by

Martha Tilaar Berduka, Berikut Adalah Biografi Lengkap H.A.R Tilaar

Martha Tilaar Berduka, Berikut Adalah Biografi Lengkap H.A.R TilaarRentetan – Suami Martha Tilaar dikabarkan meninggal dunia pada hari rabu (30/10/2019) pada pukul 10.48 WIB.

Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang sering dikenal dengan nama H.A.R Tilaar merupakan seorang yang sangat dekat dengan dunia Pendidikan. Beliau tutup usia di umur 87.

Dengan memiliki latar belakang pendidik, praktisi Pendidikan dan juga pemikir Pendidikan H.A.R Tilaar sudah sangat berperan dalam dunia Pendidikan di Indonesia. Namun, seringkali kebanyakan orang tidak mengetahui sepak terjang yang dimiliki oleh Beliau.

Seperti apa profil lengkap suami Martha Tilaar ini? Dan seperti apa perjuangan serta sepak terjangnya di dunia Pendidikan? Kita akan bahas pada kesempatan kali ini untuk mengetahui secara lengkap profil yang dimiliki.

Profil Dan Biografi H.A.R Tilaar

H.A.R Tilaar pada tahun 16 Juni 1932 di sebuah desa yang terpencil di dekat danau Tondano. Dari sejak kecil dia memang terkenal sangat rajin dan mampu menyelesaikan berbagai Pendidikan dasar dimulai dari Sekolah Rakyat (SR) di tahun – tahun sebelum Indonesia merdeka.

Setelah berhasil lulus dari SR kemudian H.A.R Tilaar melanjutkan Pendidikan di Chr. Normall School yang kemudian juga diselesaikan dengan sangat baik. Setelah itu Beliau melanjutkan Pendidikan di tingkat menengah atas di sekolah Kweek School.

Setelah lulus kemudian H.A.R Tilaar mulai tertarik dengan dunia Pendidikan dengan mengambil jurusan Pendidikan guru B-I dan B-II ilmu pendidik di Bandung yang juga diselesaikan dengan sangat baik, Beliau bersekolah di tempat ini pada tahun 1957 – 1959.

Universitas Indonesia adalah kampus yang dikenal sebagai almamater dari H.A.R Tilaar. Beliau meraih gelar Sarjana Pendidikan di kampus kuning ini dengan predikat cumlaude. Setelah berhasil memperoleh predikat cumlaude di tahun 1961 kemudian di tahun 1964 beliau mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan Pendidikan di Amerika Serikat. Beasiswa USAID berhasil didapatkan dan beliau melanjutkan perkualiahannya di University of Chicago.

Penghargaan Dan Prestasi H.A.R Martha Tilaar

Mulai dari Pendidikan dasar hingga Pendidikan tinggi H.A.R adalah tipikal orang yang sangat jenius. Beliau mampu menyelesaikan Pendidikan dengan baik dan hampir sempurna. Banyak penghargaan yang dimiliki oleh H.A.R yang kemudian menjadikan beliau seseorang yang cukup sempurna untuk menjadi pahlawan Pendidikan.

Salah satunya adalah nama beliau tercantum di sebuah buku “Who’s Who in the World” yang merupakan salah satu buku yang menceritakan biografi 50.000 orang diseluruh dunia dengan prestasi yang mengejutkan.

Selain itu di tahun 1967, beliau memperoleh gelar Master of Science of Education dari Indiana University yang kemudian di Universitas yang sama beliau juga memperoleh gelar Doctor 2 tahun kemudian di tahun 1969.

Selain itu Beliau juga merupakan orang yang aktif mengikuti berbagai kegiatan pelatihan Lembaga – Lembaga dunia seperti World Bank, PBB, IBRD, dan lain – lain. Walaupun secara tidak langsung karya – karya yang dimiliki oleh H.A.R tidak terlalu didengar di dalam negeri, tapi karyanya sangat dihargai di luar sana.

Beberapa kali Beliau membuat sebuah karya ilmiah yang membuat dia mengisi sebuah seminar di Havard pada tahun 2003, yang juga merupakan sebuah kritik yang dikeluarkannya untuk sistem Pendidikan yang ada di Indonesia. Selain itu di tahun 2007 Beliau juga merupakan penerima Certificate of Ceremony, World record of Achievement in Pendagogy.

Karir Dan Pekerjaan H.A.R Suami Martha Tilaar

Beliau adalah seorang pendidik yang mengabdikan dirinya menjadi seorang guru mulai dari beliau berada di SR atau Sekolah Rakyat. Selama 45 tahun beliau berprofesi menjadi seorang pendidik sampai akhirnya di tahun 1997 H.A.R menjabat sebagai seorang guru besar UNJ (Universitas Negeri Jakarta).

Beberapa Karir dan Pencapaian suami Martha Tilaar:

  • 45 tahun menjadi pendidik.
  • Dekan IKIP (Universitas Negeri Jakarta, Sekarang) 1976 – 1980.
  • Guru Besar UI (Universitas Indonesia) dan UKI (Universitas Kristen Indonesia).
  • Aktif di organisasi Pendidikan seperti IPSI, ISPPSI, HIPIIS, dan ADI (Asosiasi Dosen Indonesia).
  • Staff Ahli BAPPENAS (1970 – 1974)
  • Dianugerahi Bintang Jasa Utama Republik Indonesia.
  • Konsultan di beberapa organisasi seperti UNDP, Asian Development Bank (ADB),

Bahkan setelah pensiun sendiri Beliau masih sangat tertarik dengan dunia Pendidikan, dengan berkeliling dunia dan melakukan riset terkait Pendidikan yang kemudian ditulis menjadi buku – buku dan juga artikel yang disebar luaskan.

Karya Ilmiah Dan Hasil Karya Lain

Berikut ini adalah beberapa karya yang sudah dihasilkan oleh H.A.R Tilaar:

  • Manajemen Pendidikan Indonesia: Kajian Pendidikan Masa Depan. Yang merupakan sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1992.
  • Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Merupakan buku yang diterbitkan di tahun 1998.
  • Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Adalah sebuah buku yang mengkritik Pendidikan di Indonesia.

Total ada 12 buku lebih yang sudah diterbitkan oleh H.A.R dan juga sekitar 200 artikel yang semuanya fokus pada Pendidikan. Beliau juga kerap mengkritisi Pendidikan di Indonesia dengan segala sistem yang dijalankan. Meskipun begitu beliau juga pernah merasa bahwa memang tidak pernah dihargai oleh Pemerintah Indonesia.

Tapi dengan passion dan juga ketekunannya dalam dunia Pendidikan beliau terus berkarya dan terus melanjutkan pekerjaannya walaupun sampai pensiun hingga wafat di hari Rabu (30/10/2019) kemarin. Jadi apakah anda sudah mengenal sosok yang sangat mencintai Pendidikan ini? Tentunya ada baiknya kita mengenalnya sebagai salah satu orang praktisi Pendidikan yang cukup berharga dan sangat cerdas dari Indonesia.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Demikian artikel kali ini semoga informasi kali ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Comment

News Feed