by

Informasi Gempa Hari Ini Di Ambon, Pangandaran, Manado

Pagi tadi, masyarakat Ambon dikagetkan dengan gempa berskala 3.2 magnitudo. Informasi gempa dari BMKG menyebutkan bahwa gempa tersebut berada di kedalaman 10 km di sebelah Selatan Kairatu, tepatnya di 3.56 Lintang Selatan dan 128.4 BT. Info gempa hari ini ini dikabarkan tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi pada pukul 9:22 WIB tersebut berdekatan dengan gempa yang terjadi di Pangandaran pada pukul 08:56 WIB. Informasi gempa yang terkumpul mengungkapkan bahwa gempa berskala 4.8 skala Richter tersebut berada 79 kilometer sebelah Barat Daya pantai Pangandaran. Gempa ini juga terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Gempa yang terjadi di Pangandaran tersebut terasa getarannya hingga Ciamis dan Cilacap. Salah seorang warga yang berdomisili di Ciamis, Adi, mengungkapkan bahwa dirinya sempat panik saat merasakan getaran gempa yang terjadi . Ia baru berani untuk memasuki rumahnya setelah yakin bahwa gempa benar-benar telah berhenti.

Berita terkini lainnya:

Berdasarkan informasi gempa yang dikeluarkan BMKG, untuk hari ini (31/10) saja telah terjadi tiga gempa. Selain Kairatu dan Pangandaran, gempa juga terjadi di sekitar Manado, tepatnya 128 kilometer Barat Laut jailolo. Info gempa hari ini yang terjadi di Jailolo berskala 5.4 skala Richter dan berpusat di kedalaman 10 kilometer. Hingga saat ini, pihak BMKG belum memberitakan apakah ketiga gempa tersebut berhubungan atau tidak.

Tapi yang terpenting jika kamu mendapatkan info gempa hari ini adalah cara kamu menghadapi situasi kamu. Saat gempa terjadi di wilayah kamu, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

Jika kamu sedang berada di dalam ruangan saat gempa terjadi, pastikan:

  • Berbaring di lantai, carilah perlindungan dengan masuk ke bawah meja yang kokoh atau perabot lainnya dan diamlah disitu sampai goncangan berhenti. Jika tidak ada meja atau meja di dekat kamu, tutupi wajah dan kepala kamu dengan lengan dan jongkok di bagian sudut dalam ruangan.
  • Jauhi kaca, jendela, pintu dan dinding di luar, dan apa pun yang dapat jatuh, seperti lampu atau perabot.
  • Tetap di tempat tidur jika kamu berada di sana ketika gempa terjadi. Pegang dan lindungi kepala kamu dengan bantal, kecuali jika kamu berada di bawah lampu yang bisa jatuh. Dalam hal itu, pindah ke tempat terdekat yang lebih aman.
  • Jangan menggunakan pintu kecuali jika pintu tersebut sangat kuat dan dekat dengan posisi kamu.
  • Tetap di dalam ruangan sampai goncangan berhenti dan aman untuk pergi ke luar. Jangan keluar dari gedung saat gempa masih berlangsung. Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar cedera terjadi ketika orang di dalam bangunan berusaha untuk pindah ke lokasi lain di dalam gedung atau mencoba untuk pergi.
  • JANGAN gunakan lift.
  • Listrik mungkin bisa tiba-tiba padam atau alarm kebakaran dapat menyala. Jangan panik karena hal tersebut.

Jika kamu berada di luar ruangan saat gempa

Pastikan kamu melakukan hal berikut jika kamu berada di luar ruangan saat gempa:

  • Tetap berada di luar.
  • Jauhi gedung, lampu jalan, dan kabel listrik.
  • Setelah berada di tempat terbuka, tetap di sana sampai guncangan berhenti. Bahaya terbesar ada di luar bangunan, di pintu keluar dan di samping dinding bangunan.

Jika kamu berada di kendaraan yang bergerak saat gempa

Pastikan kamu melakukan hal berikut jika kamu berada di kendaraan yang bergerak saat gempa:

  • Berhenti
  • Sesegera mungkin dan tetap berada di dalam kendaraan. Hindari berhenti di dekat atau di bawah bangunan, pohon, jalan layang, dan kabel utilitas.
  • Lanjutkan dengan hati-hati setelah gempa berhenti. Hindari jalan atau jembatan yang mungkin telah rusak oleh gempa bumi.

Jika kamu terjebak di bawah puing-puing

Pastikan kamu melakukan hal berikut jika kamu terjebak di bawah puing-puing selama atau setelah gempa bumi:

  • Jangan menyalakan korek api.
  • Jangan bergerak atau menendang debu.
  • Tutupi mulut kamu dengan sapu tangan atau pakaian.
  • Ketuk pipa atau dinding sehingga penyelamat dapat menemukan kamu. Gunakan peluit jika tersedia. Berteriak hanya sebagai pilihan terakhir. Berteriak dapat menyebabkan kamu menghirup debu yang bisa membahayakan keselamatan kamu.

Jika kamu mendapatkan informasi gempa atau info gempa hari ini, jangan panik. Ikuti petunjuk yang telah tersedia diatas.

Comment

News Feed