by

Luis Milla Dan Shin Taeyong Dua Calon Pengganti Pelatih Timnas Indonesia

Luis Milla Dan Shin Taeyong Dua Calon Pengganti Pelatih Timnas IndonesiaRentetan – Rapor Buruk timnas Indonesia cabang sepakbola membuat Simon McMenemy akhirnya resmi didepak dari jabatan pelatih timnas senior sepakbola Indonesia pada hari Rabu (6/11/2019) ini. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyampaikan kabar ini setelah melakukan rapat perdana komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Simon atas kerja kerasnya menukangi timnas Indonesia selama ini. Walaupun begitu Simon dikabarkan masih aktif di kursi kepelatihan karena Indonesia yang masih harus menghadapi pertandingan melawan Malaysia di Stadion Abdul Jalil pada 19 November 2019 mendatang.

Memang Simon akan hengkang setelah Indonesia selesai melakukan rangkaian pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2020. Rumor nama pengganti pelatih timnas pun mulai merebak ke beberapa media mulai dari Luis Milla yang merupakan mantan pelatih U-23 timnas Indonesia dan Shin Taeyong yang juga mantan pelatih timnas Korea Selatan.

Ketua PSSI Iwan Bule mengatakan bahwa masih akan mendiskusikan siapa yang akan menjadi pengganti pelatih timnas Indonesia selanjutnya. Tapi siapakah kedua calon pelatih ini? Dan seperti apa sepak terjang mereka?

Profil Luis Milla dan Shin Taeyong

Kita akan membahas profil dua calon pelatih ini dan juga mempersembahkan khusus untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh sosok tokoh caln pelatih pengganti.

Lus Milla

Bagi penggemar sepakbola nama Luis Milla sudah tidak asing lagi, dia merupakan salah satu pelatih yang dulunya juga merupakan salah satu pemain populer di benua Eropa bahkan di seluruh dunia. Memulai karir dengan menjadi pemain sepakbola profesional, dia memiliki posisi bek tengah dan sudah mengisi tim – tim besar liga spanyol.

Memulai karir di Barcelona, pemain ini melanglang buana di liga spanyol dimana menutup karir sepakbola professionalnya bersama dengan Valencia. Milla juga dikenal sebagai pengganti pelatih Alfred Riedl yang melatih Indonesia pada tahun 2017 silam.

Sebagai pelatih Luis Milla juga memiliki pengalaman yang cukup dengan melatih timnas U-21 Spanyol yang di tahun 2011 lalu mendapatkan juara dalam kompetisi UEFA European U 21. Statistik kepelatihan Milla di Indonesia juga cukup baik dengan 3 kali kemenangan, 2 kali hasil seri, dan 2 kali kekalahan.

Bakat kepelatihannya membuat Luis Milla disebut – sebut menjadi kandidat kuat untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Selama sejarah kepelatihannya, Luis Milla sudah 5 kali melatih tim yang berbeda termasuk Indonesia. Rekam jejak kepelatihan dimulai di tahun 2010 dengan mulai melatih timnas U-21 spanyol.

Shin Taeyong

Shin Tae Yong adalah seorang pesepakbola professional yang juga melanjutkan karir menjadi pelatih. Selain itu Shin Tae Yong merupakan pelatih Korea Selatan yang membawa masuk timnas Korea ke Ajang Piala Dunia 2018 yang lalu.

Memulai karirnya sebagai pesepakbola, tampaknya pria kelahiran Korea Selatan 11 Oktober 1970 ini harus gantung sepatu karena cidera yang dialaminya. Kemudian club yang dibelanya saat ini Queensland Roar menunjuknya sebagai assiten pelatih dimana cukup sukses membawa tim ini ke papan atas.

Masa kepelatihan professionalnya dimulai di tahun 2008 dimana dia mulai melatih sebuah tim di Korea Selatan bernama Seongnam IIhwa Chunma sampai tahun 2012. Disini dia memenangkan trofi AFC Cup di tahun 2010.

Kemudian pada tahun 2015 dia mulai melatih timnas nasional U-23 Korea Selatan yang melanjutkan jalannya menjadi pelatih di timnas senior Korea Selatan di tahun 2017. Pada masa kepelatihannya Korea Selatan berhasil masuk melalui kualifikasi piala Dunia di tahun 2018 yang lalu yang diadakan di Russia.

Dari masa kepelatihannya di Korea Selatan statistik yang dia miliki adalah winrate sebesar 30.43 %. Dengan total 23 Pertandingan, 7 kemenangan, 7 seri, dan 9 kali kekalahan.

Keputusan PSSI “Luis Milla atau Shin Tae Yong?”

Selama ini kita ketahui bahwa Luiz Milla memang pernah menjadi salah satu pelatih yang cukup berprestasi di Indonesia. Namun seperti dilansir Bola Sports, Luiz Milla tidak diperpanjang karena menurut PSSI, gaji yang diminta terlalu besar. Sedangkan untuk Shin Taeyong tidak mematok harga yang tidak terlalu tinggi sehingga menjadi pertimbangan yang lebih besar. Selain itu Shin Tae Yong juga berpengalaman di kancah Piala Dunia dimana mampu membawa Korea Selatan lolos di Piala Dunia 2018, Rusia yang lalu. Jika dilihat dari pengalaman kepelatihan Shin Tae Yong lebih mengenal dunia sepakbola di Asia sehingga menjadi pertimbangan juga oleh PSSI.

Comment

News Feed