by

Budidaya Porang Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

Umbi Porang mulai menjadi sorotan masyarakat Indonesia setelah seorang petani di Madiun berhasil mengembangkan daerahnya dengan umbi-umbian ini. Apakah manfaat dari budidaya Porang ini?

Porang adalah tanaman yang digunakan untuk membuat suplemen diet tinggi serat, jeli, dan tepung. Ini digunakan secara tradisional dalam masakan Jepang dan pengobatan Tiongkok. Tetapi apakah Porang memiliki manfaat kesehatan yang terbukti?

Nama yang tepat untuk tanaman Porang adalah Amorphophallus , tetapi kadang-kadang juga disebut Porang, ubi gajah, lidah setan, palem ular, dan voodoo lily.

Apa itu Porang?

Tumbuhan Porang merupakan umbi yang tinggi kandungan serat makanan yang disebut glukomanan. Kandungan ini adalah bagian dari tanaman yang digunakan sebagai suplemen makanan dan untuk membuat tepung dan jeli serat tinggi.

Berbagai produk yang berbeda dapat dibuat dari umbi Porang, termasuk:

  • Tepung Porang : Ini dibuat dengan menggiling umbi Porang kering untuk membuat tepung yang dapat digunakan untuk membuat mie.
  • jeli : Setelah diproses lebih lanjut, tepung Porang dapat digunakan untuk membuat jeli atau permen karet. Ini bisa digunakan sebagai pengganti gelatin untuk mengentalkan makanan.
  • Serat larut: Ketika jeli yang terbuat dari hasil budidaya Porang dimurnikan lebih lanjut, dapat dibuat menjadi serat larut yang digunakan sebagai suplemen makanan.

Enam manfaat kesehatan Porang

Konjac memiliki sejumlah manfaat potensial kesehatan yang dieksplorasi di bawah ini. Banyak dari manfaat ini berhubungan dengan tingginya kandungan glukomanan, serat makanan larut yang ada di tanaman Porang.

1. Manajemen diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi campuran glukomanan dan ginseng dapat memberikan perubahan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Sebuah ulasan di tahun 2015 juga mencatat bahwa glukomanan membuat pengidap diabetes cenderung mengurangimakanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah mereka. Ini dikarenakan Porang membuat mereka merasa kenyang lebih lama.

2. Penurunan berat badan

Glukomanan yang terbuat dari hasil budidaya Porang dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa suplemen serat makanan yang larut membantu orang-orang yang kelebihan berat badan untuk mengurangi berat badan mereka .

Orang-orang menggunakan suplemen ini sebagai bagian dari diet seimbang yang dapat mengontrol asupan kalori. Jenis serat ini membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pengosongan lambung.

Para peneliti membandingkan efek suplemen glukomanan dengan suplemen guar gum. Mereka menemukan bahwa suplemen glukomanan meningkatkan penurunan berat badan sedangkan suplemen guar gum tidak. Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari diet serat yang lebih tinggi, termasuk menggunakan Porang, untuk menurunkan berat badan.

Artikel lainnya:

3. Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi berarti orang lebih berpotensi mengalami penyakit jantung atau terserang stroke. Serat yang larut dalam air dianjurkan untuk membantu mengatasi kolesterol dan berat badan berlebih.

Suplemen Glukomanan dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol. Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa glukomanan memiliki efek mengatur pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah studi lebih lanjut pada 2017 menentukan dosis glukomanan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar kolesterol. Peneliti menemukan 3 gram per hari merupakan dosis yang yang tepat untuk mendapatkan kadar kolesterol yang sesuai.

4. Sembelit

Mengonsumsi suplemen glukomanan dapat membantu mengatur pergerakan usus seseorang dan mencegah terjadinya sembelit. Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa dosis glukomanan yang cukup dapat meningkatkan pergerakan usus pada orang dewasa sebesar 30 persen. Para peneliti juga menemukan suplemen serat makanan larut membantu meningkatkan kesehatan usus pada orang yang mengalami sembelit.

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa mengkonsumsi glukomanan ternyata dapat meningkatkan frekuensi buang air besar pada anak-anak yang mengalami konstipasi. Namun, para peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi glukomanan tidak selalu meningkatkan konsistensi feses atau meningkatkan keberhasilan perawatan yang menggunakan bahan dari hasil budidaya Porang ini.

5. Kulit sehat

Glukomanan juga dapat membantu orang yang ingin meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa glukomanan bermanfaat sebagai terapi topikal untuk jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

6. Penyembuhan luka

Selain dapat membantu menjaga kesehatan kulit, glukomanan juga dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Sebuah studi tahun 2015 pada tikus menemukan bahwa suplemen glukomanan dapat mendorong penyembuhan luka dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan apakah glukomanan efektif untuk penyembuhan luka pada manusia.

Risiko mengkonsumsi Porang

Ketika dimakan langsung, Porang dapat menimbulkan risiko tersedak, terutama pada anak-anak. Ini karena Porang menyerap banyak air dan tidak mudah larut. Jadi sangat penting untuk mengunyahnya dengan baik agar dapat tertelan dengan mudah.

Suplemen Porang dapat berdampak pada kadar gula darah, sehingga penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsinya. Karena Porang dapat mengurangi sembelit, beberapa orang mungkin mengalami diare ketika mereka mengonsumsi suplemen Porang.

Produk Porang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Umbi ini dapat membantu menjaga kadar gula dan kolesterol dalam darah pada tingkat yang rendah, meningkatkan kesehatan kulit dan usus, membantu menyembuhkan luka, dan menurunkan berat badan. Apakah kamu tertarik untuk mengkonsumsinya atau lebih tertarik untuk budidaya Porang?

Comment

News Feed