by

Nama Menteri Kabinet Jokowi Terbaru Beserta Profil

Presiden Jokowi baru saja mengumumkan dan melantik kabinet terbarunya untuk periode 2019-2024. Siapakah yang akan menggantikan Menteri Susi? Siapakah Menteri Pendidikan selanjutnya? Berikut profil dan nama menteri kabinet Jokowi terbaru.

1. Mohammad Mahfud Md

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini kini dipercaya sebagai Menko Polhukam pada Kabinet Indonesia Maju Jilid 2. Sebelumnya, pria kelahiran Sampang ini pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan selama satu tahun dari 2000-2001. Kemudian ia menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan HAM.

2. Airlangga Hartarto

Pria yang ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian pada kabinet sebelumnya, Airlangga Hartanto, kini menjabat posisi Menko Perekonomian untuk periode 2019-2024. Ketua Partai Golkar ini mulai bergabung dengan Kabinet Menteri Presiden Jokowi pada 2016, menggantikan Saleh Husein dari Gerindra.

3.Muhajir Effendy

Muhadjir Effendy didaulat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2. Effendy juga adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Malang di Indonesia dari tahun 2000 hingga 2016. Selain itu Muhadjir adalah ketua Dewan Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Muhammadiyah.

4. Luhut Binsar Panjaitan

Luhut Pandjaitan seringkali diandalkan oleh Presiden Jokowi untuk mengisi kekosongan di berbagai posisi. Kali ini, pensiunan TNI dengan pangkat terakhir Purnawirawan Letnan Jenderal ini, dipercaya sebagai Menko Maritim dan Investasi.

5. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang politisi Indonesia kelahiran 17 Oktober 1951. Ia juga adalah seorang pengusaha dan mantan letnan jenderal Angkatan Darat yang saat ini didapuk menjadi Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

6. Pratikno

Pratikno adalah politisi dan akademisi Indonesia yang saat ini menjabat Menteri Sekretariat Negara Indonesia. Pria kelahiran Bojonegoro ini juga adalah Rektor Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Indonesia.

7. Tito Karnavian

Orang nomor 1 di Kepolisian RI ini kini resmi menjadi Menteri Dalam Negeri untuk Kabinet baru. Posisinya sebagai Kapolri saat ini digantikan oleh Ari Dono Sukamto. Prestasinya terbilang luar biasa sejak ia bergabung dengan kepolisian. Sebut saja dengan keberhasilannya membongkar sindikat teroris Azahari husin di Batu. Ia juga sempat memimpin Densus 88. Namun namanya juga sempat terseret dalam kasus “Buku Merah”, yang melibatkan Basuki Hariman.

8. Retno Lestari Marsudi

Wanita yang lahir pada 27 November 1962 ini mendapatkan kepercayaan Presiden Jokowi untuk memegang jabatan Menteri Luar Negeri. Ia sebelumnya adalah Duta Besar Indonesia untuk Belanda dari 2012 hingga 2014, serta Duta Besar untuk Islandia dan Norwegia dari 2005 hingga 2008.

9. Fachrul Razi

Presiden Jokowi memberikan tugas Menteri Agama pada Fachrul Razi. Setelah pensiun dari dinas aktif, Razi diangkat sebagai presiden komisaris di perusahaan akuakultur Central Proteina. Pada 2015, ia juga ditunjuk untuk menempati posisi di perusahaan milik negara PT Antam. Selain itu, ia juga menjabat sebagai presiden komisaris di Toba Sejahtera Group, yang merupakan milik Luhut Binsar Pandjaitan.

Razi menjadi salah satu pendiri Partai Nurani Rakyat (Hanura) pada tahun 2006 dan dalam pemilihan presiden Indonesia 2009 , Razi mendukung Jusuf Kalla – Wiranto. Ia kemudian mendukung keberhasilan Joko Widodo dalam pemilihan presiden Indonesia 2014, dan menjadi penasihat pertahanan selama pembangunan kabinet baru.

10. Yasonna Laoly

Nama menteri kabinet Jokowi terbaru selanjutnya adalah Yasonna Laoly yang diberikan mandat oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk periode 2019-2024. Dalam periode sebelumnya, Yasonna juga menjabat posisi yang sama.

Namun ia memutuskan untuk mengundurkan diri saat mendekati akhir masa jabatannya. Hal tersebut dilakukan lulusan Magister di Commonwealth University ini untuk mempersiapkan dirinya yang akan dilantik sebagai anggota DPR pada awal Oktober lalu.

11. Sri Mulyani Indrawati

Dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, Sri Mulyani Indrawati masih dipercaya untuk menjabat kembali posisi Menteri Keuangan. Prestasi dari wanita kelahiran Bandar Lampung ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi.

Karirnya dalam dunia pemerintahan diawali saat ia ditunjuk untuk menjadi Kepala Bappenas. Baru setahun menjabat, Sri Mulyani medapatkan tugas baru untuk menjabat sebagai Menteri keuangan periode 2005-2010.

Namun, kasus buruk menimpanya sehingga Sri Mulyani memutuskan untuk berkarir di luar negeri. Ia kemudian dipercaya untuk menduduki posisi Direktur Pelaksana Bank Dunia untuk masa jabatan 2010-2016.

Diakhir masa jabatannya di Bank Dunia, Presiden Jokowi memanggilnya kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan hingga 2019. Sri Mulyani juga telah meraih berbagai penghargaan yang menunjukkan baiknya kinerja yang dijalankannya selama menjabat sebagai Menteri.

Sri Mulyani sempat dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut oleh Majalah FinanceAsia. Ia juga menyabet penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia dalam acara World Government Summit 2018 yang berlangsung di Dubai.

12. Nadiem Makarim

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pendiri Gojek ini. Dalam kabinet kali ini, Nadiem dipercya untuk menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu tugas yang diembannya adalah untuk mempersiapkan sistem pendidikan yang tepat bagi para generasi muda untuk menghadapi dunia industri yang semakin canggih.

13. dokter Terawan

Mayjen dr Terawan Agus Putranto kini dipercaya sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Kepala RS Gatot Subroto. Dokter yang sempat  merawat almarhuma Ani Yudhoyono ini sebelumnya pernah mengumumkan mengenai terapi cuci otak yang mengundang banyak kontroversi.

14. Juliari Batubara

Nama menteri kabinet Jokowi terbaru  yang menjadi Menteri Sosial untuk periode 2019-2024 adalah Juliari Batubara, politikus dari PDI Perjuangan. Sebelumnya ia menjabat sebagai anggota Komisi VI yang mengurus masalah Industri, Perdagangan, Koperasi, Investasi, BUMN dan UKM, dan juga Standardisasi Nasional.

15. Ida Fauziah

Ida Fauziah adalah politisi Indonesia yang pernah menjadi anggot DPR sejak 1999 hingga 2018. Ia ditugaskan untuk menjadi Ketua Komisi VIII yang menangani DEepag, Depsos, Kementerian PPPA dan Zakat. Kini Ida dipercaya untuk memegang jabatan Menteri Ketenagakerjaan.

16. Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasasmit akan menggantikan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian untuk Periode 2019-2024. Pria yang pernah mengenyam pendidikan Doktoral Ilmu Pemerintahan di Unpad, bandung ini sempat menjabat sebagai anggota DPR/MPR RI dan juga menjadi Menteri Sosial.

17. Agus Suparmanto

Setelah menjadi Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto diminta untuk dapat meningkatkan sektor perdagangan Indonesia semaksimal mungkin. Namun, Agus ternyata tidak memiliki latar belakang atau portfolio yang sesuai dengan jabatannya sebagai Menteri perdagangan.

18. Arifin Tasrif

Duta Besar Indonesia untuk Jepang ini akhirnya berubah jabatan dan didapuk untuk menjalankan tugas sebagai Menteri ESDM. Pria lulusan ITB ini telah ikut serta dalam berbagai proyek pemerintah bidang energi.

19. Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono kembali menjabat sebagai Menteri PUPR yang dalam lima tahun terakhir menjadi focus utama dalam program pembangunan infrastruktur pemerintahan Jokowi. Ia telah menjabat sebagai pejabat Eselon I sebanyak tiga kali, sebelum ia ditunjuk untuk menduduki posisi Menteri PUPR.

20. Budi Karya

Budi Karya Sumadi adalah seorang pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perhubungan di Kabinet Indonesia Maju saat ini. Sebelumnya, ia juga pernah diangkat menjadi Menteri Transportasi pada 2016. Dua bulan setelah dilantik, Sumadi mengeluarkan peraturan menteri untuk perusahaan transportasi online seperti Go-Jek, Grab, dan Uber.

21. Johnny G. Plate

Nama menteri kabinet Jokowi terbaru berikutnya adalah Johnny Gerard Plate, pria kelahiran Ruteng ini dipercaya sebagai Menkominfo. Uniknya, sebagai pengusaha alat perkebunan, ia tidak memiliki latar belakang yang berkaitan dengan jabatan yang dipegangnya kini.

22. Syahrul Yasin Limpo

Mandat Meteri Pertanian diamanatkan pada Syahrul Yasin Limpo, mantan Bupati Kabupaten Gowa periode 1994-2002. Perwakilan dari Partai Nasdem ini menggantikan Menteri sebelumnya, Arman Sulaiman, yang juga berasal dari daerah yang sama dengannya.

23. Siti Nurbaya

Presiden Jokowi tetap mempercayakan posisi Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan pada Siti Nurbaya Bakar.Selain menjabat sebagai Menteri LHK, wanita lulusan IPB Bogor ini juga menjadi pimpinan DPP Partai Nasdem sejak 2013 hingga saat ini. Ia juga masih aktif menjadi pengajar di Kopertis Wilayah III.

24. Edhy Prabowo

Susi Pujiastuti yang sebelumnya menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan kini resmi digantikan oleh Adhi Prabowo. Pria yang sempat dipecat dari Akabri ini kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

25. Abdul Halim Iskandar

Nama Abdul Halim Iskandar resmi diumumkan sebagai menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Ia adalah seorang pria yang terlahir di keluarga pesantren Tidak aneh karena pria kelahiran 1962 ini merupakan keponakan dari Gus Dur, presiden keempat RI. Halim sempat mendapatkan panggilan dari KPK terkait kasus pencucian uang yang dilakukan Taufiqurrahman, mantan Bupati nganjuk. Ia memenuhi panggilan KPK hanya sebagai saksi.

26. Sofjan Jalil

Menteri Agraria, Tata Ruang, dan Kehutanan dalam Kabinet Indonesia Maju dipercayakan pada Sofjan Jalil. Sebelumnya, pria kelahiran 1953 ini pernah menjabat beberapa posisi menteri. Salah satunya adalah sebagai Menteri BUMN.

27. Suharso Monoarfa

Presiden Jokowi mendelegasikan jabatan Menteri Perencanaan Pembangunan kepada Suharso Monoarfa. Ia juga diberi tanggung jawab sebagai Kepala Bappenas. Salah satu tanggungjawab yang harus dilaksanakan Suharso sebagai Kepala Bappenas yang baru adalah menjalankan proses pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

28.Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo adalah seorang politisi Indonesia dan Menteri yang saat ini ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Ia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri di Kabinet Kerja 2014-2019 Presiden Joko Widodo .

Dia adalah loyalis lama dari mantan presiden Megawati Sukarnoputri dan anggota senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Pria kelahiran Surakarta ini juga merupakan Sekretaris Jenderal PDI-P antara tahun 2010 dan 2015, dan merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) antara tahun 1999 dan 2014.

29. Erick Thohir

Pengusaha bisang media ini kini ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri BUMN. Sukses menjalani bisnis Media, Bos Republika ini melebarkan sayapnya ke dunia olahraga dengan membeli saham Inter Milan. Ia juga menjadi orang Indonesia pertama yang memiliki saham salah satu tim basket NBA, 76ers.

Baca juga artikel berikut:

30. Teten Masduki

Dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, posisi Menteri Koperasi dan UKM akan diisi oleh Teten masduki. Pria kelahiran 6 Mei 1963 ini adalah seorang aktivis sosial Indonesia yang terlibat dalam menyediakan informasi tentang korupsi, kolusi, dan nepotisme Indonesia. Ia dianugerahi Ramon Magsaysay Award pada 2005. Pada 2 September 2015, ia ditunjuk oleh Presiden sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

31. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama

Wishnutama Kusubandio adalah Menteri Pariwisata Indonesia dan Ekonomi Kreatif yang baru saja dilantik pagi ini (23/10). Ia juga seorang mantan jurnalis Indonesia. Dia adalah salah satu pendiri dan juga CEO NET. Mediatama Televisi, yang didirikan pada 18 Mei 2013. Ia kemudian mengundurkan dirinya pada 22 Oktober 2019.

32. Gusti Ayu Bintang Darmavati

Yohana Yembisa yang menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak kini akan digantikan oleh Gusti Ayu Bintang Darmavati. Wanita yang gemar dengan olahraga tenis meja ini juga menjabat sebagai Ketua Bidang manajemen Usaha di Dewan Kerajinan Nasional. Selain itu, puteri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mantan Menteri Koperasi dan UMKM, ini juga menjabat sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK dan Ketua Bidang Peningkatan Keluarga Besar OASE.

33. Bambang Brodjonegoro

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro adalah seorang ekonom Indonesia. Dia saat ini adalah Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional menggantikan Sofyan Djalil.

Sebelumnya, ia adalah Menteri Keuangan dari 27 Oktober 2014 hingga 27 Juli 2016. Posisinya diambil alih oleh Menteri Keuangan Indonesia saat ini, Sri Mulyani Indrawati. Di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono , ia adalah Wakil Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Kedua.

34. Zainudin Amali

Politisi dari Partai Golkar, Zainudin Amali, resmi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sebelumnya, Amali telah menjabat sebagai anggota DPR selama empat periode. Di periode sebelumnya, Amali berada di Komisi II.

35. Moeldoko

Dr . Moeldoko adalah seorang pejabat pemerintah Indonesia dan pensiunan jenderal yang kembali menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan saat ini untuk Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia.

36. Pramono Anung

Pramono Anung telah menjabat posisi Sekretaris Kabinet sejak 2015. Dalam cabinet kali ini, Pramono juga dipercaya untuk posisi yang sama. Sebelumnya, di tahun 2009-2014, Pramono pernah menjabat sebgai Ketua DPR-RI, mewakili PDI Perjuangan.

37. Bahlil Lahadalia

Pria asal Maluku, Bahlil Lahadalia diberikan mandate untuk menempati posisi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Pria yang juga menjadi Ketua HIPMI ini telah memiliki beberapa perusahaan yang tergabung dalam satu nama, PT Rifa Capital.

38. ST Burhanuddin

Mantan jaksa Muda ini akhirnya dipercaya sebagai jaksa Agung periode 2019-2024. Ia juga merupakan adik kandung dari salah satu politisi PDI perjuangan, TB Hasanudin. ST Burhanuddin memasuki dunia politik tidak melalui jalur partai. Namun ia berusaha keras melalui jalur professional dan berhasil menjadi Jaksa Muda.

Itulah profil singkat dari nama menteri kabinet Jokowi terbaru.

Comment

News Feed