by

Sejarah Hari Dokter Nasional Sampai Perkembangan Teknologi Medis Masa Kini

Sejarah Hari Dokter Nasional Sampai Perkembangan Teknologi Medis Masa KiniRentetan – 24 Okober adalah hari Dokter Nasional yang tentunya diperingati pada hari Kamis (24/10/2019) ini.

Hari ini diperingati oleh organisasi kesehatan untuk memperingati jasa – jasa para dokter yang sudah bekerja di bidang kesehatan dengan sangat baik.

Tentunya perjuangan menjadi seorang dokter, dan juga perjuangan setelan menjadi dokter dalam membantu para pasienpun perlu kita anggap sebagai jasa dokter yang sangat membantu kita.

Baca Juga Artikel:

Jadi bagaimana sejarah Hari dokter nasional ini dimulai? Mengapa hari dokter bisa jatuh di tanggal 24 Oktober disetiap tahunnya? Serta mungkin bagi anda yang ingin mengetahui perkembangan teknologi medis masa kini yang kemungkinan belum anda ketahui.

Kita akan membahas beberapa hal tersebut di artikel kali ini, jadi jangan sampai terlewat dan juga terus simak baik – baik artikel ini.

Sejarah Hari Dokter Nasional

Sejarah Hari Dokter Nasional sendiri tidak lepas dari sebuah Lembaga atau organisasi kesehatan yang cukup mengikat di Indonesia yaitu IDI atau Ikatan Dokter Indonesia. Dilansir dari website Kementrian Kesehatan Repubilk Indonesia, asal usul dan sejarah Hari Dokter Nasional sendiri sudah ada sejak bertahun – tahun lalu.

Pada 22 – 25 September 2019, sebuah Muktamar Ikatan Dokter Indonesia pertama kali diadakan. Dalam Muktamar ini Dr. Sarwono Prawirohardjo menjadi ketua IDI yang pertama. Kemudian secara resmi pada tanggal 24 Oktober dikeluarkan surat dasar hokum dari notaris, sehingga IDI secara resmi terbentuk.

Dilihat dari sejarah hari dokter nasional memang perkumpulan dokter di Indonesia sudah ada bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Di tahun 1911, diketahui sebagai lahirnya perkumpulan dokter nusantara yang bernama Vereniging van Indische Artsen. Selang 15 tahun kemudian nama perkumpulan ini berubah menjadi VIG (Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen).

Setelah lebih dari 10 tahun berjalan akhirnya pada tahun 1940, ada sebuah pertemuan atau kongres dimana membahas mengenai pergantian identitas dari perkumpulan Dokter ini. Hingga akhirnya Jepang merebut penjajahan dan membubarkan VIG sebelum pergantian nama, dan diubah menjadi Jawa IZI Hooko-Kai.

Kemudian di tahun 30 Juli 1950 barulah muncul wacana untuk mengusulkan sebuah nama perkumpulan Dokter Indonesia (DP-PDI) dan menghasilkan “Muktamar Dokter Warga Negara Indonesia” (PMDWNI). Organisasi ini diketuai oleh Dr.Bahder DJohan.

Kemudian barulan pada tahun 1950 di bulan Oktober, tepatnya 24 Oktober lahirlah IDI seperti yang sekarang kita kenal ini.

Teknologi Medis 2019

Di hari Dokter Nasional ini tentunya kita juga perlu mengetahui beberapa hal yang cukup mengesankan. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi ini juga merambah ke bidang kesehatan atau medis. Mungkin beberapa dari anda belum pernah mengenal teknologi medis yang akan kita lihat berikut ini.

Tahun 2019 ini, ada beberapa teknologi medis yang cukup canggih dalam rangka untuk membantu dokter dan juga praktisi medis yang membantu pasien yang ada di dunia.

Oke langsung saja kita lihat satu persatu beberapa teknologi medis yang mungkin belum pernah anda ketahui:

 

Smart Inhalers

Seperti yang kita ketahui bahwa Inhalers merupakan salah satu alat yang membantu beberapa pasien dengan gangguan pernapasan. Nah, teknologi yang satu ini dikembangkan dengan konektivitas Bluetooth dimana smart inhalers akan terkoneksi dengan device seperti smartphone dan juga desktop.

Di dalamnya akan berisi laporan mengenai berapa kali inhalers digunakan, seberapa besar kapasitas yang digunakan sehingga bisa dengan mudah untuk mengetahui track record dari pasien.

Robot Untuk Operasi

Jadi, dalam sebuah operasi kesehatan banyak sekali prosedur yang harus diperhatikan. Sebagai manusia biasa tentunya membutuhkan jam terbang yang sangat tinggi untuk bisa melakukan sebuah prosedur operasi. Untuk itu robot ini dibuat untuk membantu istilahnya sebagai asisten untuk membantu dokter dalam melakukan operasi. Mulai dari prosedur tertentu dan mengerjakan tugas – tugas tertentu.

Artificial Organs

Artificial Organ Merupakan sebuah teknologi dimana sedang dikembangkan saat ini. Para peneliti mencoba membuat organ tubuh manusia dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan bio-3D printing. Teknologi yang satu ini menggabungkan teknologi 3d Printing, untuk membuat sebuah organ tubuh manusia.

Mungkin di hari dokter nasional ini anda baru mengetahuinya bukan?

Di beberapa penelitian bahkan sudah ada yang berhasil membuat pembuluh darah, hingga pankreas. Memang saat ini masih belum dicoba ke dalam manusia, namun ini merupakan langkah nyata dalam dunia kesehatan dimana setiap harinya ada banyak orang yang membutuhkan donor organ.

Alat Kesehatan

Yang dimaksud dengan alat kesehatan disini adalah seperti alat – alat teknologi seperti smartwatch yang memiliki berbagai fitur yang mampu mengecek organ vital pada tubuh manusia dan mengintegrasikannya dengan perangkat lain.

Di hari dokter nasional ini tentunya harus mengetahui bahwa ini juga merupakan salah satu perkembangan di dunia kesehatan yang positif.

Telehealth

Dilihat dari sejarah hari dokter nasional, teknologi medis ini sedang trend di Indonesia, salah satu dampak perkembangan teknologi yang bisa kita rasakan langsung di Indonesia. Teknologi medis di Indonesia memang belum kita rasakan langsung, tapi sebenarnya ada beberapa teknologi medis yang bisa kita rasakan salah satunya adalah Telehealth.

Telehealth adalah sebuah layanan kesehatan dimana kita berkonsultasi jarak jauh dengan ahli medis seperti dokter, dan juga praktisi medis lain. Kita mengetahui ada berbagai layanan seperti Alodokter, Klikdokter, dan juga masih banyak lagi layanan yang sudah sangat banyak di Indonesia.

Teknologi medis yang satu ini juga merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan.

Jadi seperti itu sejarah hari dokter nasional sampai dengan perkembangan teknologi kesehatan masa kini yang perlu anda ketahui. Perkembangan teknologi yang sangat cepat akan mendukung perkembangan teknologi medis, mengingat perjuangan dokter yang juga pantas kita hargai.

Comment

News Feed