by

Selebgram Awkarin Ancam Ilustrator, Seniman Lain Angkat Suara

Selebgram Awkarin saat ini sedang menjadi perbincangan hangat karena konfliknya dengan seorang illustrator bernama Nadiyah Rizki. Nadiyah mengaku bahwa Awkarin adalah orang yang menekannya jika ia tidak ingin diperkarakan ke pengadilan.

Permasalah ini berawal dari salah satu cuitan yanmg diposting Nadiyah mengenai seniman yang harus berani memperjuangkan hak cipta hasil karyanya sendiri. Ia juga mengungkapkan bagaimana selebgram Awkarin seringkali mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit pada pencipta aslinya.

Hal ini membuat Awkarin kalap dan mengancam Nadiyah bahwa ia akan membawa masalah ini ke meja hijau. Setelah mendapat tanggapan dari perempuan yang pernah duet dengan Young Lex ini, Nadiyah akhirnya menyerah.

Namun, banyak pihak yang ternyata memberikan dukungan mereka pada Nadiyah. Salah satunya adalah Ernest Prakasa. Ernest mengungkapkan dalam akun Twitternya hari ini (29/10) bahwa ia tidak mengenal Nadiyah. Tapi jika seseorang mencoba untuk memperjuangkan sesuatu yang menjadi haknya, pasti banyak pihak yang akan mendukung. Walau menurut Ernest Nadiyah mencoba untuk mengambil jalan damai, tapi ia siap membantu jika Nadiyah berubah pikiran.

Bahkan Veronica Koman, pengacara LBH, mengungkapkan bahwa dirinya menunggu permintaan maaf dari selebgram Awkarin (@awkarin) pada Nadiyah (@nadiyahhrs). Namun Veronica justru menyoroti sikap Awkarin yang turut andil dalam menggugat para penguasa yang menyalahgunakan kekuasaannya pada rakyat kecil.

Baca juga:

Ia berharap penyanyi yang memiliki akun spotify Awkarin ini dapat mempraktekkan hal tersebut dalam ruang lingkup yang lebih kecil. Bahkan Veronica mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk membantu Nadiyah secara hukum.

Alexander Thian, seorang blogger, juga menyatakan dukungannya pada sang illustrator. Bahkan ia menambahkan bahwa Awkarin adalah orang yang telah menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Setelah melakukan berbagai kegiatan yang membuat masyarakat berpikir bahwa Awkarin telah berubah. Tapi dengan tindakannya tersebut justru menunjukkan dirinya yang asli. Itulah yang diungkapkan Alexander Thian.

Ternyata bukan itu saja masalah yang menghinggapi public figure yang kerap mengikuti aksi kemanusiaan ini. Selebgram Karin “Awkarin” Novilda telah menarik banyak kritik dan pujian setelah ikut serta dalam beberapa aksi filantropis menyusul protes #ReformasiDikorupsi (#ReformCorrupted) baru-baru ini.

Politisi dan mantan aktivis 1998 Budiman Sudjatmiko bercuit di akun twitter resminya @budimandjatmiko bahwa tindakan Awkarin didorong oleh sensasi, dan dibandingkan dengan pengusaha yang dermawan Tri Mumpuni, yang terlibat dalam kegiatan pengembangan tenaga listrik tenaga air dan kemudian dianugerahi Penghargaan Ramon Magsaysay di 2011.

“Dua contoh perbuatan baik yang dilakukan oleh dua wanita: 1. Awkarin dan 2. Tri Mumpuni. Yang pertama [melakukan perbuatan baik] berdasarkan pada sensasionalisme, yang kedua [karena] alasan esensial. Kebaikan harus sensasional tetapi juga haru esensial. Satu saja tidak cukup. Budaya kita lebih suka yang pertama, meskipun tubuh kita membutuhkan yang kedua, ”katanya dalam tweet.

Awkarin menanggapi tweet di akun Twitter-nya sendiri @awkarin, mengatakan bahwa orang-orang harus berhenti mengadu domba satu sama lain.

“Jangan membandingkan seorang wanita dengan wanita lain untuk menjatuhkan salah satu dari mereka. Mba Dian Sastro, Mba Tsamara Amany, Bu Butet, dan saya memiliki peran kita sendiri dalam membantu negara ini. Kami tidak perlu dibandingkan. Yang dibutuhkan adalah [agar perempuan] dipersatukan dan diberdayakan. #SaveTheWorld , ”katanya dalam cuitannya yang tertuju pada aktris Dian Sastrowardoyo dan politisi muda Tsamara Amany.

Cuitannya tersebut segera didukung oleh banyak netizen dan juga selebriti lainnya. Dian Sastro mengungkapkan bahwa kita semua memiliki cara sendiri untuk bertindak . Itulah yang membuatnya tersentuh. Bahkan ia merasa bangga dengan semangat persatuan yang digaungkan Awkarin.

Awkarin adalah perempuan yang menjadi terkenal di YouTube dan Instagram pada 2016. Pada awalnya ia tampil sebagai selebriti yang kontroversial. Ia sering mengunggah konten hubungan asmara dengan pacarnya serta kehidupannya yang glamor dengan teman-temannya.

Tahun lalu dia mengumumkan di akun media sosialnya bahwa dia akan “pensiun” sebagai selebriti Instagram karena dia merasa lelah dan merindukan “kehidupan normal”. Dia juga mengatakan ingin menggunakan ketenarannya untuk tujuan yang baik.

Pada 24 September tahun ini, ia menjadi salah satu selebriti yang mendukung penyebab #ReformasiDikorupsi, terutama aspek-aspek tertentu seperti kebebasan berbicara dan hak-hak perempuan. Ia dan timnya bergabung dengan protes mahasiswa dan membagikan 3.000 kotak makanan ke para pengunjuk rasa. Dia juga dating lagi dengan timnya setelah demonstrasi selesai untuk membersihkan sampah yang tersisa.

Tidak lama kemudian, Awkarin terbang ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk memeriksa lokasi kebakaran lahan gambut dan menyebarkan pesan tentang betapa buruk situasi disana. Dia bertemu dengan anak-anak yang terkena dampak kabut asap, menanam pohon, dan membantu tim pemadam kebakaran.

Comment

News Feed