by

Lirik Lagu Sumpah Pemuda Bangun Pemuda Pemudi Yang Pantas Untuk Dikenang

Lirik Lagu Sumpah Pemuda Bangun Pemuda Pemudi Yang Pantas Untuk DikenangRentetan – Hari ini tanggal 28 Oktober memanglah sebuah hari yang dikenal sebagai hari sumpah pemuda bagi masyarakat Indonesia.

91 tahun yang lalu tepatnya pada 28 Oktober 1928, ikrar sumpah pemuda di kumandangkan dengan hasil kongres II pemuda yang digelar 27 – 28 Oktober. Sejarah terjadinya sumpah pemuda menjadi salah satu perwujudan semangat para pemuda di jaman sebelum kemerdekaan.

Lagu sumpah pemuda juga akhirnya dibuat oleh seorang pengarang lagu terkenal dari Indonesia pada tahun 1998 yang lalu dengan judul “Bangun pemuda pemudi”.

Lagu ini dibuat oleh pengarang lagu dari Indonesia Alfred Simanjuntak yang diangkat diaransemen oleh Addie M.S Lagu ini sempat dipopulerkan oleh beberapa musisi Indonesia seperti grup band Coklat yang kita ketahui memang kerap membawakan lagu – lagu yang memiliki nuansa kebangasaan.

Coklat membuat cover lagi ciptaan Alfred Simanjuntak “Bangun Pemuda Pemudi” dengan ciri khas band mereka pada music era 2000 an. Selain Bangun Pemuda Pemudi, Coklat juga memberikan sentuhan musik mereka dengan beberapa lagu seperti Bendera, yang diciptakan oleh Eros Chandra, kemudian Hari Merdeka, Kebyar – Kebyar, dan masih banyak lagu lainnya.

Baca Juga Artikel:

Mengenang Pembuat Lirik Lagu Sumpah Pemuda

pencipta-bangun-pemuda-pemudi-alfred-simanjuntak
Alfred Simanjuntak

Addie M.S atau seorang musisi dan komposer lagu yang bernama lengkap Addie Muljadi Sumaatmadja, merupakan salah satu produser music yang sudah melanglang buana di industry permusikan Indonesia sejak tahun 1991.

Addie M.S juga dikenal sebagai ayah musisi Indonesia yang dikenal melalui band Viera Kevin Aprillio. Addie dikenal sebagai orang yang mencintai dan juga memiliki passion terhadap musik sejak kecil dan juga merupakan salah satu orang yang berbakat di dunia musik.

Musisi yang satu ini merupakan salah satu musisi yang berperan dalam pembuatan musik dari beberapa musisi legenda di Indonesia seperti Chrisye dan juga Vina Panduwinata. Lirik lagu sumpah pemuda Bangun Pemuda Pemudi sendiri merupakan salah satu hasil karya nya yang cukup populer di Indonesia.

Sebenarnya lagu ini diciptakan oleh Alfred Simanjuntak yang juga merupakan salah satu musisi dari Indonesia yang banyak menciptakan lagu – lagu nasional Indonesia. Alfred Simanjuntak dilahirkan pada 20 September 1920, di Tapanuli Utara dan meninggal pada tahun 2014 yang lalu karena penyakit yang dideritanya. Alfred merupakan salah satu pria cerdas dan dikenal menguasai beberapa bahasa selain bahasa Indonesia, Belanda, dan juga bahasa Inggris.

Lagu ini masuk ke album yang berjudul “Simfoni Negeriku” dimana album tersebut mengingatkan perjuangan bangsa negara Indonesia di masa perang kemerdekaan. Perilisan album ini tentunya menjadi salah satu kenangan untuk para generasi muda untuk mengetahui lagu – lagu nasional.

Lagu yang diciptakan oleh Alfred ini digubah oleh Addie M.S dan juga grup band Coklat sehingga sekarang populer untuk dijadikan sebagai salah satu lagu wajib di hari sumpah pemuda yang jatuh di setiap tanggal 28 Oktober.

Makna Lirik Lagu Bangun Pemuda Pemudi

Tentu saja lagu ini dibuat dengan menyematkan arti dan makna di dalam setiap lirik lagu sumpah pemuda ini atau Bangun Pemuda Pemudi ini. Jika dilihat dari kasat mata dan arti harafiah adalah perjuangan akan terus berlanjut bagi para pemuda. Selain itu juga lirik lagu ini menampilkan semangat juang para pemuda yang hendaknya terus ada, jangan mudah putus asa dan menyerah.

Mungkin anda sudah seharusnya mendengar lagu yang satu ini, karena lagu ini cukup populer dan juga merupakan salah satu lagu nasional yang sangat sering dinyanyikan, berikut adalah lirik lengkapnya.

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri Bangun Pemuda Pemudi – Alfred Simanjuntak –

Jadi mengenang Sumpah Pemuda memang diperlukan oleh kita sebagai masyarakat Indonesia. Namun, menerapkan semangat sumpah pemuda yang ada di masa lalu untuk digunakan di masa kini, sangatlah sulit. Ikrar satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa menjadi salah satu hal yang sangat susah diterapkan di masa sekarang.

Gesekan politik sedikit menjadikan semua orang terpecah belah, dan itu benar – benar terjadi di masa sekarang ini, dan apakah sumpah pemuda masih berarti untuk kehidupan masyarakat Indonesia sekarang? Tentunya hanya anda yang tahu jawabannya.

Comment

News Feed