by

Boyband EXO akan merilis Album Terbarunya November Tahun Ini

Kabar gembira untuk para penggemar kpop karena boyband EXo akan mengeluarkan labum keenamnya pada akhir bulan November tahun ini. Kabar ini dilaporkan oleh SBS funE pada hari ini (29/10). Kamu juga mungkin bisa mendengarkan album terbaru ini melalui kanal EXO Spotify.

Album yang diluncurkan boyband EXO dirilis setahun setelah album kelima mereka yang bertajuk “Don’t Mess Up My Tempo”. Album ini juga dirilis pada akhit November tahun lalu. Grup ini juga mengeluarkan versi repacked dari album tersebut dengan judul “Love Shot” Desember lalu.

Sayangnya dua anggota dari grup besutan SM Entertainment, D.O. dan Xiumin, tidak akan turut serta dalam peluncuran album terbaru mereka. Keduanya saat ini sedang menjalani wajib militer. Saat ini boyband Korea ini sedang menjalani tur konser EXO PLANET #5-EXplOration.

Baca juga artikel ini:

Kenapa EXO tidak sepopuler BTS?

Tidak ada yang dapat menyangkal bakat yang dimiliki anggota grup EXO dan BTS. Dengan video music yang meraih jutaan tayangan dan tiket konser yang selalu terjual habis, tidak aneh jika keduanya memiliki nama besar di dunia kpop.

Namun, EXO sepertinya lebih popular di negerinya sendiri, sedangkan BTS mampu meraih popularitas secara global. Kenapa?

Manajemen

Salah satu perbedaan mendasar yang dimiliki EXo dan BTS adalah perusahaan manajemen yang menaungi mereka. Big Hit Entertainment bekerja bersama BTS, sedangkan boyband EXO bekerjasama dengan SM Entertainment. Kedua manajemen ini pastinya memiliki konsep yang berbeda dalam mengorbitkan artis mereka.

Gaya musik

Di Korea, EXO dianggap sebagai boyband paling popular. Grup ini bahkan mendapat julukan “Pilihan Negeri”. Baekhyun menyanyikan Lagu Kebangsaan dalam ajang Olimpiade dua kali, sedangkan EXO mewakili Korea Selatan dalam Olimpiade 2018 di Pyeongchang. Musik yang disajikan grup ini fokus pada penggemar mereka di Korea Selatan dan Cina sehingga kurang memiliki warna musik untuk menarik penggemar dari Negara lain.

Lagu-lagu yang dimiliki BTS ditujukan untuk para penggemar musik global. Bahkan mereka seringkali dianggap sebagai salah satu boyband terbesar di dunia. BTS bekerjasama dengan musisi dari AMerika, sehingga dapat menarik perhatian para penggemar dari artis lainnya seperti Charli XCX, Steve Aoki, dan Halsey.

Nominasi penghargaan

Kedua boyband ini, BTS dan EXO telah masuk nominasi dalam ajang Penghargaan Musik MTV tahun ini. Monsta X, Blackpink, NCT 127, TXT, BTS dan EXo sama-sama masuk nominasi untuk kategori “Kpop Terbaik”.

Namun, BTS mampu memecahkan rekor dengan music yang mereka bawakan. Pad musim gugur tahun ini, BTS akan menjadi grup kpop pertama yang tampil solo di King Fahd International Stadium di Saudi Arabia.

Bukan itu saja. Musik video yang berjudul “Boy With Luv” memecahkan rekor Youtube sebagai video yang paling banyak tayang dalam waktu 24 jam. Rekor ini mengalahkan artis dunia lainnya seperti Miley Cyrus dan Ariana Grande. Bahkan BTS menjadi grup Kpop pertama yang membawakan penghargaan di ajang Grammy Award.

Tapi dalam hal kesuksesan, keduanya mampu meraih posisi teratas dalam tangga music, khususnya di jajaran video trending Youtube. Video music EXO, “Monster” mendapatkan hamper 300 juta tayangan di Youtube, sedangkan video BTS, “Boy With Luv” memiliki 500 juta tayangan.

Lagu-lagu BTS, seperti Map of Soul:Persona, bisa kamu nikmati melalui aplikasi musik Spotify, Apple Music, media streaming lainnya. Album musik EXO, termasuk Don’t Mess Up My Tempo, juga bisa kamu nikmati di kanal EXO Spotify, Apple Music, dan platform lainnya yang menyediakan layanan streaming musik.

Baik EXo maupun BTS memiliki pesonanya tersendiri. Hal ini yang kemudian menarik banyak penggemar yang suka dengan gaya musik masing-masing grup ini. Selera dari setiap penggemar kpop juga berbeda-beda. Jadi tidak aneh jika ada orang yang lebih menyukai lagu-lagu yang bisa dinikmati melalui kanal EXO Spotify, sedangkan yang lainnya senang dengan musik yang disajikan BTS.

Pastinya, boyband EXO maupun BTS dapat memberikan hiburan disaat yang dibutuhkan. Apakah kamu sendiri termasuk fans EXO atau BTS?

Comment

News Feed