by

Cara Menghapus Spyware, Malware, Virus Di Hp Android

Cara Menghapus Spyware, Malware, Virus Di Hp AndroidRentetan – Spyware, Malware dan berbagai software yang dianggap sebagai virus sangat rentan menyerang sistem operasi Open Source seperti Android. Android merupakan sebuah sistem operasi yang Open Source dimana semua orang bisa mengakses dengan terbuka sehingga sangat mudah untuk dimasuki berbagai software yang cukup berbahaya.

Bagi anda yang ingin tahu cara menghapus spayware, malware, dan berbagai virus yang kemungkinan menyerang smartphone android, mungkin di sini akan mendapatkan informasi yang sangat pas dan juga sangat lengkap.

Kita akan membahas berbagai informasi mengenai spyware, malware seperti adsware dan juga berbagai virus lainnya. Mungkin anda pernah mendengar beberapa tahun yang lalu ada sebuah virus ransomeware yang cukup populer menyerang berbagai instansi di Amerika bahkan Indonesia?

Walaupun ransonmware ini belum ada di hp android, tapi hendaknya kita waspada terhadap berbagai bentuk software yang bisa mengarah ke sana seperti spyware, dan malware yang cukup berbahaya.

Ciri Hp Android Terserang Spyware, Malware, dan Virus

Sebelum berlanjut ke dalam pembahasan cara menghapus spyware, malware, virus di hp android. Kita tentunya akan membahas mengenai seperti apa ciri – ciri smartphone kita jika terserang. Dan kemudian bentuk dari Spyware, malware, dan virus ini biasanya berbentuk seperti apa?

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri hp android terserang sebuah spyware dan virus:

  • Pop – up Iklan tidak wajar dan sangat mengganggu. Di UI (User Interface) smartphone tertentu memang dipasang pop up iklan, namun jika pop up iklan terlalu menganggu sudah pasti hp android anda terserang malware yang sering disebut dengan adsware.
  • Lemot tidak berkesudahan. Biasanya malware, spyware, dan virus ini memakan storage yang cukup besar sehingga membuat smartphone android anda menjadi sangat lemot, perhatikan jika lemot ini berlangsung sangat lama bisa jadi hp android anda terserang sebuah spyware, malware dan juga virus.
  • Kuota yang tiba – tiba terkuras.
  • Mengirim SMS sendiri dan terkadang menerima sms yang cukup aneh.
  • Terdapat aplikasi icon mencurigakan yang tiba – tiba muncul.
  • Baterai HP dan Smartphone Android yang menjadi boros.
  • Booting memakan waktu yang sangat lama berbeda dari biasanya.
  • Redirect ke Situs tertentu.

Jika smartphone memunculkan tanda – tanda yang ada di atas kemungkinan hp android anda terserang malware, spyware, dan juga virus. Perlu diingat bahwa software seperti ini sangat merugikan bagi anda. Beberapa kerugiannya adalah sebagai berikut:

  • Privasi. Tentunya orang yang menginstall spyware, malware, dan juga virus bisa mengancam privasi anda sebagai pengguna android.
  • Penyalahgunaan akun dan juga data pribadi. Dengan adanya spyware, malware, dan virus maka aka nada kemungkinan besar data anda akan disalahgunakan.
  • Penggunaan hp dan smartphohe menjadi tidak nyaman. Salah satu hal yang paling terlihat adalah tidak nyaman dengan berbagai pop up iklan yang sangat mengganggu.

Untuk mengatasi malware, spyware dan juga virus ini terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan. Cara – cara ini terkenal cukup efektif untuk menghapus dan juga menghilangkan spyware dan juga malware.

Cara Menghapus Spyware, Malware, Dan Juga Virus Di Hp Android

Setelah mengetahui ciri – cirinya dan juga kerugian yang ditimbulkan oleh spyware tentunya kita akan lanjut ke pembahasan bagaimana cara menghapus spyware, malware dan juga virus yang ada di smartphone dan hp android miliki kita.

Cara menghapus spyware di hp android ini cukup efektif kok untuk dilakukan oleh anda. Oke langsung saja kita coba beberapa cara yang bisa kita lakukan:

Hard Reset

Cara yang paling ekstrem pertama adalah dengan cara reset ulang ke setelan pabrik. Pertama, anda bisa menggunakan cara ini jika anda merasa malware dan juga spyware sudah sangat menganggu dan juga tidak dapat diatasi dengan berabagai cara. Dengan mencoba menyetel ke settingan pabrik smartphone anda akan kembali ke pengaturan semula dengan menghapus semua aplikasi yang ada di Android.

Termasuk juga malware dan spyware juga akan ikut terhapus jika anda melakukan hard reset ini. Jadi cara ini adalah cara yang paling ampuh sementara ini. Kekurangannya adalah data – data yang anda miliki juga akan ikut terhapus sehingga anda harus melakukan backup terlebih dahulu.

Antivirus

antivirus
Antivirus

Disarankan jika anda ingin menggunakan antivirus adalah antivirus yang berbayar, kenapa? Beberapa antivirus yang ada di smartphone android dipasang sebagai malware. Nah, antivirus yang sudah cukup terkenal adalah antivirus yang berbayar. Misal kita sebut AVG, dan lain – lain walaupun terdapat free version, namun fitur yang ditawarkan sangatlah kurang dibandingkan dengan antivitus yang berbayar.

Tapi jika anda merasa aman dengan menggunakan antivirus yang free, tidak masalah juga untuk menggunakannya. Pastikan untuk melihat rating dan juga ulasan sebelum menginstallnya karena anda bisa melihat bagaimana pengalaman user atau pengguna lainnya.

Safe Mode Untuk Pengecekan

safe mode cara menghapus spyware
safe mode

Cara yang efektif dan cocok untuk anda yang gemar “mengoprek” smartphone android yaitu Safe Mode. Selain gratis cara ini sangat efisien untuk mengecek dan menghilangkan spyware, malware dan virus yang ada di smartphone android.

Tapi sayangnya cara untuk masuk ke safemode sangatlah banyak, dan setiap merk dan produsen smartphone berbeda – beda sehingga anda perlu mencari tahu bagaimana caranya. Dengan melakukan pencarian di Google kamu bisa menemukannya dengan mudah. Setelah masuk ke Safe Mode, tentunya masuk ke setting > aplikasi dan hapus berbagai aplikasi yang sangat mencurigakan atau dicurigai sebagai spyware, malware, dan juga virus yang ada di smartphone android kamu.

Comment

News Feed