by

Screen Recorder PC, Cara Menggunakan OBS Studio

Screen Recorder PC, Cara Menggunakan OBS StudioRentetan – Berpikir mengenai perkembangan teknologi salah satunya adalah banyaknya tempat yang menyediakan layanan platform video live streaming.

Dengan bertambahnya platform video streaming tentunya akan membuat para video content creator seperti anda yang sedang membaca artikel ini akan sangat berterimakasih dengan tools seperti software screen recorder PC. Menggunakan tools seperti ini akan membuat kegiatan anda dalam berstreaming terkesan lebih mudah.

Salah satu Screen Recorder PC yang bisa anda gunakan adalah OBS. Dengan software OBS download anda bisa menggunakan software yang satu ini untuk tujuan screen recording atau bisa juga merekam kegiatan dilayar PC anda. Biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan kegiatan streaming secara live seperti yang dilakukan oleh streamer game dan lain – lain.

Disini kita juga akan membahas mengenai cara menggunakan OBS Studio untuk melakukan live streaming dengan mudah. Jadi simak baik – baik artikel ini ya? Kalau bisa silakan buat catatan untuk menulis beberapa poin yang penting di sini.

Baca Juga Artikel:

Screen Recorder PC OBS Download

OBS (Open Broadcaster Software) adalah salah satu software yang bisa digunakan dalam berbagai tujuan dalam hal broadcasting. Software ini cukup populer dan cukup banyak orang menggunakannya. Bagi anda yang masih belum mengetahui fitur dari OBS mungkin artikel ini akan sedikit banyak membahas mengenai fitur yang ada di dalamnya.

Screen Recorder untuk PC yang satu ini memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap, bisa dibilang bahkan sebenarnya OBS tidak untuk digunakan oleh pemula. Walau begitu software Screen Recorder ini sangat umum digunakan bahkan oleh pemula karena gratis, dan tentu saja kelengkapan fiturnya.

Fitur OBS (Open Broadcaster Software) Studio

OBS atau Open Broadcaster Software ini merupakan software Screen Recorder PC open source dan tentunya gratis untuk digunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Sreen Recoder yang satu ini support untuk digunakan segala jenis sistem operasi mulai dari Linux, Windows, dan juga MacOS.

Beberapa fitur andalan dari Screen Recorder PC OBS tentunya sangat banyak, antara lain ada beberapa keunggulan yang sangat menarik untuk dibahas yaitu:

  • Support berbagai platform streaming seperti facebook, Youtube, Twitch, dan lain – lain.
  • Audio Voice Filter yang sangat lengkap guna mendukung streaming.
  • Konfigurasi yang mudah dan cepat untuk digunakan.
  • Dengan mudah untuk menangkap dan merekam kegiatan yang ada di PC dengan sangat mudah, serta memberikan pilihan output yang sangat banyak dan berkualitas.
  • Penambahan Scene yang sangat mudah dan bisa banyak.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur yang cukup menarik untuk dijadikan alasan yang cukup baik untuk menggunakan OBS Studio sebagai Screen Recorder PC ini, seperti kemudahan untuk langsung melakukan live streaming di berbagai platform.

Cara Menggunakan OBS (Open Broadcaster Software) Studio

Untuk penggunakan Screen Recorder PC yang satu ini kita akan bahas di bagian ini. Pertama sebelum mengatahui cara penggunaan OBS Studio, silakan untuk download OBS dengan cara mengaksesk link berikut ini.

Setelah berhasil download aplikasi buka dan install aplikasi Screen Recorder PC OBS Studio tapi perlu diingat bahwa ketika download, pilih file download yang sesuai dengan Sistem Operasi yang anda miliki, misal anda menggunakan Mac, maka pilih yang MacOS, dan sebagainya.

Proses instalasi cukup mudah sebenarnya, kamu hanya perlu klik dua kali pada icon, kemudian pilih tombol next untuk beberapa kali tahap sesuai dengan keterangan yang ada pada layar windows. Setelah selesai barulah anda bisa menggunakan OBS ini.

Berikut adalah cara untuk merekam layar dengan menggunakan Screen Recorder OBS (Open Broadcaster Software):

  • Buka OBS Studio yang baru saja diinstall.
Screen-Recorder-PC-OBS-Studio
  • Pada pilihan “Sources” Pilih tombol “+” temukan pilihan dan klik “Windows Capture”.
tambah-source-di-OBS
  • Kemudian pilih bagian mana yang ingin direkam sesuai dengan keinginan.
  • Setelah itu klik “start recording” dan anda sudah bisa merekam pekerjaan di PC anda.

Sementara itu untuk beberapa orang ingin mengetahu cara menggunakan OBS sebagai perangkat yang membantu proses live streaming anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Buka Aplikasi OBS Studio.
  • Kemudian pilih “Setting” > “Stream”.
  • Di menu panel ini terdapat beberapa pilihan platform pilihan seperti facebook, youtube dan lain – lain. Pilih salah satu dan masukan API Key yang digunakan.
  • Untuk facebook anda harus memiliki halaman page gaming creator terlebih dahulu.
  • Dan selesai proses live streaming sudah bisa dimulai.

Jadi seperti itu cara menggunakan OBS Studio sebagai Screen Recorder PC alternatif anda. Yang terpenting adalah anda bisa mengakses API Key dari platform live streaming yang ingin digunakan seperti facebook, Youtube, Twitch TV, dan lain – lain.

Comment

News Feed