by

Trending Topik Di Twitter, Ini Manfaat #GerakanBelanjaWarungTetangga

Setelah sebelumnya sempat ramai diperbincangkan dan menjadi trending topik mengenai anggaran pembelian lem aibon yang tidak masuk akal. Kini warganet heboh dengan harga aibon di Transmart yang dianggap terlalu mahal, kini banyak yang mengajak untuk menggalakkan #GerakanBelanjaWarungTetangga di warung terdekat.

Setelah memberikan komentar pada masalah aibon yang sedang ramai diperbincangkan, tweet yang diposting @Transmart_IND tidak dapat ditemukan lagi. Bahkan akun resmi Bank Mega @BankMegaID ikut-ikutan kena getahnya. Banyak yang mengungkapkan kekesalannya karena tweet dan retweet dari kedua akun tersebut.

Dalam cuitannya, Transmart terkesan ingin ikut membahas mengenai masalah anggaran gaib yang diajukan Anies Baswedan. Namun sepertinya cuitan tersebut malah berbalik. Banyak warganet yang justru langsung mengajak untuk memboikotnya.

Bank Mega yang membalas cuitan Transmart dengan tagar #Aibon Memanggil juga dianggap ikut memperkeruh suasana. Alhasil bank tersebut juga masuk kedalam nama brand yang diinisiasi untuk diboikot.

Artikel selanjutnya:

Terlepas dari masalah yang terjadi mengenai aibon, gerakan yang dimaksudkan memang memiliki segudang manfaat, baik untuk kamu maupun lingkungan sekitar kamu. Kenapa kamu harus belanja di warung terdekat? Ini alasannya!

Menunjukkan kepedulian kamu pada masyarakat sekitar

ALasan pertama yang membuat belanja di warung tetangga atau warung terdekat di wilayah kamu menunjukkan bahwa kamu peduli dengan lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu. Kamu bisa membantu mengembangkan ekonomi lokal.

Menunjukkan rasa hormat kepada pemilik bisnis lokal

Pemilik warung terdekat mungkin tidak memiliki dana lebih untuk mengembangkan usahanya. Jadi ketika kamu berbelanja di warung terdekat, pemilik usaha akan merasa dihargai karena usaha mereka untuk mencari nafkah dengan cara yang jujur walau persaingannya sangat ketat.

Membantu memberikan produk berbeda pada dunia

Dalam dunia komersial, banyak usaha yang menawarkan produk serupa. Jadi sangat sulit untuk menemukan produk yang unik. Tapi jika kamu mencarinya di produsen lokal, kamu mungkin bisa menemukan produk yang berbeda. Bisa saja kamu menemukan sebuah produk yang dijual di warung terdekat, tapi tidak dijual di tempat lain.

Kamu bisa mendapatkan produk yang unik

Tidak seperti berbelanja di toko-toko waralaba besar, berbelanja di warung terdekat bisa menawarkan kamu produk-produk yang berbeda. Tidak jarng kamu bisa menemukan makanan yang sulit untuk ditemukan lagi.

Banyak produsen yang hanya menjualnya ke warung-warung kecil saja. Jika kamu bisa menemukan produk seperti ini, kamu bisa menikmatinya sambil bernostalgia pada saat-saat kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

Warung dan usaha kecil biasanya mencoba memberikan produk terbaik

Toko kelontong besar biasanya akan berusaha menjual produknya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Kadang produk yang berkualitas rendah pun dijual. Jika kamu berbelanja di tempat usaha kecil seperti warung terdekat di wilayah kamu, mereka justru bisa menawarkan produk yang berkualitas.

Mereka juga cenderung untuk menjalankan usaha mereka dengan jujur agar para pelanggannya puas dan kembali berbelanja lagi di tempat mereka. Kelebihan lain dari menggalakkan #GerakanBelanjaWarungTetangga adalah harga yang ditawarkan biasanya sebanding dengan kualitas produknya. Kamu bisa memberi orang lain menjaga agar usahanya tetap berjalan.

Kamu bisa mendapatkan pelayanan khusus

Berbelanja di warung terdekat di lingkungan kamu berarti kamu bisa berinteraksi dengan tetangga kamu. Bayangkan pelayanan seperti apa yang bisa kamu dapat sebagai tetangga. Kamu bisa minta agar warung tersebut menyediakan produk tertentu.

Kamu juga bisa saja mencoba produknya lebih dulu sebelum membayarnya. Biasanya sistem ini dikenal dengan sebutan “ngutang dulu”. Fitur layanan ini pastinya tidak akan bisa kamu dapat jika berbelanja di toko besar bukan.

Ternyata menggalakkan trending topik #GerakanBelanjaWarungTetangga bukan hanya dapat memberikan manfaat untuk diri kamu saja, tapi juga untuk lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu. Dukung terus usaha lokal di sekitar kamu agar mereka dapat berkembang dan lebih dikenal dalam skala yang lebih besar.

Untuk memperkuat basis usaha lokal, tidak ada salahnya untuk ikut serta menjalankan tagar #GerakanBelanjaWarungTetangga yang menjadi trending topik ini di lingkungan kamu. Tapi ingat, jangan hanya dukung tagarnya saja, tapi lakukan langkah aktif agar semua orang bisa merasakan manfaatnya.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukan gerakan ini?

Comment

News Feed