by

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Kotlin Android

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Kotlin AndroidRentetanAplikasi android di jaman sekarang sudahlah sangat banyak ragamnya, mulai dari aplikasi sederhana yang biasanya digunakan untuk hiburan sampai dengan aplikasi android yang mengerjakan berbagai perintah yang rumit.

Selain itu sekarang juga terdapat banyak pengembang aplikasi android yang merupakan individu tersendiri. Jadi bukan tidak mungkin jika anda bisa mengembangkan aplikasi android sendiri.

Jika anda penasaran dengan cara membuat aplikasi android, mungkin ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan kotlin android ini. Terus bagaimana cara membuat aplikasi android? Sebentar lagi kita akan membahasnya ya? Di kesempatan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana membuat sebuah aplikasi yang rumit.

Kita akan mencoba dari cara membuat aplikasi android menggunakan kotlin android yang paling dasar terlebih dahulu. Jadi artikel ini cocok untuk pemula, sedangkan untuk yang memiliki kemampuan lebih mungkin artikel ini tidak cocok untuk anda.

Apa Itu Kotlin Android?

Kotlin Android adalah sebuah Bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk pembuatan aplikasi android. Sebenarnya Bahasa pemrograman yang satu ini bukan hanya bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi android saja, salah satunya adalah untuk pemrograman back end atau server-side development.

Kotlin sendiri dikenalkan oleh JetBrains pada tahun 2011 tepatnya di bulan Juli. Dikenalkan sebagai Bahasa pemrograman yang mampu berjalan di java virtual machine dimana Kotlin android adalah sebuah Bahasa pemrograman turunan dari Java.

Dikabarkan nama Kotlin sendiri merupakan adopsi dari sebuah nama pulau yang terletak di St Petersburg, Rusia. Baiklah setelah ini kita akan segera masuk ke cara membuat aplikasi android menggunakan Kotlin android.

Baca Juga Artikel: Cara Download VPN Gratis Dan Mudah Untuk Akses Bebas Mudah

Cara Membuat Aplikasi Android Pertama Anda

Membuat sebuah aplikasi android sebenarnya ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan Bahasa pemrograman yang memang sangat umum untuk dilakukan. Adapun pada dasarnya pembuatan aplikasi android menggunakan sebuah Bahasa pemrograman yang disebut dengan Java.

Namun dalam perkembangannya terdapat beberapa turunan dari java yang mungkin juga bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi android seperti Kotlin, kemudian Golang, dan lain – lain. Sebelum berjalan lebih jauh mungkin anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Agar bisa menggunakan Kotlin sebagai Bahasa pemrograman yang anda gunakan unuk membuat aplikasi android, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah persiapan yang harus ada sebelumnya, yaitu sebagai berikut:

  • Mengerti Bahasa pemrograman Kotlin, anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai Bahasa pemrograman Kotlin di sini.
  • Android Studio, yang merupakan sebuah tools yang digunakan untuk proses pengembangan aplikasi android (berupa editor, emulator, SDK, dan lain – lain).
  • Android KTX, merupakan sebuah ekstensi untuk Bahasa pemrograman Kotlin yang sudah termasuk di dalam libraries Jetpack.

Setelah mengetahui persyaratan dan pre-requirement di atas selanjutnya berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan:

  • Install Adroid Studio (Link download android studio ada di sini).
  • Proses instalasi cukup mudah hanya dengan menggunakan beberapa langkah dan selesai.
Cara-membuat-aplikasi-android
  • Setelah selesai install, silakan buka android studio.
start-new-project
  • Kemudian kita bisa membuat Project baru dengan cara pilih “Start New Project”.
  • Pilihlah “Kotlin” sebagai Bahasa yang anda gunakan kemudian klik “Finish”.
Kotlin-android
  • Anda sudah bisa menggunakan Kotlin Android sebagai Bahasa yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.

Beberapa Contoh Aplikasi Android Yang Dibuat Dengan Menggunakan Kotlin Android

Setelah diperkenalkan ternyata Bahasa yang satu ini disambut baik oleh para developer android. Sehingga Kotlin menjadi cukup populer untuk digunakan, beberapa contoh aplikasi yang cukup terkenal yang dibuat dengan Bahasa ini adalah

  • Gojek
  • Udemy
  • Nova Launcher
  • Twitter
  • Reddit untuk Android
  • Slack
  • Pinterest Android
  • Evernote
  • Dan masih banyak aplikasi android lainnya.

Penggunaan Kotlin Android yang cukup populer di kalangan para pengembang menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik untuk anda. Beberapa kelebihan dari Kotlin Android adalah integrase dengan Bahasa pemrograman Java dimana bisa saling melengkapi.

Baca Juga Artikel:

Belum lagi Bahasa pemrograman yang satu ini adalah Bahasa modern yang dibuat untuk lebih memperkecil jumlah kode program yang ditulis sehingga tidak perlu menghabiskan source yang banyak. Selain itu tentunya adalah open source dimana anda bisa menggunakannya secara gratis kapan saja dan dimana saja.

Comment

News Feed