by

Gapps Download Apk: Pengertian Gapps Dan Cara Download Serta Instalasi

Gapps Download Apk: Pengertian Gapps Dan Cara Download Serta InstalasiRentetan – Gapps atau yang merupakan singkatan dari Google Apps adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan biasanya terinstall langsung di smartphone android.

Bisa dibilang bahwa aplikasi ini adalah aplikasi “inti” dari android. Sebagai contoh, Gapps memiliki aplikasi seperti Google Play Store, kemudian Google Play Service, dan juga aplikasi yang sangat penting untuk jalannya smartphone android.

Gapps download apk sendiri sekarang sudah bisa di update melalui Google Play Store, namun kita juga perlu install satu package penuh, dimana ada satu aplikasi yang selalu berjalan seperti Google Play Services. Ada beberapa jenis Gapps yang mungkin bisa didapatkan kita akan membahasnya secara mendalam di artikel kali ini.

Pengertian GApps

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa GApps download apk adalah sebuah aplikasi android yang dikembangkan oleh Google, yang biasanya dijadikan sebagai salah satu aplikasi bawaan untuk menjalankan aplikasi di smartphone.

Salah satunya adalah Google Play Services yang merupakan aplikasi wajib yang harus ada, karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang bekerja di background bertugas menjalankan kelangsungan aplikasi – aplikasi Google Lainnya.

Perlu diingat, sebelum melakukan GApps download apk ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa apk ini sendiri memiliki varian yang berbeda, ada yang digunakan untuk smartphone dengan platform 32 bit ada juga yang digunakan untuk platform 64 bit, jadi sama halnya dengan instalasi software di desktop.

Untuk smartphone plaform 32 bit biasanya adalah smartphone yang diproduksi sebelum tahun 2016, sedangkan untuk 64 bit diproduksi sesudah tahun 2016, walaupun tidak semua namun kebanyakan seperti itu.

Selain platform smartphone dan hp android juga ada varian dimana GApps memiliki beberapa jenis yang bisa diinstall berdasarkan dengan aplikasi yang disediakan.

Varian GApps Berdasarkan Aplikasi Yang Disediakan

Nah, di sini kita akan membahas mengenai GApps download apk dari segi jenis varian aplikasi yang didapatkan. Oke langsung saja tanpa harus panjang lebar kita akan menuju ke varian aplikasi ini.

Pico

Jenis yang pertama adalah PICO. Pico adalah jenis Gapps download apk yang merupakan package aplikasi android minimum yang bisa anda dapatkan.

GApps download apk versi ini sangat pas untuk anda yang sangat memperhatikan memori internal yang ada di hp dan smartphone anda. Adapun salah satu contoh aplikasinya adalah Google Search, Youtube, Google Play Store.

Nano

Sementara itu Nano GApps download apk memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Pico yang tentunya menawarkan aplikasi yang lebih lengkap. Sangat cocok untuk anda yang menginginkan penggunaan dasar Aplikasi Google.

Micro

Merupakan gabungan dari varian Pico dan Nano, yang menambahkan beberapa aplikasi seperti Gmail, Google Calendar, Google Assistant, dan juga beberapa fungsionalitas lainnya.

Mini

Jika anda menginginkan aplikasi Google yang populer terinstall di smartphone android anda, kemungkinan paket Mini yang satu ini sangat pas untuk anda.

Full

Direkomendasikan untuk anda pengguna smartphone OEM, yang berarti produsen smartphone anda memberikan beberapa aplikasi bawaan. Hal ini dikarenakan karena penggunaan Full Package tidak akan menghilangkan aplikasi bawaan yang disertakan dari produsen smartphone anda.

Stock

Sebenarnya aplikasi yang satu ini juga sama fiturnya dengan varian Full, namun tambahannya adalah menghapus aplikasi yang bukan dari Google. Jadi jika anda memiliki aplikasi bawaan misal dari Xiaomi drop, atau aplikasi bawaan lainnya.

Super

Untuk anda yang menginginkan semua aplikasi Google terinstall di hp dan juga smartphone anda, gunakan versi dan varian Super. Tentunya size dari GApps yang satu ini akan sangat besar bukan? Namun semua aplikasi Google akan tersedia di sini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Alasan Install dan Download GApps Apk

Salah satu alasan dari instalasi dan Gapps download apk adalah karena anda memiliki custom ROM yang tentunya membutuhkan aplikasi Google untuk bisa menjalankan smartphone anda. Tanpa aplikasi ini anda tidak akan memiliki akses ke Aplikasi yang ada di Google Play Store misalnya.

Jadi, jika anda tidak mengenal apa yang dimaksud dengan custom ROM tidak direkomendasikan untuk download GApps apk dengan alasan apapun. Hal ini dikarenakan karena dengan ROM standar atau OEM, anda tidak perlu menggunakan aplikasi berikut ini, melainkan semuanya sudah tersedia di smartphone android anda.

GApps Download Apk Terbaru

Anda bisa download GApps dengan mengakses beberapa lik yang tersedia di sini. Perhatikan beberapa jenis varian spesifikasi, dan juga versi yang ada sebelum download ya?

Android 9.0 LineageOS 16:

Link diatas adalah varian Nano yang digunakan untuk meminimalisir penggunaan memori internal yang biasanya merupakan permasalahan utama dari para pengguna android. Silakan download terlebih dahulu.

Instalasi GApps

Kita tiba di cara instalasi GApps, Di sini kita akan mencoba menginstall aplikasi ini menggunakan cara berikut ini:

  • Cari file GApps download apk tersebut dan tempatkan di folder root atau di folder paling luar.
  • Matikan smartphone smartphone dan kemudian masuk ke Recovery Mode.
  • Carilah menu “flash zip from SD card” dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Gunakan tombol volume untuk pindah ke menu “ZIP File” anda bisa memilihnya dengan menekan tombol Power.
  • Setelah beberapa saat anda berhasil melakukan instalasi kemudian restart smartphone dengan memilih pilihan “Reboot”

Dengan melakukan cara tersebut anda akan bisa menginstall aplikasi GApps tersebut, setelah melakukan restart. Perlu diingat bahwa instalasi ini tidak dianjurkan jika anda masih memiliki ROM standar OEM. Jadi silakan lakukan hal ini dengan asas (DO with Your Own Risk) ya? Semoga artikel ini membantu anda.

Comment

News Feed