by

Cara Mudah Membuat SKCK Online Untuk Memenuhi Syarat CPNS

Surat Keterenagn Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu syarat dalam dokumen untuk melamar kerja. Pelampiran SKCK juga dibutuhkan sebagai salah satu syarat CPNS. Apalagi dalam waktu dekat pendaftaran CPNS akan segera dibuka. Ini dia cara membuat SKCK online tanpa harus ribet antri.

SKCK diterbitkan oleh pihak kepolisian untuk menunjukkan bahwa pemilik surat keterangan ini tidak pernah terlibat tindak kriminal apapun. Syarat mengurus SKCK online hampir mirip dengan persyaratan buat SKCK langsung di kepolisian. Hanya saja kamu harus mempersiapkan dokumen kamu dalam format digital.

SKCK yang telah dikeluarkan pihak kepolisian memiliki masa berlaku hingga enam bulan. Setelah masa berlakunya berakhir, sang pemilik harus melakukan perpanjangan dengan melampirkan syarat memperpanjang SKCK yang telah diberikan pihak berwenang.

Agar syarat CPNS dapat terpenuhi, kamu bisa membuat SKCK di kantor polisi dengan mempersiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  • Fotokopi dari Kartu Identitas (KTP)
  • Fotokopi paspor (opsional)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi Akte Lahir/ijazah/kenal lahir
  • Fotokopi kartu identitas lain bagi mereka yang belum memiliki KTP
  • Pas foto berukuran 4X6 dengan latar berwarna merah sebanyak enam lembar
  • Hasil rekam sidik jari
  • Biaya administrasi Rp.30,000

Proses pembuatan SKCK ini biasanya tidak memakan waktu lama. Setelah kamu mengisi beberapa formulir dan menyerahkan dokumen yang diminta, kamu bisa langsung mendapatkan SKCK di hari yang sama.

Namun jika kamu tidak sempat datang ke kantor polisi, kamu bisa membuatnya secara online. Syarat mengurus SKCK online ini sama dengan persyaratan saat kamu mengurusnya langsung ke kepolisian.

Setelah mempersiapkan persyaratan diatas, kamu bisa mengunjungi situs SKCK Polri untuk mengisi formulir pembuatan SKCK. Formulir yang harus kamu isi antara lain data Satwil, data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana (riwayat kejahatan), ciri fisik, dan keterangan lainnya. Kamu harus mengisi riwayat perkara pidana yang pernah kamu jalani karenanya nantinya data kamu akan diperiksa silang dengan data yang ada di kepolisian. Kamu juga akan diminta untuk mengunduh dokumen-dokumen kamu.

Artikel selanjutnya:

Setelah kamu selesai mengisi semua formulir dan juga mengunggah dokumen yang diminta, kamu akan diminta untuk membayar biaya administrasi ke rekening BRI kepolisian. Jika kamu telah menyelesaikan pembayaran, jangan lupa untuk menyimpan tanda bukti pembayaran tersebut. Kamu akan membutuhkan kode yang tertera dalam tanda bukti pembayaran untuk mengambil SKCK kamu di kantor polisi.

Pengambilan SKCK online ini dapat dilakukan paling lambat 3 hari setelah kamu melakukan proses pembuatan secara online. Jika kamu belum mengambil SKCK di kepolisian setelah waktu yang ditentukan, kamu harus melakukan proses pembuatan SKCK online dari awal lagi karena data kamu sebelumnya akan langsung dihapus secara otomatis oleh sistem.

Pendaftaran CPNS

Seperti yang sudah kamu ketahui, pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada 11 November 2019. Agar proses pendaftaran kamu lancar, sebaiknya kamu mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sedari sekarang.

Selain agar kamu siap saat pendaftaran CPNS dibuka, hal ini juga untuk menghindari jika kamu tidak bisa mengakses layanan SKCK online karena server yang penuh. Selain itu, kamu juga sebaiknya melakukan validasi dokumen-dokumen kamu.

Kamu tidak perlu khawatir jika dokumen yang kamu miliki sudah terekam. Namun jika ada kesalahan data, kamu harus memperbaikinya langsung ke instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut. Proses untuk memperbaiki data ini pastinya akan membutuhkan cukup banyak waktu.

Jadi pastikan untuk melengkapi data dan dokumen kamu selengkap-lengkapnya. Apakah melengkapi dokumen saja sudah cukup? Tentu tidak! Pada tahap awal pendafataran CPNS, kamu harus bisa lolos kelengkapan administrasi. Kemudian kamu akan mengikuti ujian kemampuan.

Karena itu, berlatihlah sesering mungkin dengan mengerjakan soal-soal tes CPNS yang banyak tersedia secara online. Semakin sering kamu berlatih, semakin besar juga kesempatan kamu untuk meraih skor tinggi yang menjadi salah satu tolak ukur dalam recruitment CPNS onle saat ini.

Ikuti terus info terbaru mengenai CPNS tahun ini melalui situs resmi BKN. Setiap informasi yang tidak berasal dari pihak BKN, bukanlah informasi resmi dan cenderung berpotensi menjadi berita hoax.

Comment

News Feed