by

Calon Sarjana Curi Video Youtuber Lain, Gimana Ceritanya?

Sebuah akun Youtube yang berisi kontekonten menarik, Calon Sarjana, menjadi trending topik di Twitter hari ini. Penyebabnya adalah konten yang dimiliki Youtuber Indonesia ini ternyata mencatut video dari kanal Youtube yang lain.

Pihak yang merasa konten videonya dicuri oleh Calon Sarjana adalah JT. Ia mengungkapkan bahwa kanal Youtube yang telah memiliki lebih dari 12 juta subscriber ini telah menggunakan thumbnail yang sama dengannya. Parahnya lagi, bukannya memberikan kredit padanya, Calon Sarjana justru memasang logonya sendiri.

Dalam akun Twitternya JT (@JTonYouTube) mengungkapkan beberapa contoh kontennya yang telah diambil Calon Sarjana tanpa sepengetahuannya. Kabar ini sendiri mulai ramai dibicarakan warganet pada 6 November lalu.

JT mengungkapkan bahwa ada ratusan video yang telah dicuri Calon Sarjana dan diklaim menjadi miliknya sendiri. Sangat disayangkan karena Calon Sarjana sendiri telah menjadi nominasi sebagai kanal Youtube terbaik di Indonesia dalam ajang Panasonic Gobel Awards 2019.

Pada awalnya JT menganggap bahwa informasi yang dia terima mengenai plagiat tersebut hanyalah sebuah lelucon saja. Karena dia menganggap bahwa sebuah kanal Youtube yang sudah memiliki jutaan subscriber tidak akan melakukan hal yang memalukan seperti itu.

Namun setelah ia memeriksanya langsung, JT menemukan banyak sekali video Calon Sarjana yang dicatut dari kanal Youtube lain. JT pun mengunggah temuannya di Twitter dan meminta pihak Calon Sarjana untuk menyatakan permintaan maaf secara resmi padanya.

Dalam pesannya, Calon Sarjana mengungkapkan bahwa pihaknya meminta maaf karena telah mencuri ide dari kanal JT dan menggunakan thumbnail serta videonya tanpa memberikan kredit sedikitpun.

Pihak Calon Sarjana juga mengakui kesalahannyua. Karena itu mereka telah menghilangkan video-video yang dianggap plagiat. Namun JT sendiri merasa bahwa Calon Sarjana hanya tidak mempublikasikan video-video tersebut. Jadi video yang menjadi masalah tersebut masih ada di kanal Youtube CS, namun dibuat private saja.

Banyak warganet yang mengomentari kejadian ini. Salah satunya adalah seorang komika, Ernest Prakasa. Dalam cuitannya, pemeran dan sutradara Cek Toko Sebelah ini juga merasa kesal dengan orang-orang yang tidak bisa menghargai hasil karya orang lain.

Bahkan Ernest mengungkapkan bahwa, Infia, yang menjadi perusahaan yang menaungi Calon Sarjana, pernah menghadapi kasus yang sama dengan akun lainnya, Dagelan. Ia merasa hal tersebut tidak pantas dilakukan, apalagi oleh sebuah korporasi yang berniat untuk mengeruk rupiah sebesar-besarnya.

Calon Sarjana sendiri hingga saat ini telah mengunggah 1,197 video sejak 2016. Akun ini juga telah meraup keuntungan antara $28.7 ribu hingga $459.2 ribu setiap bulannya. Diperkirakan, kanal ini akan terus berkembang hingga meraih 46 juta subscriber dalam lima tahun kedepan. Namun dengan munculnya kasus ini, sepertinya banyak orang yang tidak akan mengikuti akun Youtubenya.

Baca juga:

Bahkan ada beberapa cuitan di Twitter yang menggagas gerakan untuk meninggalkan kanal Youtube ini. Bukan tidak mungkin, Calon Sarjana akan mengalami nasib yang sama seperti pendahulunya, Dagelan.

Calon Sarjana dijalankan oleh tim yang dipimpin Richo Pramono. Ia dikenal sebagai CEO dari PT Infia Media Pratama. Banyak yang mempertanyakan kenapa seorang CEO tidak dapat memilah video yang diunggahnya.

Banyak sekali kanal Youtube yang dibuat Infia selain  Calon Sarjana. Dengan nama kumpulan kanal Sarjana Ghoib, termasuk didalamnya adalah Calon Sutradara yang sudah mendapatkan 320 ribu subscriber, Calon Ilmuwan dengan 2.43 juta subscriber, Calon Atlet 1.49 juta subscriber, dan Calon Professor dengan 662 ribu subscriber.

Calon Sarjana baru saja mengunggah dua video terbarunya 2 hari yang lalu. Keduanya telah ditonton lebih dari 100 ribu kali. Namun uniknya, di video terbaru mereka yang membahas mengenai seorang gadis dengan kaki terpanjang di dunia ternyata mendapatkan 3 ribu like dan 14 ribu dislike.

Video ini juga dipenuhi dengan 5.819 komentar hingga saat ini (8/11). Hampir semua komentar yang ditulis oleh warganet membahas mengenai masalah plagiat yang menjerat kanal tersebut. Ada yang mengungkapkan bahwa ia mengunjungi laman video tersebut hanya untuk memberika dislike. Ada pula yang berkomentar agar semua orang mulai berhenti mengikuti kanal Calon Sarjana.

Menjadi brand yangd dikenal secara publik memang tidak mudah. Banyak orang yang akan mengawasi setiap hal yang kita lakukan. Jika kita salah melangkah, bukan tidak mungkin kesalahan tersebut akan menjadi trending topik di berbagai media sosial. Jadi mulailah hargai hasil karya orang lain dan jangan biarkan kejelekan kita menjadi trending topik. Caranya? Lakukan kesalahan seminimal mungkin.

Comment

News Feed