by

Ini Dia Aktifitas Yang Bagus Untuk #PasukanRebahan

Tidur atau rebahan adalah aktifitas yang paling mudah dilakukan, apalagi saat kamu sedang tidak memiliki aktifitas lainnya. Tapi ternyata tidur yang terlalu banyak, seperti yang biasanya dilakukan #PasukanRebahan ini punya efek buruk terhadap kesehatan.

Tidur adalah bidang penelitian yang berkembang pesat, dan kita bisa belajar tentang bagaimana istirahat memengaruhi tubuh dan pikiran. Diketahui bahwa tidur adalah waktu ketika tubuh memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri, dan terlalu sedikit istirahat dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Lebih banyak bukti menunjukkan bahwa menghabiskan waktu yang berlebihan sambil rebahan juga dikaitkan dengan bahaya kesehatan. Dalam beberapa hal, tidur berlebihan dapat mempengaruhi kondisi medis kamu.

Pertama, mari kita bahas apa artinya tidur berlebihan. Standar normal tidur yang baik adalah delapan jam. Ulasan terbaru dari para ahli di National Sleep Foundation mengatakan bahwa tidur yang baik berada di kisaran tujuh hingga sembilan jam untuk sebagian besar orang dewasa berusia antara 18 dan 64 tahun.

Jika kamu terus rebahan tanpa melakukan aktifitas apapun dalam waktu yang panjang, kemungkina besar kamu beresiko mendapatkan masalah kesehatan seperti:

  • Gangguan kognitif
  • Depresi
  • Peradangan meningkat
  • Rasa sakit yang meningkat
  • Kesuburan terganggu
  • Risiko obesitas lebih tinggi
  • Risiko diabetes lebih tinggi
  • Risiko penyakit jantung lebih tinggi
  • Risiko stroke lebih tinggi
  • Kematian semua penyebab yang lebih tinggi
  • Gangguan Fungsi Otak dan Kesehatan Mental

Dalam sebuah studi juga menunjukkan bahwa rebahan atau tidur terlalu lama biasanya mudah lelah, sulit menjaga amarah, dan tidak bersemangat. Bahkan mereka juga cenderung ingin tidur lebih lama. Hal ini tentunya bukan pola tidur yang baik bukan.

Artikel lainnya:

Agar kamu tidak mengalami masalah kesehatan karena terus rebahan, ada baiknya kamu melakukan aktifitas lain seperti beberapa latihan fisik berikut:

  1. Cobalah untuk melakukan aktifitas setidaknya 30 menit setiap hari dan hindari duduk atau rebahan untuk waktu yang lama. Dengan cara ini kamu bisa membangun ketahanan tubuh kamu.
  2. Tetap gunakan otot kamu. Latihan kekuatan membangun otot. Memiliki otot yang kuat dapat membantu menjaga keseimbangan dan mencegah cedera parah. kamu cenderung mudah jatuh ketika otot-otot kaki dan pinggul kamu tidak kuat.
  3. Lakukan hal-hal untuk membantu keseimbangan kamu. Cobalah berdiri dengan satu kaki, lalu ganti kaki yang lainnya. Jika pada awalnya kamu membutuhkan dukungan, berpeganganlah pada sesuatu yang kokoh. Cobalah sebaik mungkin untuk melakukan latihan ini tanpa bantuan. Bangkit dari kursi tanpa menggunakan tangan atau lengan kamu. Cobalah berjalan dengan seluruh telapak kaki menyentuh atau hampir menyentuh lantai.
  4.  Peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas kamu. Bergerak lebih bebas akan membuat kamu lebih mudah menjangkau ke bawah untuk mengikat sepatu kamu atau melihat ke belakang ketika kamu memundurkan kendaraan kamu. Regangkan saat otot kamu sudah mendapatkan pemanasan. Jangan melakukan peregangan terlalu ekstrim.

Melakukan aktivitas latihan fisik juga bisa berbahaya jika kamu tidak melakukannya dengan benar. Ini dia cara agar kamu tidak mengalami cedera:

  • Mulai dengan lambat, terutama jika Kamu sudah lama tidak aktif. Sedikit demi sedikit, bangun aktivitas Kamu hingga tubuh kamu terbiasa melakukannya.
  • Jangan menahan napas selama latihan kekuatan. Hal inibisa menyebabkan perubahan tekanan darah Kamu. Awalnya mungkin terasa aneh, tetapi Kamu  harus bernapas saat mengangkat sesuatu dan menarik napas saat bersantai.
  • Gunakan peralatan keamanan. Misalnya, kenakan helm untuk mengendarai sepeda dan sepatu yang tepat untuk berjalan atau jogging.
  • Minum yang banyak saat Kamu  melakukan kegiatan, bahkan jika Kamu  tidak merasa haus.
  • Selalu membungkuk ke depan dari pinggul, bukan pinggang. Jika Kamu  menjaga punggung tetap lurus, Kamu  menghindari sakit pinggang.
  • Lakukan pemanasan otot sebelum Kamu  melakukan peregangan. Cobalah berjalan dan melakukan gerakan ringan pada lengan kamu terlebih dahulu.

Olahraga seharusnya tidak menyakiti atau membuat Kamu  merasa sangat lelah. Kamu  mungkin merasakan sakit, sedikit tidak nyaman, atau sedikit lelah, tetapi Kamu  akan mulai merasakan manfaatnya daripada rebahan seharian. Apakah kamu siap untuk melakukan aktifitas atau latihan fisik kamu sekarang?

Comment

News Feed