yang telah terisi melalui aplikasi HFIS BPJS ini selanjutnya akan diproses oleh pihak BPJS untuk proses credentialing. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui surel apabila proses ini selesai. Kamu juga bisa mengetahui status pendaftaran kamu melalui aplikasinya.
  4. Selanjutnya pihak BPJS akan memproses registrasi kamu untuk dibuatkan Perjanjian Kerja Sama.
  5. Setelah mendapatkan kontrak Perjanjian Kerja Sama, kamu akan memiliki akses ke aplikasi HFIS BPJS. Kamu bisa melihat data profil kamu dan juga mengajukan perubahan data jika informasi yang tercantum salah.

Comment

News Feed