by

4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui tentang Operasi Payudara

Banyak orang yang belum mengetahui secara pasti mengenai operasi payudara dan proses yang harus dijalani pasien yang ingin menjalaninya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai operasi ini berdasarkan para ahli operasi payudara Korea Selatan, Dr. Yim Joonghyuk.

1. Bentuk payudara dapat menentukan bentuk implan yang akan digunakan

Ketika kita berpikir tentang implan payudara, kita sering fokus hanya pada bagaimana kita ingin hasil akhirnya terlihat. Faktanya, bentuk dan ukuran payudara akan memainkan peran besar dalam menentukan bentuk implan yang akan digunakan nantinya.

  • Jika jarak antara puting susu dan garis di bawah payudara adalah sedang dan ukuran masing-masing payudara adalah sedang, pilihlah implan bundar.
  • Jika jarak antara garis puting susu dan garis bawah payudara pendek, sedangkan kulit payudara lebih kencang, dapatkan implan berbentuk tetes air mata.

Bentuk implan ini juga memainkan peran besar dalam bagaimana payudara akan terlihat setelah operasi. Implan bulat mungkin terlihat lebih penuh tetapi juga cenderung lebih terlihat tidak alami. Namun, jika implan harus membalik atau berputar di dalam tubuh, bentuk payudara akan tetap sama.

Implan berbentuk tetes air mata meniru bentuk payudara alami dan merupakan opsi yang paling alami untuk implan. Namun, karena bentuknya yang lebih tidak teratur, implan tetes air mata bisa terbalik atau berputar, yang dapat membuat payudara tampak berbentuk aneh.

2. Tidak semua implan payudara dibuat sama!

Setelah menentukan bentuk implan yang paling sesuai dengan tubuh, kamu harus memilih  jenis implan yang diinginkan.

Implan dapat berupa  gel kohesif atau  kantong saline. Sebelumnya, kantung saline adalah satu-satunya pilihan untuk implan payudara. Tetapi implan jenis kohesif gel yang lebih baru sekarang lebih banyak digunakan.

Implan gel kohesif yang telah disetujui oleh FDA AS dan FDA Korea,sekarang menjadi jenis implan yang paling populer karena teksturnya yang lembut dan tampilan yang lebih alami.

Kantong saline cenderung kurang tahan lama dan memerlukan operasi revisi payudara kedepannya. Tapi ukuran implan mudah disesuaikan sehingga ukuran sayatan dapat diminimalkan.

Aspek lain dari implan payudara yang mungkin tidak kamu ketahui adalah tekstur permukaan. Implan payudara bertekstur mikro, alias implan payudara generasi berikutnya, adalah pilihan paling populer saat ini karena memberikan gerakan alami seperti payudara sendiri dalam posisi atau postur apa pun. Jenis ini juga merupakan tipe terlembut yang tersedia saat ini.

Artikel lainnya:

3. Bagaimana perbedaan prosedur pembesaran payudara mempengaruhi proses pemulihan

Proses operasi payudara berbedabeda berdasarkan kebutuhannya. Jika kamu tidak ingin merasa tidak nyaman pasa operasi, sebaiknya kamu mengenal metode yang digunakan.

Ada tiga jenis sayatan dalam operasi payudara Korea:

  • Sayatan transaxillary (di bawah ketiak): Sayatan dilakukan di sepanjang lipatan kulit alami aksila agar tidak akan mempengaruhi fungsi jaringan payudara
  • Sayatan inframammary (di bawah payudara): Dokter dapat langsung melihat jaringan di mana ia akan memasukkan implan, dan sayatan ini memberikan pemulihan lebih cepat.
  • Sayatan areola (di sekitar puting): Bekas luka sayatan dapat dengan mudah disembunyikan dan kamu juga dapat mengurangi ukuran areola jika hal ini menjadi masalah.

Tempat dokter meletakkan implan juga sesuatu yang perlu kamu pertimbangkan, karena dapat memengaruhi hasil akhir dan fungsi jaringan payudara:

  • Jika implan diletakkan di bawah otot, tidak ada kontak antara implan dan jaringan payudara sehingga tidak akan mempengaruhi fungsi jaringan payudara.
  • Jika implan diletakkan di antara otot dan jaringan, cara ini bisa efektif dalam mengoreksi payudara yang kendur.
  • Menempatkan implan langsung di bawah kelenjar susu sangat jarang dan biasanya hanya dianjurkan bagi mereka yang memiliki jaringan payudara besar yang sudah ada sebelumnya.

4. Melakukan operasi payudara Korea Selatan

Kita semua tahu bahwa Korea Selatan adalah pusatnya teknologi dan pengetahuan bedah plastik. Jadi tidak mengherankan bahwa negara ini menarik banyak pengunjung asing yang pergi ke sana khusus untuk tujuan itu.

TL Plastic Surgery sudah melayani lebih dari 100 pasien internasional yang melakukan operasi pembesaran payudara oleh Dr. Yim Joonghyuk pada 2017. Sebagian besar dari pasien-pasien tersebut berasal dari Asia.

Selain pembesaran payudara, pasien lokal dan asing juga pergi ke TL Plastic Surgery untuk melakukan operasi payudara revisional atau pengangkatan payudara. TL Plastic Surgery merekomendasikan bahwa pasien asing sebaiknya berencana untuk tinggal  setidaknya satu Minggu. Hal ini untuk menyediakan waktu pemulihan setelah operasi.

Operasi pembesaran payudara di TL Plastic Surgery dapat menelan biaya antara KRW 7.500.000 hingga KRW 11.000.000), tergantung pada jenis prosedur dan implan yang dipilih.

4. Implan payudara bisa bertahan lebih dari satu dekade

Daya tahan antara kedua jenis implant yang disebutkan diatas pastinya akan berbeda. Cohesive gel, yang merupakan generasi implant terbaru pastinya dapat bertahan lebih lama daripada saline bag.

Implan saline bag sering berubah bentuk dan volumenya dapat menurun seiring waktu, yang berarti bentuk payudara juga dapat berubah. Hal ini menyebabkan pasien harus menjalani operasi payudara revisional untuk mengganti implan.

Gel kohesif, yang berbasis silikon, jauh lebih tahan lama, yang juga berarti bahwa implant ini jarang berubah bentuk. Tidak ada periode tertentu di mana kamu harus mengganti implan gel kohesif kamu. Implan gel kohesif dapat dipertahankan selama lebih dari sepuluh tahun tanpa masalah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai operasi payudara langsung dari ahli operasi payudara Korea Selatan, Dr. Yim Joonghyuk. Namun perlu diingat bahwa memasukkan benda asing kedalam tubuh dapat menimbulkan resiko yang tidak terduga. Jadi sebaiknya kamu berpikir matang sebelum melakukannya.

Comment

News Feed