by

CPNS Kemenkumham 2019, Ini Dia syarat Dan Formasi Yang Dibuka

Pengumuman CPNS Kemenkumham 2019 telah diumumkan sejak 1 November lalu. Formasi yang dibuka untuk pendaftaran CPNS online hari adalah sebanyak 4,598 formasi CPNS Kemenhumkam. Formasi CPNS tersebut akan disebarkan ke 14 unit kerja yang bernaung dibawah kementerian tersebut.

Untuk jabatan CPNS Kemenkumham 2019 yang dibuka ada 23 jabatan dengan alokasi formasi umum sebanyak 4,316 untuk formasi umum, dan seisanya ditujukan untuk formasi khusus seperti pelamar dengan predikat Cumlaude, disabilitas, dan putra/putri Papua dan Papua Barat.

Para pelamar CPNS Kemenkumham 2019 diharuskan berusia antara 18 tahun hingga 33 tahun per 1 November 2019. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Untuk Dokter, perawat, dan lulusan S1 berusia 18-33 tahun
  • Untuk D3 usia minimal adalah 18 tahun dan paling tua 30 tahun
  • Untuk SLTA, pelamar harus berusia antara 18 hingga 28 tahun

Para pelamar dapat bersiap-siap untuk melakukan pendaftaran secara online melalui portal SSCASN di https://sscn.bkn.go.id/. Sebelum memulai pendaftaran, pastikan ukuran file dokumen kamu tidak terlalu besar.

Pada pendaftaran CPNS online yang akan dibuka pada pukul 23:11 WIB malam ini, sebagian besar file harus memiliki ukuran tidak lebih dari 200kb. Untuk file ijazah+Serdik/STR, dan dokumen pendukung maksimal berukuran 800kb. Sedangkan transkrip nilai maksimal 500kb.

Untuk pengumuman formasi CPNS Kemenkumham 2019 bisa diakses melalui tautan berikut:

Pengumuman formasi CPNS Kemenkumham

Baca juga artikel ini:

Selain Kemenkumham, ada beberapa kementerian yang telah mengumumkan formasi untuk pendaftaran CPNS hari ini. Kamu bisa mengakses pengumumannya melalui tautan dibawah ini:

Pelamar boleh menggunakan hasil SKD sebelumnya

Untuk para pelamar yang masuk kedalam kategori P1/TL diperbolehkan untuk memilih nilai terbaik antara hasil SKD 2018 atau SKD 2019. Hal ini berguna untuk melanjutkan ke tes selanjutnya. Keputusan ini didasarkan pada PermenPANRB Nomor 23 tahun 2019 tentang kriteria penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil dan pelaksanaan. Hal tersebut diungkapkan Suherman, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, dalam pembukaan Rapat Persiapan SSCASN pada 4 November lalu.

Untuk bisa mendapatkan kesempatan ini, peserta seleksi harus memnuhi kriteria sebagai berikut:

  • Memenuhi nilai ambang batas sesuai seperti yang diatur dalam PG Permen PANRB 37/2018
  • Masuk tiga kali formasi jabatan dan mengikuti SKB tahun 2018, namun dinyatakan tidak lulus sampai tahap akhir

Jika kamu tidak yakin apakah kamu masuk kedalam kategori pelamar P1/TL, coba akses laman helpdesk di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn . Pilih menu “Cek Status P1/TL, dan masukkan NIK dan nomor pelamar seleksi CPNS 2018. Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui tautan BKN.

Masalah dalam pendaftaran CPNS

Untuk melakukan pendaftaran CPNS online 2019, kamu bisa mengakses portal SSCASN langsung dan mengikuti tahapannya. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Saat melakukan pendaftaran CPNS online, ada beberapa masalah yang biasa dihadapi para pelamar, antara lain:

  • Sulit mengakses portal SSCASN. Gunakan PC atau laptop untuk mengakses situs tersebut. Pastikan juga koneksi internet kamu stabil.
  • Tidak bisa mengunggah dokumen. Coba bersihkan riwayat pencarian, cache, dan cokies pada PC atau laptop kamu. Jika kamu masih mengalami masalah yang sama, hal ini mungkin dikarenakan lalu lintas padat yang masuk ke situs tersebut. Coba refresh laman tersebut dan lakukan proses pengunggahan dari awal. Cara ini juga bisa digunakan saat kamu mengisi formulir pendaftaran CPNS online dan tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Informasi yang dimasukkan salah. Sebelum kamu menekan tombol “Akhiri Pendaftara”, pastikan semua informasi yang kamu masukkan dan dokumen yang kamu unggah sudah tepat. Informasi dan dokumen yang dimasukkan tidak akan bisa diedit kembali jika kamu menekan tombol “Akhiri Pendaftaran”.

Untuk masalah lain yang kamu hadapi nanti saat mendaftar, kunjungi saja laman Helpdesk online. Jika kamu berdomisili di Jakarta, BKN juga menyediakan layanan Helpdesk offline di Kantor pusatnya.

Banyaknya peminat yang ingin melamar menjadi CPNS pasti akan membuat situs portal SSCASN melambat. Jangan menyerah! Terus refresh dan lanjutkan pendaftaran kamu. Semoga berhasil.

Comment

News Feed