by

10 Fakta Tentang La Liga Soccer Yang Belum Kamu Ketahui

Untuk kamu penggemar sepakbola, jangan Cuma cari tentang jadwal La Liga Soccer saja. Kamu juga harus tahu 10 fakta tentang liga sepakbola yang satu ini:

1. Pemain tertua

Pemain sepak bola tertua yang debut di La Liga Spanyol sebenarnya adalah orang Inggris. Harry Lowe (lahir tahun 1886) berusia 48 tahun ketika dia memainkan pertandingan pertamanya dan terakhir untuk tim Basque, Real Sociedad.

Lowe adalah mantan pemain tengah Spurs dan Fulham di usia 20-an. Ia telah melatih ‘La Real’ selama 5 tahun ketika salah satu pemainnya jatuh sakit sebelum pertandingan melawan Valencia. Saat itu tim tidak bisa melakukan perubahan strategi sehingga Lowe memutuskan untuk bermain dan mengatasi kekalahan timnya yang meraih kekalahan dengan skor 7-1.

2. Liga terbaik

Satu-satunya Liga yang menjadi pesaing La Liga Soccer adalahLiga Premier Inggris. Tetapi dalam hal statistik dari liga UEFA, ‘Primera División’ Spanyol masih merupakan liga terbaik di dunia dan telah selama 5 tahun terakhir.

3. La Liga menjadi asal mula tim Inggris

 Klub tertua di Spanyol adalah Recreativo de Huelva. Tim ini didirikan pada tahun 1889 oleh dokter Inggris William Alexander Mackay dan para pekerja serta insinyur berkebangsaan Inggris di perusahaan pertambangan Rio Tinto di Andalusia. Permainan resmi pertama dimainkan di Sevilla pada tahun 1890, dengan hampir semua pemainnya adalah orang Inggris.

4. Keajaiban Messi

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di liga papan atas Spanyol adalah Telmo Zarra yang mencetak 251 gol dalam 277 pertandingan untuk Athletic Bilbao dari tahun 1940 hingga 1955. Namun pesulap Argentina Barcelona, ​​Leo Messi, hanya berjarak enam gol dari tahta tersebutdengan mencetak gol 245 kali dalam 278 penampilan untuk ‘azulgranas’.

Artikel lainnya:

5. Julukan unik

Tim Spanyol memiliki beberapa nama panggilan yang cukup aneh. Atlético dikenal sebagai ‘colchoneros, atau’ pria kasur ‘, konon karena seragam bergaris mereka menyerupai kasur Spanyol pada awal abad ke-20.

Espanyol disebut perriquitos (budgies), mungkin karena mereka pernah bermain di daerah dengan banyak pohon-pohon palem yang dipenuhi burung-burung imut, dan Villareal disebut el ‘submarino amarillo’ (Kapal Selam Kuning). Siapa pun yang melihat seragam mereka akan tahu sebabnya.

6. Pichichi

Anda yang telah mendengarkan komentar di pertandingan La Liga Soccer mungkin telah mendengar kata yang terdengar aneh ini ketika menyebut orang-orang seperti Messi atau Ronaldo. Pichichi adalah kata untuk pencetak gol terbanyak di Spanyol.

Tetapi pada kata ini awalnya adalah julukan pemain Athletic Bilbao Rafael Moreno Aranzadi. Aranzadi merupakan striker yang produktif di usia 20-an. Ia meninggal pada usia 29 tahun akibat tipus, mungkin karena makan tiram yang sudah mati. Akibatnya, surat kabar olahraga Marca memutuskan untuk menamai piala mereka dengan julukan  Aranzadi.

7. David versus Goliath

Nou Camp Barcelona mampu menampung 99.000 orang, menjadikannya stadion terbesar kelima di dunia. Sedangkan Eibar hanya mampu menampung kurang dari 6.000 orang.

8. Kejadian aneh

Salah satu episode teraneh dalam sejarah La Liga Soccer melibatkan penandatanganan legenda Real Madrid Alfredo Di Stéfano. Barcelona siap untuk membeli pemain Argentina ini ketika federasi sepakbola Spanyol memveto langkah tersebut agar Di Stefano dapat bermain di kedua klub.

Namun dewan Barca menolak langkah itu dan kehilangan Di Stefano. Banyak yang mengatakan diktator Franco menekan otoritas sepakbola untuk membawa pemain itu ke Madrid.

9. Klub kaya raya

Banyak orang berpendapat bahwa sebenarnya ada dua liga di papan atas Spanyol: Real Madrid dan Barca. Dalam hal uang, tidak ada yang membedakan keduanya. Real Madrid adalah klub terkaya di dunia dengan pendapatan € 519 juta ($ 680) juta di Liga Sepak Bola Uang Deloitte 2014, sementara Barçona berada di posisi kedua dengan € 483 juta. Klub Spanyol yang juga masuk kedalam daftar klub terkaya berada di nomor 20: Atlético Madrid dengan pendapatan € 120 juta.

10. The All-Whites

The ‘merengues’, julukan Real Madrid, adalah tim sepak bola paling terkenal di dunia yang bermain dengan seragam serba putih. Ada dua teori tentang bagaimana pendiri tim ini  memilih warna putih untuk seragam timnya: 1) Mereka dipengaruhi oleh klub London Corinthian FC, salah satu klub terbaik pada awal 1900-an. 2) Pemain akan melepas pakaian mereka dan bermain hanya dengan baju dalam mereka yang berwarna putih. Karena Real adalah tim tertua di negaranya, mereka adalah satu-satunya yang tidak harus memakai warna yang berbeda untuk membedakan mereka dari klub lainnya.

Comment

News Feed