by

Download Google Play Service apk Dan Cara Perbaiki Error Play Service

Download Google Play Service apk Dan Cara Perbaiki Error Play ServiceRentetan – Google memiliki sebuah sistem untuk mengatur aplikasi android yang ada di dalamnya.

Salah satu caranya adalah menggunakan Google Play Service yang merupakan bagian penting yang ada di Google Play Store. Google Play Services adalah sebuah aplikasi android yang digunakan untuk mengupdate aplikasi yang ada di Google Play Store dan juga aplikasi – aplikasi yang dimiliki oleh Google.

Jika kita disable Google Play Services tentunya aplikasi yang ada di smartphone android kita akan banyak yang tidak bekerja. Sebenarnya aplikasi yang satu ini sudah otomatis tersedia di smartphone android, namun aplikasi ini juga bisa kita download Google Play Services dan install secara manual untuk memaksimalkan kinerja smartphone android miliki kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Secara umum aplikasi ini bekerja secara terus menerus di background, atau secara mudahnya bekerja di belakang layar aplikasi – aplikasi yang kita miliki. Fungsi dari aplikasi ini adalah memastikan pencarian aplikasi secara offline lebih cepat, kemudian update aplikasi Google Play Store, dan juga aplikasi Google lainnya.

Download Google Play Service Apk

Sebenarnya kita tidak perlu download aplikasi Google Play Service lagi ketika kita memiliki smartphone android. Google menjadi aplikasi ini sebagai aplikasi bawaan atau pre built in sehingga kita tidak perlu untuk menginstall dan download google play store service apk secara terpisah lagi.

Namun biasanya mungkin ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Google Play Service sendiri merupakan aplikasi yang berbentuk atau berekstensi apk sehingga dengan kata lain anda bisa menginstall aplikasi ini secara manual.

Anda bisa download Google Play Service apk versi terbaru dan terlengkap di sini nanti akan diberikan beberapa link yang bisa anda gunakan dengan baik. Instalasi ini dilakukan biasanya oleh orang yang mungkin memiliki permasalahan yang sering terjadi, dimana Google Play Store mengalami gangguan, atau sering munculnya notifikasi yang mengganggu dari Google Play Service.

Jadi untuk anda yang ingin download Google Play Service apk berikut ini adalah beberapa link yang bisa anda gunakan:

Kedua link tersebut merupakan link download Google Play Service apk yang mungkin akan membantu anda dalam memecahkan permasalahan yang biasanya terjadi di smartphone android. Dengan menggunakan link tersebut anda akan menggunakan cara manuak untuk install Google Play Serice.

Bagi anda yang belum mengetahui cara install Google Play Service, sebenarnya caranya cukup mudah. Pertama, mungkin anda bisa dengan menemukan file download di smartphone kamu, biasanya ada di folder “downloads”.

Setelah itu install dengan cara tap aplikasi kemudian anda sudah bisa menginstall aplikasi ini dan menggunakannya. Ingat aplikasi ini tidak akan nampak di smartphone anda, melainkan bekerja di belakang layar atau background sistem operasi android.

Mengatasi Permasalahan Google Play Service

Permasalahan di Google Play Service dan juga Google Play Store sebenarnya cukup mirip. Untuk memastikan keduanya bekerja dengan baik, tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya anda terus mendapatkan notifikasi “Stop Working” yang memang cukup mengganggu atau misalnya anda mendapatkan peringatan “Error Checking Update” yang sering ditemui di Google Play Store.

Nah dengan beberapa cara berikut ini anda akan bisa menyelesaikannya dengan mudah.

  • Buka Setting dan masuk ke “manage apps”.
  • Cari Google Play atau jika kesulitan ketikkan Google Play di kolom pencarian apps.
  • Di sana akan keluar beberapa aplikasi yaitu Google Play Store, Play Services, Play Music, dan lain – lain.
  • Pilih Google Play Service, dan pilih “Clear Data”, di versi android terbaru layanan aplikasi ini menjalankan auto update sehingga kita tidak perlu mengupdate secara manual, jika ingin tahu versinya update, bisa lihat di “App Info” terletak di kanan atas.
  • Kemudian coba “Clear Data”, setelah itu coba tunggu beberapa menit 3 – 5 menit, kemudian coba untuk melakukan aktivitas lagi.

Lakukan hal sama di Google Play Store, jika terjadi permasalahan yang ada di Google Play Store, dengan cara tersebut permasalahan anda akan segera hilang terkait dengan fungsi Google Play Services dan Play Store.

Jadi apakah anda sudah mencoba metode ini? Tidak ada salahnya untuk mencoba download googl play services apk, atau dengan menggunakan cara yang sudah ada di atas.

Comment

News Feed