by

12 Daftar Nama Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024

12 Daftar Nama Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024 Rentetan – Hari Jumat (25/10/2019) ini dilakukan pelantikan wamen Kabinet Indonesia Maju yang dilantik langsung oleh Presiden RI Jokowi beserta dengan wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Di acara pelantikan wakil Menteri ini ada beberapa tokoh yang cukup populer dan juga beberapa yang baru terdengar namanya.

Para tokoh yang akan diangkat sebagai Wakil Menteri ini dipanggil Presiden mulai pagi hari yang kemudian akhirnya dilantik pada sekitar pukul 14.40 WIB. Dalam rangkaian acara tersebut termasuk pengucapan sumpah jabatan yang langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Para wamen tersebut juga mengenakan seragam kebanggaan seperti saat prosesi pelantikan Menteri yang lalu, dengan menggunakan kemeja putih.

Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Berikut ini adalah daftar nama Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024:

  1. Wamen Luar Negeri: Mahendra Siregar.
  2. Wamen Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono.
  3. Wamen Agama: Zainut Tauhid Sa’adi.
  4. Wamen Keuangan: Suahasil Nazara.
  5. Wamen Perdagangan: Jerry Sambuaga.
  6. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetimpo.
  7. Wamen LH dan Kehutanan: Alue Dohong.
  8. Wamen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Budie Arie Setiadi.
  9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang: Surya Tjandra.
  10. Wamen BUMN: Kartika Wiroatmodjo, Budi Gunadi Sadikin.
  11. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesudibjo.

Dari nama – nama tersebut ada beberapa nama yang cukup menarik untuk dilihat seperti nama Angela Tanoesudibjo yang merupakan putri sulung dari Harry Tanoesudibjo dimana merupakan pendiri partai PERINDO (Partai Persatuan Indonesia) dan juga dikenal sebagai pengusaha yang berada di industri hiburan.

Selain itu ada beberapa nama lagi yang cukup populer dan juga cukup menarik perhatian yaitu Bos Bank Mandiri yang juga dilantik sebagai wamen BUMN, Kartika Wiroatmodjo. Beliau kerap dipanggil dengan nama Tiko, yang rela melepas jabatan di Bank Mandiri untuk menjadi wakil Menteri di bidang BUMN bersama dengan Budi Gunadi Sadikin.

Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN mengusulkan bahwa Wamen BUMN seharusnya memang dipegang oleh 3 orang. BUMN memiliki 142 perusahaan, sehingga menurutnya paling tidak diisi dengan paling tidak 2 atau 3 orang. Sepertinya presiden Jokowi juga memberikan posisi 2 orang sebagai wakil Menteri BUMN. Dengan menggunakan 2 orang ini diharapkan kinerja dari BUMN semakin hari semakin baik dan membantu sector perekonomian negara Indonesia.

Selain itu ada juga seorang Wakil Menteri yang dipilih dari profesionalismenya yaitu Suahazil Iskandar. Beliau merupakan salah satu professor di bidang Ilmu ekonomi. Selain itu pernah juga menjabat sebagai Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang desentralisasi fiscal di tahun 2009 – 2011. Beliau akan bekerjasama dengan Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI di Kabinet Indonesia Maju ini.

Kemudian yang menarik adalah Budie Arie Setiadi, yang sebelumnya menjabat sebagai presiden Pro Jokowi atau sering disebut dengan Projo. Sebelumnya relawan ini dikabarkan membubarkan diri karena kekecewaan lantaran persoalan Menteri Pertahanan yang dijabat oleh Prabowo Subianto.

Baca Juga Artikel:

Budie Arie Setiawan juga ikut dalam pelantikan Wamen dan menjadi wakil mendampingi Abdul Halim Iskandar di Kementrian Desa tertinggal dan Transmigrasi.

Comment

News Feed