by

CPNS Online 2019 Ini Dia Cara dan Jadwal Pendaftaran

Sebentar lagi pendaftaran CPNS online akan segera dibuka. Sebelum kamu mulai mendaftar, sebaiknya kamu mempersiapkan beberapa hal agar proses pendaftaran CPNS 2019 yang kamu lakukan bisa lebih mudah dan juga tidak menimbulkan kendala apapun.

Seperti yang telah diumumkan BKN, recruitmen CPNS 2019 di bulan November ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengisi 152.286 formasi dari berbagai lembaga dan kementerian.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak BKN dalam situs resminya, penerimaan CPNS di bulan November ini terbagi menjadi dua formasi. Formasi yang pertama ditujukan bagi para pendaftar umum. Formasi kedua merupakan formasi khusus yang diperuntukkan bagi mereka yang lulus dengan predikat cumlaude, pelamar disabilitas, diaspora, dan juga formasi untuk pelamar dari Papua.

Pembukaan CPNS online kali ini akan dibuka untuk posisi tenaga pendidikan, dosen, teknis fungsional, kesehatan, dan juga tenaga teknis lainnya. Untuk posisi guru, pemerintah membuka 63,324 formasi, kesehatan 31,756 formasi, dan teknis fungsional 23,660 formasi. Namun, tahun ini pemerintah tidak membuka lowongan untuk posisi tenaga administrasi. Hal ini diungkapkan oleh Bima Haria Wibisana, Kepala BKN, dalam jumpa pers di UPT Balikpapan pada Senin kemarin (28/10).

Masyarakat yang ingin melamar untuk salah satu formasi yang tersedia dalam recruitment CPNS online nanti sebaiknya mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen yang dimaksud antara lain hasil scan dari KTP asli, foto, swafoto, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh masing-masing instansi. Dalam masa pengumuman pembukaan lowongan CPNS ini, BKN berharap agar setiap instansi yang membuka lowongan agar mengumumkan informasi resmi mengenai pembukaan CPNS ini di laman situs, dan juga akun media sosialnya masing-masing.

Informasi menarik lainnya:

Untuk menghindari timbulnya masalah saat mendaftar CPNS online, pelamar diharapkan untuk memahami aturan yang telah diumumkan pada laman SSCASN. Masalah-masalah yang umum terjadi saat proses registrasi CPNS juga akan diberikan solusinya melalui laman FAQ yang tersedia di situs tersebut.

Jika masalah yang dihadapi pelamar tidak tercantum dalam laman FAQ, pelamar dapat menggunakan fasilitas Helpdesk daring yang telah dipersiapkan BKN. Pihak BKN juga akan mempersiapkan layanan Helpdesk luring di kantor pusat BKN, Jl.Mayjen. Sutoyo Nomor 12, Jakarta Timur dan juga di kantor regional BKN. Helpdesk luring ini akan dibuka pada 11 November nanti.

Untuk menghindari munculnya ketidakpuasan saat pengumuman hasil tes CPNS online, para peserta nanti bisa mengajukan sanggahan dalam waktu paling lambat 3 hari setelah pengumuman hasil tes. Pihak instansi juga wajib untuk menjawab sanggahan yang telah diterima selambat-lambatnya tujuh hari setelah penerimaan sanggahan tersebut.

Pendaftaran CPNS online kali ini bisa dilakukan dengan mengakses situs khusus yang telah dipersiapkan di sscasn.bkn.go.id. Hingga saat ini (29/10), situs ini belum bisa diakses sebelum recruitment CPNS pada 11 November resmi dibuka.

Cara validasi dokumen CPNS 2019

Sebelum kamu melakukan pendaftaran CPNS online 11 November nanti, sebaiknya kamu melakukan validasi dokumen yang kamu miliki sebelumnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan data saat pendaftaran nanti.

Untuk memeriksa validitas dari dokumen dokumen kamu, coba saja cara berikut ini:

KTP dan KK

  • Untuk memeriksa apakah data kamu sudah terekam di Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil, kamu bisa memeriksanya dengan cara:
  • Melalui situs Disdukcapil wilayah kamu
  • Mengirimkan surel ke alamat [email protected]
  • Melalui pesan SMS atau Whatsapp ke 1500537. Pesan yang kamu kirim harus menggunakan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan
  • Mendatangi langsung kantor Disdukcapil di wilayah kamu berada.

Ijazah

Kamu bisa memeriksa keabsahan dari ijazah yang kamu miliki melalui situs https://ijazah.ristekdikti.go.id/. Jika ijazah kamu ternyata tidak tercantum dalam database di situs diatas, sebaiknya kamu hubungi langsung pihak Perguruan Tinggi yang mengeluarkan ijazah kamu.

Dokumen lainnya

Validasi dokumen lainnya bisa dilakukan di lembaga atau instansi yang menerbitkan dokumen tersebut.

Cara daftar CPNS online 2019

Seperti recruitment CPNS sebelumnya, pendaftaran CPNS 2019 kali ini juga akan dilaksanakan secara daring, dengan cara:

  • Kunjungi portal pendaftaran CPNS di https://sscasn.bkn.go.id
  • Daftarkan diri kamu dengan membuat akun baru menggunakan Nomor Induk Kependudukan kamu. Kamu juga bisa menggunakan nomor KK atau NIK kepala keluarga kamu. Setelah selesai mendaftar, kamu akan mendapatkan kartu informasi akun SSCASN.
  • Isi data diri kamu
  • Pilih posisi yang kamu inginkan
  • Lengkapi data yang diminta dan unggah dokumen-dokumennya
  • Periksa data kamu melalui resume yang ditampilkan di laman selanjutnya
  • Jika data yang kamu berikan sudah benar, cetak kartu pendaftaran kamu.

Jadwal pelaksanaan CPNS 2019

Pelaksanaan CPNS 2019 akan dilakukan dalam beberapa tahap

  • Oktober 2019: Pengumuman formasi dan Pendaftaran CPNS
  • November 2019: Pengumuman dan pembukaan registrasi CPNS
  • Desember 2019: Pengumuman hasil seleksi secara administrasi
  • Januari 2020: masa sanggah dan pengumuman hasil SKD
  • Februari 2020: Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar
  • Maret: Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar dan pelaksanaan SKB
  • April 2020: Penggabungan nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang

Itulah cara dan jadwal pendaftaran CPNS 2019 yang harus kamu ketahui. Nantikan terus info terbaru mengenai CPNS 2019 melalui laman resmi BKN atau melalui rentetan.com

Comment

News Feed