by

Masalah Instagram Down Lagi Bikin Warganet Panik

9 jam yang lalu, banyak warganet yang mengeluhkan masalah media sosial saat mengakses akun Instagram mereka. Bukan itu saja, aplikasi saudaranya juga seperti Facebook apk dan media kirim pesan Whatsapp juga sempat mengalami down seperti masalah Instagram.

Dalam laman Twitter resminya, Facebook mengungkapkan telah terjadi masalah Instagram dan beberapa aplikasi lainnya sehingga warganet kesulitan untuk mengaksesnya. Pihak Facebook sendiri menyatakan bahwa pihaknya telah mengatasi masalah tersebut.

Masalah Instagram ini terjadi bukan hanya di Indonesia saja. Warganet di berbagai belahan dunia juga mengeluhkan hal yang serupa. Beberapa dari mereka tidak dapat mengakses feed merea sedangkan yang lainnya tidak bisa mengupdate Instagram story.

Di Indonesia masalah Instagram mulai dirasakan para penggunanya sekitar pukul 22:00 WIB tadi malam (30/10).  Berdasarkan informasi yang disampaikan pada laman downdetector.id, dari 119 laporan yang masuk pada awal masalah Instagram mulai terjadi, 72% dari warganet mengaku tidak dapat mengakses News Feed, 16% dari pengguna aplikasi ini tidak bisa mengunggah Story, dan 11% tidak dapat login sama sekali.

Bukan hanya sekali ini saja media berbagi foto dan video ini bermasalah. Di awal Oktober, aplikasi saudara Facebook apk juga mengalami masalah yang sama. Bahkan tahun ini, Instagram terus mengalami kendala yang berpengaruh pada aplikasi lainnya seperti facebook apk dan juga media kirim pesan Whatsapp.

Namun ada juga beberapa orang yang justru merasa bahagia karena masalah Instagram ini. Bukan hal yang aneh bahwa saat ini banyak orang yang kecanduan dengan media sosial. Dengan kejadian masalah Instagram, Facebook apk, dan kirim pesan Whatsapp yang terjadi saat ini, para warganet dapat mengurangi efek negatif dari kecanduan media sosial.

Baca artikel lainnya:

Ulasan Film Joker Yang Baru Tayang Kemarin

Ini Penyebab Instagram Down Tadi Pagi Yang Membuat Geger Netizen Twitter

Ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kalau kamu sudah kecanduan media sosial. Beberapa peneliti saat ini telah menemukan hubungan antara efek kecanduan Instagram dengan resiko kesehatan mental dan depresi. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu mengalami kecanduan Instagram dan media sosial lainnya.

1. Memposting sesuatu di media sosial bisa membuat kamu stres (dan tidak memposting sesuatu makin membuat kamu stres)

Tekanan untuk memposting image yang sempurna memang nyata. Beberapa warganet mungkin berpikir bahwa postingan hanya berurusan dengan foto yang baik. Tapi kenyataannya, banyak hal lain yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Setelah mendapatkan hasil jepretan yang bagus, kamu harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeditnnya, memilih fitur yang tepat, dan menulis caption yang menarik. Ada juga orang-orang yang mendapatkan tekanan mental jiak ia tidak memposting sesuatu, ia akan merasa khawatir kehilangan follower.

2. Merasa terganggu saat tidak ada yang memberikan like atau komentar

Media sosial memang memberikan kita akses untuk berhubungan dengan orang lain dalam dunia maya. Tapi tidak semua hal yang ditampilkan di media sosial mewakili kehidupan seseorang di dunia nyata.

Jika kamu merasa khawatir postingan kamu tidak mendapat like atau komentar dari pengguna lainnya, bisa jadi kamu mengalami masalah dengan perspektif kamu. Hanya karena seseorang tidak memberikan like pada postingan kamu, bukan berarti mereka tidak menyukai diri kamu.

3. Terus memeriksa postingan orang yang tidak kamu sukai

Kamu mungkin memiliki seseorang yang tidak kamu sukai. Kamu juga mungkin tidak pernah berinteraksi dengan postingannya atau bahkan tidak mengikuti akunnya. Tapi anehnya kamu terdorong utnuk selalu memerikasa postingan mereka setiap hari.

Secara logika, tidak ada alasan buat kamu untuk memeriksa akun yang bisa membuat kamu tersinggung atau bahkan emosi. Tapi jika kamu masih melakukannya, besar kemungkinan kamu memiliki tanda-tanda kecanduan Instagram atau media sosial lainnya.

4. Menghapus postingan yang mendapat sedikit like

Setelah melalui banyak tahap untuk mendapatkan postingan yang sempurna pastinya bisa membuat stres. Tapi kamu justru merasa lebih stres saat kamu mulai mempostingnya. Memang like dan komentar menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan strategi media sosial yang kamu jalankan. Tapi harga diri yang kamu miliki tidak ditentukan berdasarkan jumlah like yang kamu dapat.

5. Mustahil melakukan suatu pekerjaan tanpa memeriksa akun media sosial kamu

Kamu mungkin melakukan berbagai kegiatan dalam keseharian kamu. Tapi jika kamu tidak dapat menjalani kegiatan kamu tanpa harus berhenti dan memeriksa akun media sosial, berarti kamu sudah kecanduan media sosial. Kamu juga mungkin kecanduan media sosial jika kamu merasa harus memposting semua kegiatan kamu.

Pastinya, masalah Instagram yang sering terjadi akhir-akhir ini sepertinya bisa menjadi hal yang harus kamu syukuri. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengobati kecanduan kamu terhadap media sosial.

Comment

News Feed