by

Kucing Meine Coon: 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Dari Kucing Ini

Jika kamu pecinta kucing, pastinya kamu mengenal kucing Meine Coon. Seperti apakah ciri-ciri dan harga kucing Meine Coon ini? Di National Cat Day yang jatuh pada 29 Oktober, mungkin kamu bisa mendapatkan kucing spesial ini dengan mudah.

Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing alami dengan ukuran yang cukup besar. Bentuk tubuhnya yang terlihat tegap dan berotot dengan bulu yang cukup tebal, kucing yang satu ini bisa menjadi teman untuk anak, anjing, atau bahkan orang tua di rumah. Karenanya tidak aneh jika kucing ini mendapat julukan “Raksasa Yang Lembut”.

1. Karakteristik

Kucing Mein Coon memiliki karakteristik yang menarik. Hewan ini sangat ramah terhadap anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Bahkan kamu bisa bermain-main dengannya dalam waktu yang lama karena tingkat energinya yang tinggi.

2. Sejarah

Banyak yang mengatakan bahwa kucing Mein Coon merupakan kawin silang antara kucing dan rakun. Kenyataannya, kucing ini memiliki kemiripan dengan jenis kucing hutan Norwegia. Tidak aneh jika ada pelaut yang membawanya dan mengawinkannya dengan jenis kucing domestik di Amerika.

Bentuk tubuh yang dilengkapi dengan jumbai di telinga dan kakinya serta bulu yang cukup tebal sepertinya memang didesain untuk menghadapi kondisi cuaca dingin. Di Inggris, kucing ini biasanya dipelihara di lumbung untuk mengejar tikus-tikus yang berkeliaran.

Pertunjukan pertama yang menampilkan kucing coon Maine diadakan pada akhir 1860-an di Maine. Pada tahun 1895, seekor kucing Maine Coon menjadi kucing terbaik di acara kucing pertama di Amerika Utara, yang diadakan di New York City.

Namun, trah kucing Meine Coon hampir menghilang ketika trah kucing berbulu panjang lainnya saat kucing Persia mulai mendominasi dunia. Jenis kucing ini dihidupkan kembali oleh Central Maine Cat Club dan, setelah penolakan berulang kali, akhirnya diterima oleh Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) pada tahun 1976. Kucing Maine Maine dinyatakan sebagai kucing resmi negara Maine pada tahun 1985.

Kucing Maine Coon yang banyak dikenal memiliki warna coklat. Tetapi kenyataannya kucing ini memiliki beragam warna. CFA  mengungkapkan bahwa jenis kucing raksasa ini memiliki beragam warna kecuali kucing dengan pola bintik seperti kucing Himalaya atau berwarna lavender.

Kucing Maine Coon telah diakui oleh “Guinness Book of World Records” sebagai kucing terpanjang di dunia, dengan ukuran 48 ½ inci dari ujung hidung hingga ujung ekor.

Baca juga artikel menarik ini:

3. Perawatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon dewasa dapat berukuran sangat besar. Biasanya dibuthkan waktu antara tiga hingga empat tahun bagi kucing ini untuk mencapai ukuran maksimalnya. Walau hewan berbulu ini ramah, loyal, dan penyayang, tapi mereka bukan tipe kucing yang senang bersantai di pangkuan kamu.

Mereka menunjukkan kemandirian tetapi juga bisa membuat kamu terpikat dengan daya tariknya tersebut. Mereka akan naik ke pangkuan kamu jika mereka merasa sudah siap. Bulunya yang tebal biasanya hanya membutuhkan perawatan standar saja. Dengan menyisirnya setiap minggu dapat menghindarkan mereka dari bahaya tersedak bola bulu. Kamu juga harus memotong kuku kucing setiap beberapa minggu dan memberikan tempat garukan untuk mereka. Bantu kucing kamu menjaga kebersihan gigi mereka dengan menyikat giginya secara teratur dan melakukan pembersihan rutin di dokter hewan.

Kucing Maine Coon mudah bergaul dengan kucing lain dan bahkan dengan anjing. Tetapi kucing ini dapat bersikap pasif di sekitar orang asing. Kucing-kucing ini bisa cocok dalam keluarga, apalagi jika anak-anak bisa memperlakukannya dengan baik. Mereka bisa diajak bermain dress-up jika diperlakukan dengan benar.

Kucing Maine Coon tidak akan bermasalah dalam cuaca dingin. Tapi sebaiknya kamu tetap menjaganya agar selalu berada di dalam rumah. Hal ini untuk melindungi mereka dari penyakit, perkelahian, kecelakaan kendaraan bermotor, dan bahaya lainnya yang mungkin dapat mengancam keselamatannya.

4. Masalah kesehatan

Seekor kucing Maine Coon harus menerima vaksinasi secara rutin dan perawatan seperti yang didapatkan kucing domestik lainnya. Ada beberapa kondisi yang membuat mereka lebih rentan mengalami masalah kesehatan:

  • Kardiomiopati hipertrofik kucing, suatu kondisi bawaan dari pembesaran jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung dan pembekuan darah
  • Atrofi otot tulang belakang, suatu kondisi bawaan yang menyebabkan atrofi dan kelemahan otot
  • Hip dysplasia, kemunduran sendi panggul

Selain itu, kucing Maine Coon dikenal memiliki jari kaki ekstra. Kondisi yang disebut polydactylism ini dianggap sebagai cacat tetapi tidak berpengaruh pada kesehatan kucing.

5. Harga kucing Maine Coon

Harga kucing Meine Coon memang terbilang cukup mahal. Selain karena kucing ini termasuk kucing impor, untuk mendapatkan kucing dari keturunan asli, kamu mungkin harus merogoh kocek kamu dalam dalam.

Harga kucing Meine Coon sendiri berkisar antara Rp.5,000,000 hingga Rp,18,000,000. Harga bisa dipengaruhi oleh usia, vaksinasi, sertifikat, bahkan hingga asal keturunannya (pedigree). Jika kamu tertarik untuk membeli kucing ini, sebaiknya kamu membawa orang yang mengerti karakter dari kucing ini.

Itulah beberapa hal dari trah kucing berbului tebal yang harus kamu ketahui dari mulai ciri-ciri hingga harga kucing Meine Coon. Apakah kamu tertarik untuk membeli kucing raksasa ini? Mumpung hari ini National Cat Day, ayo mulai berburu.

Comment

News Feed