by

10 Pola Hidup Sehat Yang Harus Kamu Mulai Sekarang Juga

Hari ini (12 November) adalah Hari Kesehatan Nasional. Sesuai dengan program yang disosialisasikan Kementerian Kesehatan, masyarakat diharapkan bisa menjalankan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam kesehariannya. Seperti apakah pola hidup sehat itu? Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut agar kesehatan kamu jadi lebih baik.

1. Jangan pilih pilih makanan

Pola hidup sehat yang pertama adalah makan berbagai jenis makanan. Kenapa? Karena tubuh membutuhkan 40 jenis nutrisi berbeda. Kamu tidak bisa mendapatkan seluruh nutrisi tersebut hanya dalam satu makanan saja.

Untungnya kamu tidak perlu mengkonsumsinya dalam waktu bersamaan. Kamu bisa mengkombinasikan menu harian kamu agar asupan nutrisinya seimbang. Misalnya jika kamu makan siang dengan menu tinggi lemak, cobalah untuk memilih makanan yang rendah lemak untuk makan malam.

2. Banyak makanan yang kaya karbohidrat untuk menu diet kamu

Sekitar setengah dari kandungan kalori dalam makanan kita harus berasal dari makanan yang kaya karbohidrat, seperti sereal, nasi, pasta, kentang, dan roti. Alangkah baiknya jika kamu memasukkan karbohidrat dalam menu diet kamu. Pilihan karbohidrat seperti roti gandum, pasta, dan sereal juga akan meningkatkan asupan serat kamu.

3. Ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh

  • Asupan lemak pentak dalam pola hidup sehat kamu. Tapi jika kamu terlalu banyak mengkonsumsinya, dampaknya akan buruk pada berat badan dan kondisi jantung kamu. Caranya cukup mudah.
  • Batasi asupan lemak jenuh (biasanya banyak terkandung dalam makanan hewani).
  • Makan ikan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan asupan lemak tak jenuh
  • Cobalah untuk merebus, mengukus atau memanggang makanan kamu untuik mengurangi lemak yang terkandung dalam makanan kamu.

4. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang paling penting untuk memberi kita cukup vitamin, mineral, dan serat. Karena itu kamu harus mencoba makan buah dan sayuran setidaknya 5 porsi sehari. Misalnya, kamu bisa minum segelas jus buah segar saat sarapan, mungkin makan sebuah apel dan sepotong semangka untuk cemilan, dan konsumsi sayuran yang berbeda setiap kali makan.

Baca juga artikel ini:

5. Kurangi asupan garam dan gula

Asupan garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Ada berbagai cara untuk mengurangi garam dalam makanan:

  • Saat berbelanja, pilihlah produk dengan kandungan natrium yang lebih rendah.
  • Saat memasak, garam bisa diganti dengan rempah-rempah yang bisa menambah variasi rasa.
  • Saat makan, ada baiknya tidak menambahkan garam, atau setidaknya tidak menambahkan garam sebelum mencicipi.

Gula memberikan rasa manis, tetapi makanan dan minuman manis kaya energi, dan paling baik dinikmati sesekali dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kamu bisa menggunakan buah-buahan sebagai gantinya, bahkan untuk mempermanis makanan dan minuman kamu.

6. Makan secara teratur, kendalikan porsinya

Makan berbagai jenis makanan secara teratur dan dalam jumlah yang tepat adalah formula terbaik untuk diet dan pola hidup sehat. Menghindari sarapan bisa menyebabkan rasa lapar yang tidak terkendali. Akibatnya kamu tidak bisa menahan diri untuk makan banyak.

Dengan mengontrol jumlah makanan yang kamu makan bukan hanya mencegah asupan kalori yang terlalu banyak. Tapi kamu juga bisa memakan beragam makanan tanpa khawatir menambah berat badan kamu.

7. Banyak minum

Orang dewasa perlu minum setidaknya 1,5 liter sehari atau lebih jika cuacanya sangat panas atau jika kamu aktif secara fisik. Walu air putih adalah pilihan terbaik untuk mengembalikan cairan dalam tubuh, tapi kamu bisa mengkombinasikannya dengan jus, the atau minuman lainnya.

8. Pertahankan berat badan yang sehat

Berat badan yang ideal berbeda-beda untuk setiap orang tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan gen kita. Terkena obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Jika kamu memiliki berat badan berlebih, trik untuk menurunkannya sangat sederhana. Lakukan lebih banyak aktifitas dan kurangi asupan makanan kamu.

9. Mulai bergerak

Aktivitas fisik adalah pola hidup sehat yang penting bagi semua orang dengan berat badan dan kondisi kesehatan berbeda. Dengan bergerak secara aktif, kamu bisa membantu tubuh membakar kalori berlebih. Kegiatan yang melibatkan fisik sangat baik untuk jantung dan sistem peredaran darah, menjaga atau meningkatkan massa otot, membantu fokus, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu. Kamu bisa melakukannya dengan cara menggunakan tangga daripada lift, berjalan-jalan saat istirahat makan siang (dan melakukan peregangan setelah beberawa waktu bekerja), atau meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan di akhir pekan bersama keluarga.

10. Rubah pola hidup sehat secara bertahap

Kamu tidak perlu merubah kegiatan kamu sekaligus. Jika kamu melakukannya sekaligus, kemungkinan besar kamu akan merasa terbebani dan menyerah di tengah jalan. Cobalah untuk merubah pola hidup sehat kamu perlahan dan sedikit demi sedikit.

Marik kita jadikan momen di hari Kesehatan Nasional hari ini untuk menciptakan pola hidup sehat. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman kamu untuk turut menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Comment

News Feed